Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 27, 2014

Aksi Menanam Pohon di Hutan Mini Pabrik Sharp Karawang

Menanam Pohon bersama Blogger, Para Pelajar & Karyawan Sharp

Jalan-jalan ke Kawasan Internasional Industri City (KIIC) yang berada di daerang karawang untuk pertama kalinya saya kesana bersama teman-teman blogger yang hanya 9 orang, Waktu tempuh dari meeting poin (fx Senayan) Jakarta kurang lebih sekitar dua jam untuk sampai ke pabrik baru sharp Karawang, untungnya perjalanan tidak terlalu macet. Saat tiba disana cuaca sudah mulai panas terlihat mata memandang area kawasan pabrik sharp masih belum banyak pepohononan jadinya masih terlihat gersang.

Kegiatan kemarin 25 Juni 2014, bukan hanya sekedar tour lihat-lihat ke pabrik baru sharpnya saja, melainkan adanya kegiatan penghijauan yang untuk kedua kalinya dari sharp Indonesia yang berupaya untuk berperan aktif kegiatan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan dengan mengajak para pelajar dari SMA 1 Teluk Jambe Karawang, Blogger dan karyawan sharp pulogadung. 

Aksi Blogger Cinta Lingkungan

Sebelumnya, pada tahun 2013 melakukan kegiatan yang sama yaitu aksi penanaman pohon bersama para pelajar dan para karyawan sharp di hutan mini milik sharp. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati hari Lingkungan hidup Sedunia 2014.

Hutan mini sharp yang luasnya 15.067m2 telah mengisi lahan konservasi dengan 200 pohon jenis tanaman kayu, pelindung, dan buah khas dari seluruh Indonesia yang sudah langka dan jarang ditemui seperti keben, kenari babi, sempur, buni, bisbul, dahu, mahoni, anyang-anyang, ganitri, merbau,kopsia,kantil dan matoa.

 
Aries Sulistyo (kiri) & Masahito Matsumura (kanan)


Kegiatan penanaman pohon yang diawali oleh senior General manager Brand Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia, Masahito Matsumura. Dalam sambutannya kegiatan kali ini merupakan salah satu kontribusi kami terhadap pemeliharaan ekosistem, serta pelestarian hutan dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Pak Aries sedang memberi tahu cara menanam Pohon yang baik

Sebelum kegiatan menanam pohon dimulai, peserta diberi tahu cara menanam pohon yang baik terlebih dahulu oleh Aries Sulistyo selaku Koordinator Telaga Desa Agro-Enviro Education Park. Menurutnya menanam pohon yang baik  sebelum dimasukan ke dalam tanah daun yang paling bawah harus dikurangin, lalu buatlah lubang biopori di empat titik yang berdekatan dengan pohon agar mendapatkan serapan pada pohon tersebut, setelah itu jangan lupa pohon di sanggah agar berdiri tegak. Selain itu menurut Aries, dengan adanya kegiatan tersebut agar mengigatkan kita yang tidak pernah bersinggungan dengan pohon. 

Ini Aksi Ku, Mana Aksi Mu
Salah Satu Pelajar SMA 1 Teluk Jambe

Setelah paham dengan cara menanam dengan baik saya sendiri langsung mempraktekannya masing-masing peserta langsung memilih pohon yang telah di sediakan. Karena kondisi tanah yang kurang subur dan kering harus dibuatkan lubang biopori, kedalamnya kurang lebih 50-100 cm dengan diameter 10-30 cm. lubang kemudian diisi sampah organic yang berfungsi untuk menghidupkan mikroorganisme tanah, seperti cacing.

Manfaat Lubang Resahan Biopori :
  • Membantu mengurangi pemanasan global
  • Memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah
  • mengurangi resiko banjir di musim hujan
  • Maksimalisasi peran dan aktivitas floradan fauna tanah
  • Mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor 
  • dll
Pabrik Sharp Indonesia, Karawang

Setelah menanam pohon kegiatan selanjutnya tour melihat perakitan dan kondisi pabrik Sharp yang didesain menggunakan 'Solar Panel' sebagai pembangkit energy listrinya, untuk di pabrik karawang sendiri hanya memproduksi 2 produk yaitu Mesin cuci dan Kulkas untuk produk yang lainnya masih berada di pabrik sharp Pulogadung Jakarta, sebelum kegiatan tour kami makan siang terlebih dahulu sambil presentasi dari pihak sharp Indonesia terkait Solar Panel atau PHOTOVOLTAIC adalah sebuah produk pembangkit energy terbaru yang menghasilkan listrik dari intensitas cahaya matahari.
Sharp sendiri merupakan pelopor perusahaan di Indonesia yang menggunakan tenaga surya sebagai energy listrik. 

Kegiatan menanam pohon yang melelahkan karena kondisi matahari yang sudah naik jadi terasa panas, ditambah hutan mini nya masih gersang namun tetap seru.

Semoga saja upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan Sharp Indonesia sekaligus penghematan energy listrik yang ramah lingkungan bisa ditiru oleh perusahaan lainnya agar Negara yang kita cinta ini dapat mengurangi dari pemanasan global.

Simak mengenai Solar Panel di postingan selanjutnya…

Semoga Bermanfaat.***

0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus