Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 04, 2016

Tips Motret Makanan Menggunakan Smartphone ala Food Blogger

Foto makanan dengan Teknik Top Shot menggunakan Smartphone | by cidyrus

Memotret pada umumnya semua orang bisa, namun memotret yang seperti apa yang dapat menghasilkan foto bagus yang dapat menceritakan pesan dari objek yang di potret.

Khususnya Foto makanan hampir semua orang pernah melakukannya dari yang cuma iseng-iseng hingga yang bener serius, apalagi semenjak kehadiran kamera pada ponsel ditambah pendukung aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram hingga Pats,  dengan mudahnya foto jepretan kita langsung dibagikan di media sosial. Bahkan hingga saat ini pun, kalau saya perhatikan seperti di restoran, cafe dll motret makanan sudah menjadi ritual kudu ( wajib) sebelum mencicipi makanannya. Apalagi setelah di share di media sosial yang ngelike foto makanan kita banyak, sudah pasti senang dan akhirnya ketagihan pengen foto lagi, ups pengalaman heeee.

Foto dengan Angel yang berbeda | by ruby

Foto makanan menurut saya gampang-gampang susah, berbeda dengan foto orang atau alam. Karena foto makanan susahnya saat mengambil angel atau komposisi yang dapat mewakili foto makanan terkesan menggoda selera orang yang melihatnya, lezat, enak, dan cocok. Selain itu saat ini food fotografi atau food blogger bisa menjadi hal yang menjanjikan, namun foto yang seperti apa yang menjanjikan tersebut?

Suasana Jenius Live x brightspot di Atrium Senayan City
Pengen tahu tips motret makanan menggunakan smartphone ala Food Blogger yang saat ini sudah menjadi passionnya. Kebetulan kemarin minggu (02/10) bertempat di Atrium Senayan City, Jakarta. Salah satu bank swasta di Indonesia ( btpn ) bikin acara kece yang bertemakan "Jenius Live X Brighspot Market of The Future" Yakni memperkenalkan gaya hidup baru kepada generasi digitally savvy dan socially connected dalam berbelanja, menikmati hiburan, serta cara mendapatkan inspirasi. Dan juga terobosan terbaru dari layanan perbankan digital dengan mudah, cerdas dan aman hanya satu genggaman saja kapan saja dan dimana saja yang diberi nama aplikasi "Jenius" yang dapat di unduh gratis di Google play dan Apple Store.

Sesi Takshow Jenius Way Fellexandro Ruby | Food Blogger
Nah, menjelang malam suasana mall sudah semakin rame pengunjung, kebetulan untuk sesi takshow selanjutnya menghadirkan Fellexandro Ruby seorang Food Blogger yang sudah ngeblog sejak 2009 untuk berbagi tips foto makanan. Menurutnya, " Semua orang bisa menjadi Food Blogger, Semua bisa dipelajari". Karena kecintaanya dengan masakan Indonesia dan memperkenalkan makanan Indonesia melalui foto, yang menjadikannya seorang Food Fotografi atau food blogger, tambahnya.

Tips menjadi seorang Food Blogger, Sebelum kita membuat konten, Alangkah lebih baiknya kita harus mengenal Audience dulu atau pembaca kita. Begitupun saat posting di Instagram, maupun blog jangan semuanya konten berbayar, gak bebas, ujar Ruby.

"Foto adalah sebuah pantulan cahaya menjadi sebuah karya Seni,by cidyrus"

Pencahayaan menjadi faktor utama untuk menghasilkan foto terbaik, untuk itu apabila ingin memotret makanan di tempat umum seperti restoran, cafe maupun tempat makan hal pertama yang harus dilakukan "berteman" dengan jendela untuk mendapatkan sumber cahaya alami dari matahari. Maksudnya kita bisa memilih meja makan untuk foto makanan yang dekat dengan jendela agar pencahayaan dapat maksimal dan hasilnya akan lebih baik.

Klo gitu, agar mengetahui dari mana arah cahaya gimana caranya ? Salah satunya kita bisa melihat dari bayangan dan objek yang terlihat lebih terang.

Sebelum lebih jauh membahas Tips foto makanan melalui smartphone ala food blogger ( Ruby), ada hal simpel yang terkadang terabaikan dan harus dipersiapkan sebelum foto makanan, yaitu
  1. Bersih - Bersih Lensa, agar hasilnya bagus
  2. Jangan di Zoom, Crop aja supaya hasil foto tidak pecah dan jadi tidak detail.
  3. Fokus sebelum jepret

"Shot Your Luch, Eat Your Dinner. by F Ruby"

Tips foto makanan melalui smartphone, sudah pasti kenali dulu kemampuan ponsel masing-masing apakah sudah memiliki pixel dengan kualitas baik maupun fitur-fitur kamera ponsel lainnya. Kalau sudah baik,  nih tipsnya sebagai berikut:

Foto 1 ((kiri) Foto 2 ( kanan) | by Ruby
  • Angel, Pada foto makanan penting karena menentukan cerita foto makanan. Contohnya seperti gambar foto di atas ini, kedua foto ini sama cuma yang membedakan angelnya. Foto 1 (kiri)  cerita sedang menyiapkan, dan Foto 2 ( kanan) Cerita makanan yang siap saji.
  • Cahaya, untuk menghasilkan foto makanan yang baik rumusnya ambil cahaya di mulai dari Kiri- Kanan- Belakang (KKB).
  • Pencahayaan tidak terlalu bagus, bisa menggunakan softbox sebagai pendukung.
  • Apabila ingin menggunakan lighting, agar cahaya tidak terlalu tajam bisa pakai kain untuk membuat cahaya lebih soft.
  • Foto makanan menggunakan cahaya flash tidak dianjurkan karena hasilnya terlalu "tajam".
  • Cahaya Putih  cocok untuk makanan yang Cool, sedangkan Cahaya Kuning cocok untuk makanan yang warm. 
  • Foto makanan dengan model, tergantung brief (klain). Namun ekspresi muka bisa lebih ditonjolkan.
  • Asap, untuk membuat foto makanan yang terlihat asapnya, gunakan background gelap supaya kelihatan asapnya atau bisa juga gunakan asap buatan.
  • Foto makanan selain rasa, bisa juga detail interior.

Dari semua tips di atas menurut Ruby, foto makanan lebih baik di sesuaikan dengan selera dan gaya masing-masing, kalau perlu ciptai trend sendiri.

Foto dengan memotret Top Shot atau memotret dari atas, Cara memotret makanan yang lagi trend saat ini. Contohnya foto daging di ambil dengan posisi top shot hasil akan lebih baik. Nah, untuk mengetahui foto yang sedang trend, bisa lihat di Instagram yang paling banyak sedang di upload orang, itu foto yang sedang trend.

Kesimpulannya untuk mendapatkan hasil yang bagus foto makanan menurut saya jangan takut untuk berekperimen dan yang paling teknik cuma dua yakni, Cahaya dan Angel selebihnya selera foto masing-masing. Sedangkan tips menjadi foodblogger harus Jujur dan personal karena selera makanan tiap orang berbeda-beda. Makanya kata "Cocok" lebih aman digunakan daripada kata "Enak" dalam mereview makanan, tambah Ruby. Semoga tips Memotret menggunakan smartphone dari seorang food blogger (Fellexandro Ruby) dapat dicoba dan bermanfaat.***

NB: Jenius adalah aplikasi revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit visa untuk mengatur Life Finance dengan cerdas, aman dan gak ribet. Keuntungan Jenius, Bebas biaya untuk semua transaksi ke sesama akun Jenius atau ke akun BTPN dan tidak ada saldo minimum. Untuk keterangan lengkapnya kunjungi jenius.com

Salam food blogger

Sumber foto dok pribadi @cidyrus



9 komentar:

  1. beruntung bisa datang di acara ini,
    kereeeenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas Agung setidaknya kita jadi tau teknik foto makanan

      Hapus
  2. Bener sih ya, shoot your lunch - eat your dinner, scr terkadang kl malam cahayanya suka minim, walau sudah pake lampu haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haa... makanya mas Tio klau mau makan terutama malam harus bwa lampu sendiri biar cahayanya ok

      Hapus
  3. nice sharing nih, kebetulan modal buat foto smartphone hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup mba Eni, biar fotonya makin kece :)

      Hapus
  4. Tip fotonya keren, sesuai kebutuhan blogger.

    BalasHapus
  5. Keren banget kak fotonya :D bagi tips dong :3

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy