Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 31, 2016

Lagi Cari Mobil Idaman Keluarga, Nih TipsNya!!

Blogger Gathering Bareng mobil123com by doc pribadi



Sebelum membeli mobil baru atau mobil bekas ada beberapa pertimbangan yang kudu wajib diketahui bagi calon pembeli terutama pemula biar mendapatkan mobil idamannya sesuai harapan.

Siapa sih yang tidak pengen memiliki kendaraan khususnya roda empat (mobil), apalagi di negara kita kalau seseorang sudah memiliki mobil status sosialnya sudah pasti meningkat, ditambah saat ini mobil sudah menjadi gaya hidup. Namun saya tidak membahas hal tersebut, malah saya mau berbagi tips sebagai pertimbangan kalau mau beli mobil.

Kalau melihat kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap mobil sudah semakin marak saat ini tercermin dari data penjualan mobil baru, rata-rata mencapai lebih dari 1 juta kendaraan terjual.

Di tengah serbuan mobil-mobil baru, pasar mobil bekas pun tak kalah menariknya dan menyajikan banyak pilihan. Mobil bekas menjadi  alternatif bagi sebagian orang yang katakanlah, tidak mampu membeli mobil baru atau memang sedang mengincar mobil idaman sejak lama.

Namun ada hal yang perlu diketahui sebagai pertimbangan bagi calon pembeli apabila ingin membeli mobil baru maupun mobil bekas agar tidak menyesal dikemudian hari, apalagi mencari mobil idaman keluarga?

Melihat hal tersebut mobil123.com sebagai portal otomotif nomor 1 di Indonesia yang menyajikan ribuan mobil baru dan mobil bekas yang dijual oleh ribuan dealer dan pedagang. Pada hari Selasa, 29 Maret 2016 di salah satu cafe di selatan Jakarta mobil123.com mengadakan Blogger Gathering bareng media dan komunitas otomotif, kali ini mengambil tema “Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga” temanya cocok sekali bagi masyarakat Indonesia yang rata-rata memiliki mobil sudah pasti pertimbangannya buat keluarga, dengan menghadirkan pembicara Paulus Firmanto selaku Pengamat otomotif dan Agus Mustofa selaku Technical Support Leader (Auto2000).

Menurut Paulus Firmanto selaku pengamat otomotif, apabila punya rencana ingin membeli mobil bekas hal yang terkadang terlewatkan oleh calon pembeli yakni Mengenal Profil Pelanggan. Menurut sayapun demikian apa yang dikatakan Pak Paulus betul sekali, karena dengan kita mengetahui profil pelanggan sedikitnya kita dapat menilai sendiri kondisi kendaraan maupun soal perawatannya.

4 Faktor yang menjadi pertimbangan saat membeli mobil idaman keluarga, tambah pak Paulus saat gathering kemarin antara lain:
  1. Sudah pasti mobilnya muat banyak anggota keluarga.
  2. Harga yang terjangkau.
  3. Irit bahan bakar dan kemudahan perawatan.
  4. Resale value
Selain itu, pertimbangan tambahan lainnya yang perlu diketahui saat membeli mobil seperti fitur Keamanannya, fitur keselamatannya, desain, kenyamanan, sekaligus fitur hiburannya dll.

Begitupun menurut Agus Mustofa dari Auto2000 selaku Technical Support Leader. Menurut beliau, Salah satu yang harus diperhatikan apabila ingin membeli mobil bekas, yakni Service History. Selain tahun, harga, kilometer dan mesin.

Bagaimana caranya kita mengetahui service history, selain menanyakan ke pelanggan langsung atau bisa juga menanyakannya ke bengkel, tambah Pak Agus.

Saat sesi tanya jawab, Salah satunya ada yang menanyakan bagaimana dengan mobil bekas taksi ? Mobil bekas taksipun ternyata harga jualnya masih tinggi terutama taksi (biru) kata pak Agus. Karena taksi tersebut service history dan perawatannya bagus. Selain itu untuk mengetahui mobil bekas taksi atau bukan bisa dilihat pada plat nomer maupun STNK terdapat kode mobil taksi.


Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh calon pembeli sebelum memutuskan membeli mobil bekas atau mobil baru.

  • Pertimbangkan dengan matang jenis mobil, apakah yang cocok untuk anda? apakah mobil sedan, mobil MPV, mobil SUV atau crossover. Lalu pertimbangan  dalam memilih jenis mobil adalah Jumlah anggota keluarga, siapa pemakai rutin, dan kemana aja mobil akan dipakai? dll
  • Jika anda dan keluarga telah memutuskan untuk membeli salah satu jenis mobil, maka belilah mobil yang sesuai dengan kemampuan dompet. Jangan memaksakan kehendak dengan membeli mobil baru atau bekas secara kredit karena akan berpotensi menyulitkan anda dan keluarga di masa depan.
  • Jika anda merasa yakin membeli dengan cara kredit maka pilihlah perusahaan pembiayaan dengan mitra perusahaan asuransi yang bonafit atau pilih skema kredit mobil yang tidak memcekik anda dengan cicilan relatif ringan dan tenor tidak terlalu lama.
  • Lakukan riset melalui website-website otomotif terpercaya seperti mobil123.com carilah sebanyak mungkin  informasi mengenai mobil yang akan dibeli oleh anda.(contohnya tingkat keborosan, banyaknya keluhan, kemudahan akses membeli onderdil, banyaknya bengkel resmi dan umum yang bisa menangani, biaya perawatan dan lain-lain.
  • Bandingkan teknologi atau fitur mobil-mobil yang menjadi incaran anda. Saat ini mobil-mobil dengan teknologi atau fitur modern seperti voice commad, real-view camera, dan kelengkapan fitur keselamatan wajib menjadi pertimbangan.
  • Saat anda memutuskan suatu model mobil baru atau mobil bekas untuk dibeli, maka anda dan keluarga wajib melakukan test drive, cobalah semua fungsi atau fitur mobil, duduklah sebagai penumpang dan rasakan kenyamanan. Lalu coba diberbagai kondisi jalan.
  • Kalau memutuskan untuk membeli mobil bekas, tentu anda harus mendengarkan suara mesin dan rasakan getarannya ketika idle. Saat mobil bergerak perhatikan bunyi-bunyi dan rasakan kaki-kakinya. Rem dan kopling jangan luput dari perhatian. Lalu tanyakan ke dealer atau pedagang mobil mengenai onderdil-onderdil apa saja yang telah diganti dan harus diganti.
  • Belilah mobil baru atau mobil bekas dari dealer atau pedagang terpercaya. Jangan sungkan untuk menanyakan apakah mobil ada garansi atau tidak. Ada baiknya saat membeli mobil bekas pilih yang ada garansinya.
  • Pastikan mobil bekas tidak pernah terkena banjir, tabrakan, terlihat dalam tindakan kriminal, dll. Langkah ini bisa dicapai dari dealer mobil bekas terpercaya dan menanyakan ke kepolisian.
  • Resale value. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan terpenting sebelum beli mobil baru atau mobil bekas. Biasanya mobil-mobil dengan populasi banyak memiliki resale value bagus. Selain itu warna eksterior pun bisa mempengaruhi resale value.
Gimana sekarang sudah tahu kan yang harus dipertimbangkan apabila ingin membeli mobil idaman keluarga terutama membeli mobil bekas kesimpulannya selain kelengkapan surat-surat, beli sesuai badget, cek nomor rangka dan nomor mesin, cari sumber info terpercaya, fitur tambahan, kilometer dan mesin tentunya harus mengetahui profil pelanggan dan service history dengan begitu kita akan puas dengan mobil yang kita pilih. ***

Salam Otomotif

4 komentar:

  1. Beli mobil bekas pun oke ya, kalau bisa jeli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Kak Ani, Beli mokas (mobil bekas) jgn liat dri bodynya aza yg mulus tpi history jg gk kalah penting yg hrus ditanyakan termasuk cek surat2nya

      Hapus
  2. Mobil bekas bisa jadi alternatif untuk pembeli dengan budget terbatas ya Kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul teh, asalkan Jeli memilihnya trus banyakin referensi info mobil yg jd idamanya biar dpet mobil yg ok dgn harga ok juga heee

      Hapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy