Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 30, 2012

Mudah Digunakan Sistem Operasi BlankOn 7.0 Pattimura

Perjuangan kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan sejarah untuk rakyat Indonesia, bertepatan dengan memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 2011 lalu, semangat perjuangan kemerdekaan tumbuh pada sistem operasi yang dibuat oleh anak bangsa  para aktivis yang tergabung dalam yayasan penggerak linux Indonesia, semangat memperjuangkan sistem operasi open source untuk digunakan masyarakat Indonesia secara bebas alias gratis, yang bernama BlankOn dengan versi Pattimura atau  7.0.
Tampilan Desktop BlankOn

Nama Sistem operasi yang dibuat oleh para penggerak linux Indonesia bernama BlankOn memiliki dua kata dan dua arti makna yang berbeda yaitu Blank dan On yang artinya Blank yang tadinya tidak ada, Blank menjadi ada  dan Blankon ( penutup kepala pria yang dibuat dari batik sebagai bagian dari pakaian tradisional jawa) . sehingga Blankon merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang dimiliki dan dapat digunakan oleh masyarakat luas Indonesia.

Aplikasi Perkantoran

Mengolah Photo

Terdapat banyak fitur -fitur atau aplikasi yang bisa langsung digunakan tanpa harus menginstal lagi dari mulai aplikasi perkantoran, multimedia, internet, grafik,  dan pendidikan (kamus). lalu yang bikin menarik dari sistem operasi yang telah ada hanya di versi patimura atau 7.0 terdapat aksara nusantara, enam suku di Indonesia yaitu aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa .

Instalasi BlankOn

Blankon bisa digunakan pada PC desktop, Notebook atau netbook berbasis bahasa Indonesia, lalu tersedia LiveCD untuk mencoba digunakan tanpa harus instalasi terlebih dahulu ke dalam komputer. Ingin mencobanya dan mendapatkan Informasi yang lebih lengkap silahkan klik link di bawah ini :

1.Situs resmi BlankOn Linux 
2.Halaman web untuk men- gunduh BlankOn
3.Format Iso link Alternatif linux UI

Cara Instalasi BlankOn sama seperti sistem operasi open source pada umumnya. Klik Live CD sebelah kiri, lalu memilih bahasa yang akan digunakan, klik maju.


Selanjutnya mengalokasikan sistem operasi yang akan disimpan pada ruang hardisk, pada tahap

ini Anda diberikan dua opsi:

  1. Hapus harddisk dan pasang BlankOn, opsi ini adalah menghapus seluruh harddisk dan gunakan seluruh alokasi harddisk untuk pemasangan BlankOn.
  2. Sesuatu yang lain, opsi ini digunakan untuk menentukan alokasi ruang harddisk yang akan digunakan untuk pemasangan BlankOn secara manual. Karena harddisk kita masih kosong, kita akan membuat partisi secara manual.





Pilih  secara manual  paling bawah lalu klik Maju muncul perintah membuat partisi hardisk pilih jenis partisi utama atau logika,  pilih utama, lalu tentukan ukuran atau kapasitas hardisk sisakan minimal 1 Gb untuk memory virtual atau ruang swap, lokasi partisi baru pilih Awal selanjutnya pilih tanda "/ " pada titik kait, lalu klik ok. 


klik  jumlah kapasitas hardisk yang disisakan, muncul seperti gambar bawah ini, lalu pilih jenis partisi baru Logika, lalu pilih ruang swap pada Gunakan sebagai, klik ok.



Pilih posisi anda berada sekarang untuk menentukan jam dan tanggal, klik maju. Muncul setting keyword, klik maju.



Selanjutnya instalasi yang terakhir memilih nama anda sebagai pengguna komputer dan memberi sandi atau Password, klik maju. lalu restart terlebih dahulu apabila mau menggunakannya komputer anda sudah berhasil terinstal sistem operasi BlankOn Pattimura 7.0.




Setelah berhasil dan dapat digunakan, agar lebih maksimal pilih gambar paling atas pojok kiri ikon BlankOn untuk membuka aplikasi , pilih Pengaturan + Pengujian sistem, selamat mencoba.


Nb: Tombol Pintas Untuk mempermudah Anda bekerja menggunakan desktop BlankOn dan memanipulasi jendela aplikasi, Anda bisa menggunakan tombol pintas atau keyboard shortcut tertentu yang setiap perpaduannya memiliki fungsi khusus. 

Berikut adalah penjelasan masing-masing tombol pintas:
  • Alt+F1 Membuka Menu BlankOn.
  • Alt+F2 Menjalankan program dengan memasukkan perintah.
  • PrtSc SysRq Mengambil tangkapan layar pada desktop.
  • Alt+PrtSc Mengambil tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif.
  • Alt+Tab Berpindah antar jendela yang sedang aktif.
  • Ctrl+Alt+Left/Right Cursor Berpindah antara area kerja.
  • Alt+F4 Menutup jendela yang sedang aktif.
  • Alt+F5 Mengembalikan ukuran jendela yang sedang aktif ke ukuran normal.
  • Alt+Space Menampilkan menu untuk memanipulasi jendela yang aktif.
  • Alt+F10 Memperbesar jendela yang sedang aktif.
  • Alt+F8 Mengubah ukuran jendela yang sedang aktif.
  • Alt+F7 Memindahkan jendela yang sedang aktif.
  • Ctrl+Alt+l Mengunci layar.




2 komentar:

  1. Saya pake Ubuntu nih di netbook . Berat ga kalo dipake di netbook?

    BalasHapus
  2. gk berat, saya pake 2 OS windows dan Ubuntu di netbook lancar

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy