Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 21, 2015

Pentingnya Asupan Gizi Sejak Awal Kehidupan


Ilustrasi Bumil | sumber sapujagat com
Asupan gizi itu sangat lah penting apalagi bagi Ibu Hamil ( Bumil ), Karena pemenuhan gizi di awal kehidupan sebagai modal untuk membangun hidup sehat, cerdas dan produktif.

Sebagai calon ayah tentunya saya juga harus tahu donk asupan apa aja yang harus dikonsumsi dan asupan-asupan penting yang wajib dikonsumsi bagi Istri saya yang sedang mengandung agar asupan seperti Protein, Zat besi ,Kalsium, Yodium, Zink (seng), Vitamin A, Vitamin D dan Asam Folat dapat dikonsumsi dengan seimbang agar pertumbuhan janinnya dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Emangnya seberapa penting sih Asupan Gizi bagi tubuh manusia!!

Arletta (kiri) Dr Martine Alles (Tengah) Prof. Dr. Ir Hardinsyah (kanan) | Nutritalk Sarihusada

Pada hari Jumat, 20 Maret 2015 bertempat di JW Marriot Hotel, Jakarta. Sarihusada kembali menggelar salah satu diskusi rutin-Nya yang bernama Nutritalk. #nutritalk kali ini mengangkat tema "Sinergi Pengetahuan Lokal dan Keahlian Global bagi Perbaikan Gizi Anak Bangsa" acara diskusi yang dipandu oleh mba Arletta tersebut dihadiri dua pembicara ahli yaitu Dr. Martine Alles, dari Belanda selaku Direktur Developmental Physiology & Nutrition Danone Nutricia Early Life Nutrition, dan Prof. Dr.Ir Hardinsyah Guru Besar Tetap Ilmu Gizi Fakultas Ekologi Manusia, IPB.

Arif Mujahidin | Head of Corporate Affairs Sarihusada

Diskusi yang dibuka oleh Bapak Arif Mujahidin selaku Head of Corporate Affairs Sarihusada, mengatakan Sarihusada terus berkomitmen untuk mendukung upaya perbaikan gizi yang dilakukan Pemerintah melalui peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi bagi anak-anak.

Asupan Gizi sangatlah penting, karena apa yang dimakan, diminum, dilakukan dan dialami selama menjelang 1000 Hari Pertama Kehidupan akan menentukan kelak kesehatan dan kecerdasan anak serta masa depannya.

Dr. Martine Alles memaparkan peningkatan gizi dan kesehatan anak sangatlah dibutuhkan, gizi sempat menjadi isu di Belanda. Namun Bangsa Belanda telah membuktikan pengaruh kuat gizi terhadap kualitas pertumbuhan di awal kehidupan.

Seperti Fredriks et al seorang peneliti Belanda, membandingkan hasil kajian tentang pertumbuhan badan yang dilakukan di seluruh wilayah di Belanda, hasilnya dalam waktu 42 tahun terjadi perubahan pertumbuhan satu generasi ke generasi lain (secular) positif pada anak-anak, remaja dan golongan dewasa muda.

Penyebab utama terjadinya peningkatan pada tinggi tubuh orang Belanda antra lain: Perbaikan gizi dan kesehatan anak, kebersihan (Higiene) dan Berkurangnya besaran keluarga ( maksudnya dua anak cukup dalam satu keluarga). Dan telah terbukti sejak 1950, Golongan dewasa muda Belanda masuk dalam kategori tertinggi di dunia.

Tentunya perlu di maklumin juga klo orang Eropa kenapa tubuhnya pada tinggi-tinggi, menurut saya selain genetika dan perbaikan gizi seperti kebiasaan mereka minum susu setiap hari sudah menjadi hal yang lumrah, dibanding orang Asia.

Dr. Martine Alles | Direktur Developmental Physiology & Nutrition Danone Nutricia Early Life Nutrition,

"Selama Ibu hamil harus memberi Gizi yang baik, karena bumil sebagai kunci 1000 hari pertama", kata Dr. Martine Alles.

1000 Hari pertama kehidupan atau masa Hamil 9 bulan (270 hari dalam kandungan) hingga masa kehidupan pertama bayi selama 2 tahun (730 hari ) adalah periode penting bagi pertumbuhan anak-anak, karena pada periode ini terjadi pertumbuhan fisik dan penambahan masa otak, serta pengembangan signifikan kemampuan kognitif, tulang, imunitas, system pencernaan, dan organ-organ metabolisme. 

Pertumbuhan yang pesat pada balita dapat terlihat pada masa pertumbuhannya seperti 2x tinggi badannya, 5x berat badannya dan 1 gram perkembangan otak setiap harinya di 3 tahun pertama.

Beberapa Faktor Penyebab Kurangnya Pertumbuhan disebabkan pada Faktor genetika, kurang gizi, Rangsangan Gerak, dan Kesehatan Lingkungan.

Kekurangan Vitamin D juga dapat mengurangi pertumbuhan, karena vitamin D sebagai salah satu zat gizi yang mempengaruhi pertumbuhan anak-anak. Manfaat lain Vitamin D, selain memperbaiki pertumbuhan tulang, Vit D juga berpengaruh terhadap imunitas adaptif atau kekebalan spesifik.

3 Hal yang perlu dilakukan dimasa pertumbuhan awal bagi pertumbuhan, antara lain:
  • Mendapatkan Vitamin D yang cukup dari sinar matahari, menurut Prof. Dr.Ir Hardinsyah waktu yang bagus adalah pukul 09.00 hingga pukul 13.00 wib.
  • Lalu banyak minum susu karena minum susu itu Penting khususnya untuk anak-anak , karena susu kaya akan Protein dan Zat Besi.
  • Sekaligus minum air mineral karena cairan mineral buat anak-anak sangatlah penting.
Prof. Dr.Ir Hardinsyah Guru Besar Tetap Ilmu Gizi Fakultas Ekologi Manusia, IPB

Pemenuhan gizi seimbang terutama bagi calon Ibu Hamil, Bumil, Busui dan Balita terus diperlukan. Terutama difokuskan pada zat gizi yang masih defisiensi seperti protein, asam lemak esensial, zat besi, kalsium, yodium, zink vit A, Vit D, dan asam folat, ujar Prof. Dr.Ir Hardinsyah.

Kenapa Perlu Gizi Yang Baik ?

Dengan pemberian gizi yang baik Tumbuh Kembang Otak akan Baik dan Kemampuan belajar dan berpikir akan baik pula, selain itu kenormalan ukuran , komposisi dan kerja organ dalam jangka panjang imunitas dan stamina akan baik. Sekaligus dapat menurunkan risiko gemuk (obesitas), diabetes, hipertensi, hiperkolesterol,dll.

Menurut Prof. Dr.Ir Hardinsyah dalam paparannya, Zat Gizi yang diperlukan tubuh untuk hidup sehat dibagi dua Gizi Makro dan Gizi Mikro. Gizi Makro terdiri dari Karbohidrat, Protein, lemak dan Air. Sedangkan Gizi Mikro Vitamin dan Mineral.

"Dengan pemberian ASI yang lama resiko Obesitas akan rendah", ujar Dr. Martine Alles.

Beberapa sumber yang pernah saya baca ASI merupakan asupan alami terbaik bagi bayi di awal kehidupannya. Di dalamnya, terdapat berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. karenanya, ASI ekskluif minimal 6 bulan.

Pada Bumil pertumbuhan awal, penting buat janin yaitu Zat Besi, Asam Folat, Asam Amino (hewani), Ikan, kacang-kacangan, dan susu.

Sebanyak 10% bayi di Indonesia terlahir dengan berat badan rendah (berat normal 2,5Kg), melihat hal tersebut masalah gizi di Indonesia masih memprihatinkan, karena itu perlu pemenuhan gizi seimbang bagi semua terutama bagi calon ibu hamil,bumil,busui dan balita.

Mendengar paparan para ahli tersebut selama kurang lebih dua jam saya pun banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang pentingnya Asupan Gizi. Terima Kasih Sarihusada, semoga dengan postingan ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya ibu hamil tentang pentingnya asupan gizi di awal kehidupan, Ayo Melek Gizi. ***

Sumber Foto doc.pribadi

3 komentar:

  1. Edukasi kayak gini harus merambah pelosok...jadi merata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Setuju Kak Ani, edukasi yang bermanfaat apalagi buat bumil

      Hapus
  2. "Tentunya perlu di maklumin juga klo orang Eropa kenapa tubuhnya pada tinggi-tinggi,"

    tertarik sama yang itu pak
    menarik juga euy acaranya :)
    meski awalnya pasti saya ga ngerti soal gizi he he he

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy