Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 14, 2011

Software Gratis Laptop/Notebook

Saya sendiri menggunakan laptop/Notebook saat ini lebih dominan dibandingkan dengan menggunakan desktop (PC) karena praktis bisa dibawa-bawa. tetapi terkadang kesel juga dengan touchpad yang terlalu sensitif ketika sedang mengetik, dengan tidak terasa tertekan kursor dapat berpindah kemana-mana jadinya huruf ketikan berpindah secara acak. Semua Laptop/Notebook sudah Tersedia informasi penggunaan battery, terkadang informasi yang diberikan tidak lengkap. Karena sering dibawa-bawa klo mau terkoneksi dengan Internet yang tidak ada wifi / wirelles nya kita harus setting manual kembali IP ( Internet Protocol), Subnet Mask, DNS, Gateway dan lainnya sanagt merepotkan. oleh karena itu banyak software-software gratis (freeware) yang dapat membantu penggunaan laptop/notebook kita merasa nyawan apabila sedang digunakan diantaranya ada beberapa software gratis  Laptop/Notebook khusus untuk system operasi windows:


1. TouchFreeze atau TouchpadPal


Software ini sebagai alternatif apabila laptop/notebook tidak tersedia aplikasi menonaktifkan touchpad maka gunakan TouchFreeze.

Download: TouchFreeze (251 KB) atau TouchpadPal (443 KB)


 2. AutoSensitivity


Masalah lain yang berhubungan dengan Touchpad adalah sensitivitas. Kadang respon tekanan untuk klik maupun double klik terlalu cepat atau terlalu lambat, termasuk gerakan mouse. Jika mengalami masalah ini, coba gunakan saja software gratis ini. Aplikasi sederhana ini berfungsi untuk mengatur sensitivitas Touchpad dan Mouse. Klik tombol Get Current untuk mendapatkan setting yang digunakan saat ini.

Software ini memerlukan .NET Framework 3.5 atau 4.0. Ada satu catatan lagi bahwa download link yang disediakan dalam bentuk application ( 2 KB), setelah download file “.application” ini, klik dua kali untuk download aplikasi sebenarnya secara online (ukuran sekitar 50 KB saja)

Download AutoSensitivity

3. Battery Care


Software Info Battery,  memberikan informasi berapa persen battery yang terisi, perkiraan waktu penggunaan, Bettery Care juga memberikan informasi detail seperti kapasitas, konsumsi daya, manufaktur dan lainnya. Selain itu ditambahkan informasi suhu processor dan hardisk. Beberapa fitur lainnya seperti otomatis berpindah ke power plan yang diinginkan, mengontrol windows aero dan service yang memakan daya baterai dan lainnya.

Download: BatteryCare Installer atau versi portable BatteryCarePortable.zip ( 729 KB).

4. NetSetMan


Software IP /Jaringan, Jika kita sering koneksi internet di berbagai tempat yang berbeda dan dengan konfigurasi yang  berbeda pula, mungkin kita sering direpotkan ketika harus mengganti-ganti alamat IP (Internet Protocol), Subnet Mask, DNS, Gateway dan lainnya. Untuk mempermudah hal ini, kita bisa menggunakan NetSetMan. Untuk bisa terkoneksi internet di rumah, di sekolah, di kantor atau di tempat lain kadang setting jaringan (network) tidak sama, dan tidak jarang kita harus mengubah secara manual alamat IP. Dengan sofware gratis NetSetMan, kita bisa mempercepat semua proses tersebut dan tinggal sekali klik saja untuk menyesuaikan konfigurasi Jaringan di tempat yang dipilih.

Software ini menyediakan 6 setting (profil) yang bisa kita atur, misalnya setting pertama untuk koneksi di rumah, setting 2 untuk kantor, setting 3 untuk kampus dan sebagainya. Ketika kita ingin terkoneksi internet kita tinggal memilih profil yang sudah kita atur dan klik Activate. Setelah setting aktif, aplikasi ini bisa kita tutup. Dengan cara ini kita tidak perlu mengubah secara manual konfigurasi alamat IP.

Download:NetSetMan (2.8 MB)

5. XirrusWifiInspector


Software pencari atau radar Wireless (Wifi) , Jika kita sering menggunakan internet di tempat umum atau di tempat-tempat yang menyediakan hotspot (Wifi) software ini sangat cocok .

Software ini menyediakan tambahan aplikasi Speedtest, Quality Test dan Connector Test.

Download:XirrusWifiInspector (2.7 MB)


Software - software di atas hanya sebagai alternatif bawaan dari laptop/notebook karena fungsinya hampir sama dan kegunaannya disesuaikan dengan kebutuhan, Semoga bermanfaat . ***

NB: Info Kutip: ebsoft.web.id


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus