Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 21, 2011

Belajar Menggunakan linux dan VirtualBox

Belajar menggunakan OS(operating system) linux, yang digunakan Ubuntu versi 9.10 terkadang masih bingung juga karena dari dulu terbiasa dengan OS yang familier dari awal belajar menggunakan komputer sampai sekarang kerja OS familier masih digunakan, tetapi OS Linux yang kurang familier bagi saya  menjadi menarik karena banyak menemukan hal yang baru.


Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. kutipan wikipedia.org


Sekilas sudah seperti windows, aplikasi seperti office, multimedia ataupun grafis sudah tersedia , tetapi aplikasi tambahan yang lainnya kita harus instal terlebih dahulu. masih banyak hal yang blom saya ketahui dan harus terus saya pelajari.
Klo mau coba- coba OS atau menguji aplikasi atau menjalankan software  bisa menggunakan Virtual Box , sebelum download kita harus pilih OS yang sedang kita gunakan misalnya windows, linux atau mac.

Apa itu VirtualBox ? VirtualBox adalah program virtualisasi open source gratis, kegunaannya  memiliki 2 Operating System yang bisa digunakan secara bersamaan. 
Apabila sudah bosan atau tidak dibutuhkan lagi anda tinggal menghapus Virtual Machine
tanpa perlu format ulang dan tanpa proses yang rumit.

VirtualBox yang saya gunakan Operating sytem ubuntu dari linux bersama windows, untuk penjelasan virtual box di tunggu aza dipostingan selanjutnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy