Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 04, 2013

Djarum BAC2013 : Wadah Untuk Kawula Muda Mengekspresikan Ide Kreatif Mobile Apps


Di tahun ini 2013 Djarum Black sebagai brand yang konsisten menggelar program-program dengan misi mendorong dan selalu memberikan inspiratif, Djarum Black kali ini kembali hadir dengan kompetisi yang berbeda dari sebelumnya seperti Black Innovation Award dan Autoblackthrough, kompetisi kali ini menggelar Black Apps Competition, yaitu Sebuah ajang kompetisi mobile apps yang mewadahi kawula muda Indonesia dengan berbagai latar belakang dalam mengekspresikan ide kreatifnya di bidang teknologi informasi.

Awarding Night Black Apps Competition 2013, Atrium Citos Jakarta

Pada hari Sabtu kemarin 29 Juni 2013, Sebagai Puncak kompetisi yang bernama Awarding Night Black Apps Competition 2013 yang bertempat di Atrium Cilandak Town Square (CITOS) Jakarta, kebetulan saya hadir di acara tersebut tentunya menjadi kesan tersendiri buat saya karena saya bisa langsung mencoba 11 aplikasi finalis tersebut lebih awal sebelum masuk di market Mobile Apps. 
Mobile Apps Terbaik Djarum #BAC2013
11 Mobile Apps Terbaik yang terpilih di kompetisi Djarum BAC2013     
  1. BLOODMOB : Sebuah Aplikasi untuk mempermudah pencarian donor darah dan orang-orang yang membutuhkan darah. Karya Sandi Colondam asal DKI Jakarta
  2. CELIA : Aplikasi ini Pengguna dapat melihat kondisi jalanan, dengan fitur penggunaan bensin dan jarak tempuh, terdapat juga informasi seputar kendaraan dan fitur untuk pengguna yang sering melakukan iring-iringan. Karya, Fahri Ali Imran asal DKI Jakarta
  3. DOKUTOWN : Sebuah aplikasi permainan yang dikemas dalam sebuah kota, pengguna aplikasi dapat menyewa tempat untuk berjualan ataupun juga bisa berbelanja online. Karya Fikri Firdiansyah asal DKI Jakarta.
  4. EMBA : Dalam keadaan darurat,aplikasi ini dapat mengirim otomatis pesan dan lokasi pengguna terkini melalui SMS,Email,Facebook dan Twitter. Karya Yonas Rahendanu asal Salatiga Jawa Tengah.
  5. HEALTH SUPPORTER : Aplikasi yang memberikan tips dan saran untuk hidup sehat.Karya Tirta Adi Gunawan asal Tangerang.
  6. KUDA LUMPING : Aplikasi yang diambil dari salah satu permainan tradisional Indonesia. Karya Apris Sugianto asal Cilacap Jawa Tengah.
  7. SILAT ACADEMY : Sebuah permainan cerdas untuk mengasah otak. Karya Ias Ari Mahaputra.
  8. SMURT : Aplikasi berbasis komunitas, aplikasi ini diperuntukan bagi setiap orang yang memiliki pertanyaan, dengan mengandalkan jawaban dari pengguna Smurt lainnya. Karya Padhu Waskitha Adiraharja asal DKI Jakarta.
  9. TUTWURI : Aplikasi yang berfungsi untuk membantu teman-temannya yang sedang mencari beasiswa. Karya Maximillan Audrey asal Sidoarjo Jawa Tengah.
  10. WISDOMP : Aplikasi keuangan yang praktis agar termonitor dengan baik.Karya Danu K Wardhana asal Yogyakarta
  11. ZIGNA: Aplikasi yang diperuntukkan bagi para penderita penyakit yang sering lupa minum obat. Karya Cepi Burhan asal Bekasi
Djarum Black Apps Competition 2013 (BAC2013), dibuka sejak pada awal November 2012 dan ditutup pada 8 Februari 2013 lalu, telah berhasil menjaring 1.149 ide aplikasi dari seluruh tanah air. Sebagai Penyelenggara Djarum Black Apps Competition ini merupakan inisiatif brand dan untuk pertama kalinya diselenggarakan. Program ini sangat sesuai dengan karakter brand Djarum Black yang selalu mengedepankan penciptaan ide-ide kreatif dan segar serta inovatif," ujar Raymond Portier, Brand Manager Djarum Black.

Dengan Jumlah ide peserta yang begitu banyak, sebagai juri kompetisi atara lain : Andrew Darwis (Founder & Chief Technical Officer Kaskus Networks), Budiono Darsono (Co-Founder & Editor-In Chief Detik.Com), Raditya Dika (Penulis), Selina Limman (Founder & CEO Urbanesia) dan Rene L. Pattiradjawane (Wartawan IT Senior), tentunya menjadi pekerjaan yang tidak mudah untuk memilih ide-ide terbaik dari yang terbaik dalam memilih juara nya. Kompetisi yang luar biasa menurut saya oleh Djarum Black antusias generasi muda yang mengikuti kompetisi ini langsung disambut baik dan positif.
Black Apps Session
Di acara tersebut selain menunggu pengumuman empat Juara terbaik oleh juri dari #BAC2013 rangkaian acara pun bagitu seru dengan penampilan Jakarta PAD Project, Bayu Risa dan Lamuru Percussions hingga presentasi dari beberapa narasumber terkait dunia teknologi Informasi seperti OS Mobile Android oleh Agus Hamonangan selaku Founder ID Android Community yang memberikan tips menghemat baterai pada smartphone, dilanjutkan dengan berbagi kisah hobbynya yang suka dengan sejarah dan prihatinya dengan generasi muda yang melupakan museum hingga akan di buatkan sebuah mobile aplikasi digital oleh artis cantik Sigi Wimala kemudian dilanjutkan Edi Taslim sebagai Kompas App yang membahas dunia mobile aplikasi  dan sebagai pembicara terakhir yang ditunggu-tunggu para hadirin saat itu seorang Blogger sekaligus penulis buku Best Seller yang berjudul "Kambing Jantan" dan film terbarunya "Cinta Di Dalam Kardus" yaitu Raditya Dika.

4 Pemenang Terbaik  dan 1 Juara Favorit Djarum BAC2013 | sumber foto : blackxperience.com
Setelah kerja keras para juri akhirnya didapat empat orang pemenang aplikasi terbaik, dan satu orang juara favorit hasil voting #BAC2013. keempat pemenang terbaik dan satu juara favorit masing-masing diberikan plakat dan hadiah secara simbolis oleh para juri dan salah satu perwakilan dari pihak Djarum. Empat pemenang dengan aplikasi terbaik meliputi Sandi Colondam (Bloodmob), Yonas Rahendanu (EMBA), Apris Sugianto (Kuda Lumping), Audrey Maximillian (Tutwuri), dan pemenang favorit Ias Ari Mahaputra (Silat Academy). Keempat pemenang terbaik berhak atas sebuah plakat dan uang tunai sebesar Rp 25 juta, dan pemenang favorit mendapatkan uang tunai Rp 10 juta. 

Acara yang terus berjalan hingga larut malam, terpaksa akhirnya saya harus berajak pulang walaupun acara semakin meriah. Semoga dengan adanya kompetisi ini yang telah diprakarsai oleh Djarum Black generasi muda kita semakin lebih kreatif lagi dan lebih berani mengekspresikan ide dan inovasinya di berbagai kegiatan Djarum Black sekaligus memberikan ide-ide baru yang segar dalam bidang teknologi informasi seperti Mobile Apps demi kemajuan bangsa dan semoga aplikasi tersebut bisa bermanfaat buat kita semua.***
 

6 komentar:

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus