Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 08, 2016

Drama Musikal Khatulistiwa Cara Seru Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Para Pemain Drama Musikal Khatulistiwa | 

Mengenal Kembali Sejarah, Seni dan Budaya Bangsa Indonesia dengan cara yang berbeda salah satunya Melalui Pertunjukan Drama Musikal sudah pasti seru nih, Walaupun Saya sendiri belum pernah menonton langsung drama musikal kecuali lihat di televisi, Gagasan yang cemerlang menurut saya melihat generasi muda saat ini yang sedikit demi sedikit mulai melupakan sejarah bangsanya sendiri. Makanya saat mengetahui akan ada pertunjukan drama musikal jadi penasaran apalagi pertunjukan Drama Musikal tidak hanya memberikan hiburan yang menarik namun juga dapat memberikan edukasi kepada generasi muda.

Para Pemain dan Team Produksi Drama Musikal Khatulistiwa 

Pada hari selasa (04/10) bertempat di Cafe Olivia, Plaza Indonesia para pemain beserta team produksi Drama Musikal Khatulistiwa, sekaligus Presdir CIMB Niaga, Tigor M Siahaan dan Keluarga besar Josodirdjo Foundation hadir dalam acara media gathering, Salah satu pemainnya yaitu Rio Dewanto yang sudah kita kenal sebagai Aktor, dan Kelly Tandiono seorang model terlibat dalam musikal hadir pula. Untungnya saat media gathering kemarin tidak hanya acara talkshow, drama musikal khatulistiwa yang akan dipentaskan bulan November mendatang, Cuplikannya dipentaskan kepada undangan yang hadir.

Performance Gabriel Harvanto

Sebelum cuplikan drama musikal yang menceritakan perlawanan terhadap VOC, diawali dengan penampilan suara merdu dari Gabriel Harvanto yang membawakan lagu "Tanah Airku, ciptaan Ibu Sud". Gabriel pun terlibat dalam produksi drama musikal khatulistiwa.

Drama Musikal Khatulistiwa adalah program untuk mensosialisasikan budaya dan cerita Bangsa Indonesia yang digagas oleh Josodirdjo Foundation, Zigzag Indonesia dan CIMB Niaga sebagai bentuk perjuangan generasi penerus dalam mengisi Kemerdekaan dan meningkatkan kecintaan terhadap Tanah Air. Ternyata melibatkan sejarawan yakni Kang Asep Kambali dan pakar pertunjukan ternama, tidak hanya itu 100 talenta muda Indonesia pun dilibatkan.

Tiara Josodirdjo Produser Eksekutif Drama Musikal Khatulistiwa

Tiara Josodirdjo, sebagai pendiri Josodirdjo Foundation dan Zigzag Indonesia sekaligus Produser Eksekutif Drama Musikal Khatulistiwa membuka acara media gathering saat itu, menurutnya "Membuat Drama Musikal Khatulistiwa Agar generasi sekarang bisa memahami dan menjiwai perjuangan pahlawan kita." Pertunjukan musikal tersebut dalam rangka memaknai hari Pahlawan Nasional  yang jatuh bulan November mendatang, PT Bank CiMB Niaga tbk bersama Josodirdjo Foundation dan ZigZag Indonesia. Mengajak masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, untuk lebih mengenal jejak langkah negerinya dengan mempersembahkan sebuah inisiatif.

(Kiri) Rio Dewanto, Adjie N.A, Asep Kambali, Tiara Josodirdjo, Tigor M Siahaan dan Melvi Tambubolon (Kanan)

Presdir CIMB Niaga, Tigor M.Siahaan mengatakan, "Sebagai  perusahaan  yang memiliki sejarah panjang dalam menghadirkan layanan perbankan terdepan bagi masyarakat Indonesia, CIMB Niaga percaya bahwa dengan mengenal sejarah, kita dapat lebih menghargai pencapaian yang telah diraih sehingga termotivasi menjadi lebih baik. Melihat betapa mulianya tujuan dari inisiatif sosial khatulistiwa ini, terlebih lagi mengetahui banyaknya talenta muda Indonesia yang tergerak intuk memperkenalksn sejarah bangsanya, CIMB Niaga pun terdorong untuk mempersembahkan pergelaran drama musikal khatulistiwa ini kepada masyarakat Infonesia."

"Figur Pahlawan bukan hanya mengangkat senjata, melainkan bermanfaat bagi sekitar" 

Josodirdjo Foundation yang didirikan tahun ini 2016, berkomitmen menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk bisa lebih mencintai Tanah Air dan tergerak untuk aktif berkontribusi secara positif demi kemajuan bangsa dan negara. Tiara Josodirdjo mengisahkan "Inisiatif sosial khatulistiwa ini tercetus 9 tahun yang lalu berawal dari sebuah mimpi untuk mengangkat kisah Bangsa Indonesia ke sebuah pertunjukan musikal. Ide menghadirkan kisah sejarah yang menampilkan karakter hebat para pahlawan bangsa dalam bentuk drama musikal sebagai jawaban untuk menyajikan konten edukatif melalui karya seni kreatif.

Drama Musikal Khatulistiwa, Disutradai oleh Adjie N.A menurutnya drama musikal bercerita mengenai kisat patriot pahlawan Bangsa dari bebagai daerah dalam kurun waktu era VOC  hingga kemerdekaan. Sedikitnya ada 50 Lagu Indonesia dan serangkaian tarian Nusantara yang dapat dinikmati selama pertunjukan. Adjie menambahkan "Bila dulu pahlawan kita berjuang meraih kemerdekaan dengan berperang, maka drama musikal khatulistiwa ini merupakan salah satu bentuk perjuangan kami sebagai generasi penerus dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan."

Sebagai sutradara,"Drama Musikal Khatulistiwa, Kami berusaha untuk tidak menggurui melainkan menginspirasi penonton akan betapa berharganya Tanah Air yang kita miliki ini sehingga kita dapat bersama-sama lebih mencintainya."

Drama Musikal Khatulistiwa Mengenal Jejak Langkah Negeri

Sebagai penutup acara media gathering, Tiara Josodirdjo menambahkan "Kami percaya bahwa setiap individu dapat menjadi pahlawan bagi orang terdekat, teman dan ruang sosialnya, terlepas ruang dan waktu. Karenanya, Josodirdjo Foundation, Zigzag Indonesia dan CiMB Niaga berharap inisiatif sosial khatulistiwa ini dapat menjadi wadah untuk menyampaikan pesan-pesan perjuangan para pendahulu dan memberikan inspirasi serta tauladan akan karakter anak bangsa."

Sekilas sinopsis Drama Musikal Khatulistiwa, Cerita yang dituturkan seorang ayah kepada anaknya dengan cara mendongeng pada saat mereka menikmati perjalanan berkemah. Mulai dari kilas balik cerita semangat perjuanagan Pangeran Kornels terhadap Daendels, Cut Nyak Dien, Sisingamangaraja, Christina Martha Tiahahu, Dewi Sartika, Sultan Hasanudin dan para penggerak Sumpah Pemuda hingga masa Proklamasi Kemerdekaan oleh Soekarno dan Hatta.

Jadi penasarankan pengen lihat pertunjukannya. Yuk, Kita luangkan waktu demi mengenal jejak langkah negeri sekaligus memaknai Hari Pahlawan Nasional Melalui pertunjukan Drama Musikal Khatulistiwa yang akan dipentaskan pada 19-20 November 2016 di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Sekaligus perlu diapresiasikan juga ternyata Drama Musikal Khatulistiwa pertunjukannya akan di dokumentasikan dalam bentuk DVD Film sebanyak 5000 keping untuk diedarkan ke Sekolah-sekolah mulai awal tahun 2017 bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan & Kebudayaan dan beberapa pihak pendukung lain.***

Biar tidak penasaran dengan drama musikal khatulistiwa, yuk lihat cuplikannya di channel saya :






Info lengkap Seputar Drama Musikal Khatulistiwa bisa simak di, websitenya: www.musikalkhatulistiwa.com dan tiketnya bisa di pesan saat ini juga di kiostix.com

Salam Drama Musikal

Sumber foto dok@cidyrus







10 komentar:

  1. Semoga 5000 DVD dokumentasibisa tersalurkan hingga pelosok ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener banget mba, semoga aja terealisasi

      Hapus
  2. Paten sangat visi dan misinya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mak, penantiannya aja 9 tahun......semoga terinspirasi

      Hapus
  3. Keren sangat ya acaranya, semoga bisa ikutan liat behind The scene dan pementasannya November nanti aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin juga mba Dewi, Saya juga pengen semoga aja ada tersisa tiketnya biar bisa nonton heee

      Hapus
  4. ahh keren drama musikalnya, kapan2 gw pingin ajak kenbre nonton.
    semoga tersalurkan ya 5000dvd sampai pelosok negeri, spy generasi bangsa pada tau sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  5. ya ampuuuunnn udah ga sabar bangeeet buat nontooon iniiii . Semoga raisa bisa nonton inii (((RAISA)))

    BalasHapus
  6. Niatan Ibu Tiara Josodirdjo mulia banget mau kerja keras buat bikin sesuatu yg besar buat Indonesia.

    BalasHapus
  7. Nice sharing, Mas Teddy. Yuk nonton bareng hehehe

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy