Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 27, 2014

Cara Menyiasati Mesin Pencari Mbah Google ala Blogger Candra Iman

Google Indonesia, Jakarta

Kantor Google Indonesia yang berada di Gedung Sentral Senayan II lantai 28  Jakarta Selatan untuk pertama kalinya pada hari Sabtu 24 September 2014, saya menginjak kesana atas undangan dari komunitas Blogger Reporter Indonesia (BRID). Bagi pengguna Internet "Google" atau Mbah Google  pastinya sudah familiar dibenak kita sebagai mesin pencari terpopuler di dunia makanya pertama kali liat info di FBnya @BR_ID untuk touring ke kantor Google Indonesia saya langsung tertarik dan langsung daftar, kegiatan tour tersebut ternyata banyak teman-teman blogger yang antusias ingin ikut juga tetapi panitia hanya membatasi 13 seat saja. Alhamdullilah saya terpilih, ternyata memang kantor Google Indonesia yang merupakan kawasan perkantoran di bilangan senayan Jakarta tempatnya tidak terlalu besar makannya dibatasi.

Selain penasaran kapan lagi ada kesempatan bisa mengunjungi kantor Google Indonesia sekaligus ada materi penting yang saya tunggu-tunggu bahkan blogger yang lain pun demikian seperti halnya Bang Syaifuddin yang katanya ngebela-belain datang karena materinya menarik kalau sengaja ingin kursus tentang SEO ( Search Engine Optimization) itu biayanya mahal hingga jutaan, klo ada yang gratis kenapa gak, ujar bang Syaipuddin. Untungnya kita punya teman blogger yang sudah paham tentang SEO yaitu Kang @ImanCandra untuk berbagi ilmunya kepada blogger yang datang saat itu sebagai rangkaian acara tour ke kantor Google Indonesia.

Kegiatan yang dimulai kurang lebih pukul 10.00 pagi, dimulai dengan sambutan dari tuan rumah oleh Eunike Kartini dari Google Indonesia. Menurutnya, Google sekarang sudah menjadi kata kerja yaitu "goggling" bagi pengguna Internet.

Eunike Kartini | Google Indonesia
Saat sambutannya Eunike menceritakan singkat berdirinya Google yang berawal dari sebuah garasi, oleh dua mahasiswa Larry Page bersama Sergey Brin, Google sendiri misi awal mulanya hanya untuk merangkum atau mengumpulkan informasi-informasi yang ada di seluruh dunia yang dapat di akses dengan mudah oleh user.

Namun dengan berkembangnya saat ini Google tidak hanya sebagai mesin pencari saja, banyak produk yang biasa kita gunakan juga seperti Gmail, Google Maps, Google Plus, Google drive, lalu menurut Eunike, Google punya aplikasi baru yang bisa kita gunakan pada smartphone aplikasi Android yaitu Google Now. Aplikasi ini sebagai halnya asisten pribadi yang mengikuti keseharian kita dan mengingatkan si penggunanya. lalu fiturnya pun menarik kita bisa mengetahui laporan cuaca, mengingat jalan atau bisa mengingatkan kita parkir dimana, cukup dengan perintah lewat suara, Google langsung menjawab.

Untuk kawasan  Asia Pasifik kantor perwakilan Google berpusat di Singapura saat ini yang sebelumnya di Jepang, kalau kita pernah dengar atau pernah liat asiknya kantor Google yang tidak membosankan penuh dengan hal-hal yang berbau kreatif dan inovatif ternyata memang betul, seperti saat saya kesana yang tiap ruangannya dinamai nama-nama Indonesia banget seperti rungan yang menjadi tempat diskusi bernama Alun-alun. Semuanya itu hasil kreatif ide-ide Google Indonesia sendiri.

 Google Indonesia

Kenapa di kantor Google disediakan fasilitas yang memanjakan karyawannya seperti café, barbershop, laundry, makanan dll secara gratis. Tentunya ada maksud yaitu kalau kerja jangan serius- serius banget, kerja serius cepat tua, cepat sakit jadi harus happy fun aja, ujar Eunike. Selain itu google punya pandangan "Kalau sudah kerja pikirin aja produk gak usah pikirin perut, kalau masih pikirin perut gimana mau kerja.".

Ada cerita menarik di kantor pusat google Amerika, salah satu programmernya kalau sudah kerja harus sambil berdiri atau sambil jalan-jalan saat buat coding. untuk itu di buatlah fasilitas semacam tempat fitnes, sambil dia kerja karena yang menjadi asset utama google adalah manusianya, kalau manusiannya tidak dapat bekerja dengan baik, mau bagaimana menghasilkan produknya yang inovatif dan kreatif yang gak pernah terpikir oleh orang sebelumnya.

Kuncinya perbaiki dulu manusianya, baru bisa menghasilkan produk yang baik. Kata Eunike yang menjadi betah kerja di google yaitu Culture di google jangan pernah berhenti belajar, jangan pernah mengharapkan training atau menunggu materi yang diberikan, dengan belajar kita bisa ngulik lebih banyak lagi dan lebih kreatif. 
 Syaifuddin Sayuti | BRID

Lalu sambutan kedua oleh Bang Syaifuddin Sayuti. yang merupakan salah satu admin dari BRID, menurutnya Blogger Reporter Indonesia (Brid) yang lahir pada tahun 2012 dengan super adminya mas @hazmiSrondol, BRID awal mulanya hanya kumpulan blogger-blogger dengan berbagai platform, namun saat ini sudah menjadi komunitas bukan hanya sekedar komunitas blogger tetapi ingin mewadahi para blogger seluruh Indonesia untuk menjadi asisosiasi atau persatuan blogger se Indonesia yang merupakan cita-cita mas hazmi srondol pada awal mulanya. Selain itu BRID yang hingga saat ini sudah memiliki 1171 member FB tujuannya untuk menjembatani blogger berbasis reportase dengan sudut pandang blogger, semoga cita-cita kedepannya BRID jadi rumah buat blogger, tambah bang Syaipuddin.

Candra Iman | BRID

Selanjutnya yang ditunggu-tunggu presentasi kang Candra Iman untuk berbagi ilmu tentang SEO-nya, menurutnya materi yang akan di sampaikan adalah materi untuk "ngebohongin google dengan cara yang baik". Hee...

Sebelum masuk ke materi kang Candra Iman mengupamakan blog yang baik itu seperti halnya "Cara Memikat Cewek” harus up to date, begitu pun konten harus update, unik, penting, berguna, dan konten harus bahagia, ujar Candra. 

Menurut kang Candra hal yang penting untuk mengoptimalkan blog atau menyiasati mbah google agar terindex di mesin pencarian yaitu Tittle, Keyword, dan Meta deskripsinya dirubah sesuai dengan tema blognya, lalu jangan lupa authornya bisa diisi juga kalau mau.

Google Indonesia | BRID
Lalu terkadang saat buka blog suka lama, itu akibat dari ukuran gambar yang ada di blog atau postingan terlalu besar. Selain itu gunakan optimasi image pada gambar yang di posting, usahakan nama gambar sesuai dengan keyword yang diinginkan. Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa kita optimalkan lagi tentang SEO, tapi segitu pun yang diberikan kang Candra menurut saya sudah lebih dari cukup untuk seorang pemula seperti saya.

Seperti biasa saya tidak bisa mengikuti tour kantor google Indonesia hingga usai, karena ada acara lain yang bersamaan saat itu, akhirnya saya harus pergi lebih awal. Terima kasih untuk kang Candra sudah mau berbagi ilmunya kepada kita dan tidak lupa juga google Indonesia yang sudah memfasilitasi tempat dan mau dikunjungi dari teman-teman BRID, Semoga dilain waktu bisa mampir lagi kesana.***

Sumber Foto doc.Pribadi

6 komentar:

  1. Kapan ya aku bisa ke kantor google ? -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Fandhy klo mau ke kantor Google_ID gk bisa a/n pribadi harus a/n intansi or bareng komunitas klo gk salah max 20org

      Hapus
  2. Mensiati mesin pencari google ala blogger yang di ajarkan oleh Chandra Iman memang mantap, dan bisa menjadi page one SEO google ya Kang.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Indra,Sepertinya langsung di praktekin nih :) hee

      Hapus
  3. mantab reportasenya: twitter saya: @chandraiman :p chandra nya juga pake h yah kang:p hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun Kang sharingnya #eh... ya kelewat "h"nya :D

      Hapus