Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 10, 2012

Samsung Galaxy Note 10.1 Bikin Proses Kreatif Semakin Mudah dan Efisien


Siapa yang tidak kenal dengan Samsung Android? Wah, kebangetan banget kalau sampai ada yang nggak tahu :) Samsung Android sampai Saat ini masih produk yang diminati untuk perangkat mobile (smartphone), Android merupakan system operasi yang sedang popular saat ini baik di komputer Tablet maupun di Smartphone menjadikan Android pesaing kuat untuk sistem operasi yang lainnya. 

Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat dan perkembangan perangkat gadget tablet yang menggunakan platfrom Android makin ramai di pasaran dengan berbagai macam merek dan juga ukuran layar yang berbeda. Menjadikan perangkat teknologi gadget sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) masa kini khususnya anak muda. Bahkan sampai seorang Profesional muda menggunakan gadget bisa sebagai patner kerja untuk memudahkan pekerjaannya.




Berbicara soal gadget yang berkualitas, baru-baru ini Samsung telah merilis salah satu produk unggulan mereka yakni Samsung GalaxyNote 10.1 Kebetulan saya menghadiri acara Blogger Workshop Lauching Galaxy Note 10.1 di Atrium East Mall Grand Indonesia, Jumat 31 Agustus 2012, jadi sedikit tahu tentang produk tersebut.  Acara tersebut sekaligus Halal Bi Halal buat saya karena banyak teman-teman  Blogger yang belum sempat ketemu setelah lebaran kemarin dan hadirnya blogger-blogger senior di acara tersebut semakin meriah ditambah nara sumber yang sudah familiar yaitu Yoris Sebastian (Chief Creative Officer ,Owner OMG ) dan  Aulia Halimatussadiah biasa dipanggil Ollie (penulis buku dan online self publishing ).


Samsung Galaxy Note 10.1 sangat cocok buat semua kalangan dari mulai anak sekolah hingga seorang Profesional, bahkan sampai ibu-ibu rumah tangga yang biasa di dapur bisa memanfaatkan kelebihan fitur-fitur yang ada di Galaxy Note 10.1 tersebut untuk mengajarkan buah hatinya.



Spesifikasi
Fitur dan Aplikasi Samsung GalaxyNote 10.1 sangat menarik untuk dibahas, karena banyak sekali fitur –fitur dan Aplikasi  yang tidak ada di tablet lain. Dibanding dengan versi sebelumnya Samsung GalaxyNote 10.1 memiliki ukuran layar lebih besar dari pendahulunya yang hanya 5 inci (GalaxyNote). Teknologi terbaru dari Android  4.0.4 Ice Cream Sandwich menjadi pilihan Galaxy Note 10.1 untuk menggunakannya pada sistem operasi, dengan layar seluas 10.1 inches dengan resolusi WXGA (1280x800 pixel) LCD membuat grafis tampak tajam, Processor  Exynos Quad-Core  berkecepatan 1,4 Ghz dan RAM  sebesar 2 GB tentunya performance semakin handal proses membuka aplikasi semakin cepat dan lancar, dan untuk Kapasitas Baterai cukup besar 7000mAh.



Samsung GalaxyNote10.1  ini memiliki berat 600g panjang, lebar, dan tebal 262 x 180 x 8,9 mm sangat cocok buat yang suka beraktifitas, bahkan berpergian "Ringan dan Tipis". Untuk yang suka mengabadikan  foto  tidak perlu repot-repot bawa kamera poket (digital) karena GalaxyNote 10.1 memiliki kamera 5 megapixel  Auto Fokus (LED Flash) dan kamera depan 1.9 megapixel sudah cukup bagus untuk menghasilkan foto yang baik dan tajam.
 

Design & Input
Galaxy Note 10.1 memiliki dua varian warna Putih dan  hitam yang semuanya akan terlihat elegan, desain tablet ini memang sudah banyak mengalami perubahan dibanding versi sebelumnya (GalaxyNote). Wajahnya kini dihiasi oleh bezel warna aluminium. Lalu terdapat slot khusus yang tersembunyi di sudut kanan untuk menyimpan styles ( S-Pen).


Semua konektivitas GalaxyNote 10.1 terpusat diatas perangkat diantaranya slot simcard, port micro SD card (up to 64GB), Jack audio 3,5mm, tombol Power, tombol volume dan sensor infrared, sedangkan port micro USB dan isi battery terdapat dibawah. Galaxy Note 10.1  memiliki 2 speaker dan memiliki 3D Sound Teknologi, menjadikan suara terdengar semakin jernih seperti air. tersedia Bluetooth teknologi 4.0, WiFi (2,4 & 5 GHz) koneksi semakin cepat , support HDMI. Respon Layar sanggat responsive, lalu keyboard virtual yang bisa di stel dengan 3 model, pertama model mengambang  di dalam intervace, kedua model yang menutupi layar ,ketiga model yang menjadi 2 bagian di sudut kiri dan kanan.


Features

Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan Multi-Screen, yaitu menjalankan dua aplikasi sekaligus secara bersamaan dalam satu layar. Seperti menonton video dan browsing Internet atau melihat gallery photo dan membuat catatan (S Note) dsb. Namun, tak semua aplikasi dapat dibuka dalam satu tampilan, hanya 6 aplikasi rekomendasi  fitur yang dapat dibuka bersamaan yaitu:
  1. Browser Internet
  2. S-Note
  3. Video Player
  4. Gallery Photo
  5. Email
  6. Polaris Office


Tablet ini juga dilengkapi dengan stylus (S-pen 6.5mm) merupakan poin kelebihan Samsung Galaxy Note 10.1 dibanding produk-produk sejenis lainnya. S-pen sebagai sarana menulis tangan dan menggambar pada permukaan layar Galaxy Note 10.1. s-pen tersebut memiliki tingkat sensitivitas sangat tinggi terhadap tekanan seakan nulis diatas kertas, sehingga tebal-tipisnya goresan pena tergantung pada tekanan tangan pengguna. Semakin tekanannya kuat maka tulisan akan terlihat tebal sebaliknya apabila tekanan yang dituliskan tidak terlalu kuat akan terlihat tipis.


Aplikasi ini yang saya tunggu-tunggu Adobe Photoshop Touch, merupakan fitur berbayar yang sangat popular untuk mengolah photo, tapi di GalaxyNote 10.1 kalian akan mendapatkanya dengan cuma-cuma (gratis), karena sudah tersedia. Aplikasi ini memungkinan pengguna untuk berbagi foto di media sosial dan melihat komentar langsung dari apps, Pengguna bisa memakai fitur-fitur Photoshop yang ada di versi desktop, namun didesain untuk tablet seperti layer, selection tools, adjustment, dan filter.
Fitur Shape Match adalah fitur yang secara otomatis akan mengoreksi garis dan bentuk yang sedang kita tulis, contoh seperti gambar di atas membuat kotak dengan bentuk segitiga di dalamnya hasilnya akan lebih terlihat rapi dan baik seperti menggunakan penggaris, sangat membantu sekali dalam membuat presentasi dan drawing.


Selanjutnya Fitur Formula Match adalah fitur untuk mengenali rumus atau solusi menjawab rumus dengan cara setelah menulis rumus yang kita inginkan lalu tekan pencarian di Internet secara otomatis akan memberi jawaban, sekalipun yang rumit ke dalam bentuk teks dan visual yang detail.

Aplikasi  lainnya di GalaxyNote10.1 aplikasi perkantoran Polaris Office, lalu yang menarik buat saya fitur Smart Stay menjadikan tablet sebagai remote TV yang dapat mengubah channel-channel TV menggunakan sensor infrared dan masih banyak lagi fitur yang ada di dalamnya.


Kesimpulan:

Samsung GalaxyNote 10.1 merupakan Gadget dengan Performance yang terbilang handal untuk menjalankan aplikasi sangat cepat, mudah dan kuat, fitur yang diberikan sangat mendukung dalam kegiatan dan kebutuhan pemakainnya. Khususnya seorang desainer atau seorang kreatif desain lebih efisien tidak perlu cuma baca konten tetapi bisa langsung mengaplikasikannya tentunya proses kreatif semakin mudah, Apalagi buat seorang Blogger seperti saya dengan fitur-fitur yang ada sangat terbantu sekali dengan adanya S-Note membuat catatan untuk postingan lebih mudah dan simple dimana saja dan kapan saja.

Untuk daya tahan baterai, saya belum mengujinya secara langsung, tetapi dengan kapasitas daya yang lebih besar  sudah pasti pengisian daya dapat lebih lama, berdasarkan panduannya bisa sampai 1 hari stand by apabila penggunaan Wi-Fi di non aktifkan.

Hal yang paling di unggulkan dari Galaxy Note10.1 adalah S-Pen (Stylus) dan kemampuan Multitasking plus Multiscreen-nya dan Banyaknya fitur-fitur tambahan, tentunya dalam bekerja akan lebih produktif dan lebih efisien.

Masih penasaran dan tertarik menggunakan Samsung Galaxy Note 10.1 ? Jika iya, ada baiknya silahkan lihat video Review dari tekno.kompas .com dibawah ini  



Sumber 
  • video : YouTube by tekno.kompas.com
  • Foto  : www.samsung.com/id & doc Pribadi @cidyrus

1 komentar:

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy