Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 06, 2014

Jaringan Tumbang, Indosat Minta Maaf


Sebagai salah satu perusahaan jasa dan Jaringan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, tentunya selalu menjaga komitmen untuk selalu memberi pelayanan terbaik bagi pengguna setianya. Apalagi Indosat yang sudah hadir di Indonesia sejak 1967 walaupun masih milik asing dan 1980 sudah menjadi perusahaan BUMN pastinya sudah banyak pelanggan. Gak mau donk mengecewakan pelanggannya akibat dari terganggunya jaringan yang tumbang pada kamis kemarin hingga melumpukan layanan seluler dan data (Internet).
 

Saya sendiri sebagai pengguna Indosat (mentari) merasakan dampaknya apalagi hampir tiap hari saya menggunakan layanan jasa internetnya.

Permasalahan tersebut kata Mirza Helmi, Group Head Customer Experience Project Indosat kepada kompas tekno yang saya baca "Indikasi secara teknis telah ditemukan adanya anomali trafik berupa flooding traffic di sisi IP MPLS yang menyebabkan kelebihan beban (overload) di perangkat Indosat.

MPLS  ( Multiprotocol Label Switching )  adalah cara penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. (sumber: Wikipedia),  fungsi  MPLS merupakan sistem yang membantu mempercepat koneksi pada jaringan komputer  sebagai kebutuhan sehari hari dalam mendapatkan data yang dibutuhkan. Kecepatan mendapatkan transfer data secara teori menjadi lebih cepat dengan memanfaatkan pengaturan QoS (Quality of Service ) yang telah terdistribusi pada paket MPLS yang telah terinstall.

Atas kejadian tersebut, Jajaran Manajemen Indosat secara tulus Memohon Maaf atas gangguan layanan yang dialami pada hari kamis 3 April 2014 kepada masyarakat, khususnya Pelanggan setia Indosat. Kalaupun ada yang masih merasakan ketidaknyamanan dalam menggunakan layanan Indosat, dapat menghubungi nomor 100 pengguna Mentari dan IM3, sedangkan pengguna Matrix di 111 atau melalui media sosial twitter @Indosatcare atau email customer_service@indosat.com dan bagi layanan korporasi bisa menghubungi 021-30008686.

Dengan upaya yang maksimal dan bekerja keras tim teknis Indosat langsung memperbaiki saat itu juga, kurang dari 3 jam akhirnya berhasil dengan baik mengembalikan layanan seperti semula dengan normal hari itu juga.

Seperti diberitakan di media, tim teknis Indosat langsung mendapat apresiasi dari Ketua Bidang Keamanan Jaringan APJII ( Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Irvan Nasrun dan Acung Jempol oleh Eddy Thoyib selaku Executive Director  MASTEL ( Masyarakat Telekomunikasi) atas sigap dan kerja kerasnya.

Terkait masalah sebelumnya oleh firma internet BGPMon yang melaporkan Indosat telah "membajak" alamat Internet Protocol (IP) prefix perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat. Menurut Eddy kepada Beritasatu[dot]com yang saya baca, "tidak benar jika gangguan internet ini terjadi karena Indosat sudah membajak 415.652 prefix internet sebagaimana dilansir firma internet BGP Monitoring, Itu jelas tidak benar dan menyesatkan bagi masyarakat".

IP Prefix yang dimaksud di sini adalah alamat-alamat prefix internet milik beberapa perusahaan asing seperti Apple, Telia, NTT, Level3, Comcast, CableOne, dan Akamai. Menyebabkan benturan IP Address atau alamat jaringan yang imbasnya, jika ada pengguna yang ingin mengakses jaringan/server akan "tersesat" alias bermasalah.

Kejadian yang terjadi di Indosat ini merupakan human error dan bukan hal yang disengaja, kemungkinan kesalahan routing bisa saja terjadi, dan itu bisa dialami oleh semua operator telekomunikasi, Menurut Irvan Nasrun dari APJII.

Indosat (Isat) Sebagai wujud rasa terima kasih kami Kepada pelanggan setia. Indosat memberi Bonus Pulsa 50% untuk isi Ulang pertama Pada tanggal 7-9 April 2014 Berlaku untuk Nelpon dan SMS ke Semua Operator. Semoga saja tulisan ini bisa membantu meningformasikan Gangguan Jaringan Indosat pada kamis kemarin.***

0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy