Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Februari 11, 2015

Jatuh Cinta Pada Buah Lokal

Buah Rambutan | by doc pribadi
Buah merupakan sumber gizi yang kaya akan vitamin dan mengandung zat gizi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia, berbagai macam jenis buah sangat mudah dijumpai dinegri kita tercinta yaitu Indonesia. Saya termasuk penikmat buah lokal, bagaimana tidak dilingkungan tempat saya tinggal banyak tumbuh pohon buah-buahan baik yang di sengaja ditanam atau yang tidak sengaja dari ketidak sadaran membuang biji buah lalu tumbuhlan pohon buah.

Salah satunya adalah buah rambutan, buah musiman yang banyak digemari mayoritas masyarakat kita, harganya yang murah meriah dan rasanya buah ini alami dengan penanaman tanpa bahan kimia pun pohon ini bisa menghasilkan buah yang manis dan segar, itulah alasan kenapa saya jatuh cinta pada buah lokal.

Buah rambutan yang memiliki banyak manfaat dimulai dari kulit, buah hingga bijinya bisa dijadikan obat, buah rambutan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalium dan vitamin C. Dari buah yang berbentuk bulat kecil dengan tekstur daging kenyal berwarna putih dengan kandunhgan air yang terasa manis atau asam manis, semua tergantung dari jenis rambutan itu sendiri karena setiap daerah berbeda jenisnya.

Buah Durian | by penadesa or id

Mengingat buah lokal favorit saya yaitu rambutan dan durian mengingatkan saya ke tempat kerja dulu, dimana pekarangan belakang kantor yang cukup luas untuk penghijaun tidak disia-siakan untuk ditanam pohon rambutan dan durian. Perawatannya yang sangat mudah bahkan bisa dibilang perawatannya hanya sekedar atau seingatnya saja, namun pohon rambutan dan durian ini bisa menghasilkan buah yang lebat, manis serta lezat, pokoknya tidak kalah rasanya dengan yang dijual di supermarket dan di toko-toko buah.

Untuk itu saya sangat menyukai buah lokal, karena mudah didapat, kesegaran dan kualitas buah terjaga serta bebas dari bahan kimia yang bisa merusak tubuh. Mencintai buah lokal, selain membebaskan kekhawatiran kita dari zat yang berbahaya juga kita bisa membudidayakan dengan cara menanam pohon di pekarangan rumah, hal ini tentu berdampak positif bagi lingkungan sekitar, buahnya bisa kita makan, pohonnya untuk penyaring udara dan penyejuk, sangat bermanfaat kan?

Guava Crystal atau Jambu Batu | by sunpride co id


Selain itu juga ada buah yang sering kita jumpai tumbuh di pekarangan rumah, buahnya berbentuk bulat berbiji banyak, namanya buah jambu batu atau jambu biji atau Guava Crystal. Buah jambu batu ini terkenal untuk mengobati demam, sedangkan pucuk daunnya dipercaya untuk mengobati diare.

Kandungan sehat yang dimiliki Guava Crystal mampu meningkatkan sirkulasi yang dapat memacu fungsi otak. Kalium dalam Guava Crystal pun mampu mengatur tekanan darah. Kandungan vitamin C yang samgat tinggi yaitu sebanyak 280% dari nilai harian vitamin C yang direkomendasikan, untuk itu buah ini sangat direkomendasikan untuk menurunkan resiko penyakit kanker. (Sumber: sunpride.co.id).***
   
Sumber referensi kandungan buah rambutan by id.wikipedia.org

6 komentar:

  1. aku juga suka sama buah lokal :)

    BalasHapus
  2. Ya Bunda Shidqi sama donk, Emang sudah saatnya melestarikan buah lokal :)

    BalasHapus
  3. Buah lokal lebih enak, tidak ada pengawet radiasi. Lagian buah tropis banyak disukai oleh orang dari negara-negara yang bukan tropis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas Bro saya setuju, buah lokal lbih fresh :)

      Hapus
  4. Apa pun jika itu buah aku sukaaaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba Irma, Makan buah bagus untuk tubuh kita + banyak vitaminnya, apalagi makannya buah lokal :)

      Hapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy