Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 01, 2016

Pentingnya Membangun Personal Branding " The Power Of Content"


Gathering Serempak di Kampus Binus FX Senayan Jakarta

Kamis pagi (26/10) kampus Binus FX Senayan Jakarta, yang kebetulan berada di dalam mall tidak seperti biasanya pagi-pagi sudah diramaikan oleh para blogger yang mengenakan pakaian khas dari berbagai daerah, selain pengunjung mall mahasiswanya udah pasti heran ada apa yah? ternyata ada acara Gathering Serempak (Seputar Perempuan dan Anak ) yang kebetulan tempatnya di kampus Binus.  Binus sangat menudukung terhadap program dari IWITA, dan berharap dalam acara ini untuk bisa berbagai knowledge, ujar perwakilan tuan rumah (Binus) Ibu Rini.

Acara gathering serempak yang Bertepatan dengan Hari Blogger Nasional mengangkat topik "The Power of Content" dengan pembicara Ibu Ratna dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (KPPPA), Kang Maman Penulis Buku Best Seller, Ibu Ina.A.Murwani, MM. MBA dari Deputy Head of Marketing Binus Bussness School Jakarta, Pak Irwinday dari Nawala sekaligus praktisi IT, Ibu Martha Simanjuntak, SE.MM Selaku Ketua Pokja Serempak & Founder IWITA ( Indonesia Women IT Awernes) dan Teh Ani Berta yang sudah tidak asing lagi bagi para Blogger sekaligus Sosial Media Aktivis & Sekretaris Jenderal IWITA.

Ibu Ratna dari KPPPA
 
Acara yang dipandu oleh Mas David Maradona dari serempak dan dibuka langsung oleh Ibu Ratna dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Menurutnya  "Kalau kita berbicara mengenai perempuan, kita bicara mengenai kekuatan".


3ends bertujuan untuk mengakhiri dan meminimalkan kekerasan pada perempuan dan anak-anak. Ibu Ratna berharap, blogger dapat menyebarkan virus-virus positif seputar Perlindungan perempuan dan anak.

Ibu Martha Simanjuntak Selaku Ketua Pokja Serempak & Founder IWITA

lalu Ibu Martha Simanjuntak Selaku Ketua Pokja Serempak & Founder IWITA, menambahkan serempak bukan proyek tapi organisasi non profit dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Selanjutnya Kang Maman sharing dengan masalah Perempuan, menurutnya Perempuan itu di citrakan dalam 5 P, yaitu Pigura, Peraduan, Pilar, Pergaulan dan Pinggan. Korban kekerasan perempuan masih di angka tertinggi, permasalahan perempuan bukan masalah perempuan tapi masalah kemanusiaan. 

3ends: Kekerasan Seksual, Perdagangan Perempaun dan Anak, Kesenjangan gender.

Sebagian besar kekerasan seksual adalah orang terdekat disekeliling kita, ujar kang maman.Makanya “Isu wanita dan Anak bukan lagi problem milik wanita dan anak, tetapi milik kita semua” 

Setelah kang Maman dilanjutkan,  Ibu Ina.A.Murwani, MM. MBA dari Deputy Head of Marketing Binus Bussiness School Jakarta, yang akan sharing betapa Pentingnya Personal Branding untuk blogger.


Personal Branding, Branding seorang blogger adalah sebuah identitas yang membedakan blog kita dengan blog yang lain. Makanya kita harus membranding diri kita sendiri, agar mudah di kenal dan pastinya diigat orang lain. 

Seperti Pribahasa: Gajah mati meninggalkan Gading, 
Harimau mati meninggalkan Belang, 
Blogger Almarhum meninggalkan Tulisan.

Ibu Ina.A.Murwani, MM. MBA dari Deputy Head of Marketing Binus Bussness School Jakarta

Ada 5 aturan untuk branding, menurut Ibu Ina

Pertama, Target Audience:
Kenali target tulisan atau siapa pembaca kita, trus pilih tema blog yang sesuai ? Ini penting supaya bisa menyeleksi tema tulisannya dan tulislah sesuatu yang mereka ingin baca.

Kedua, Theme, Write:
temukan tema yang sesuai lalu fokus dengan tema tersebut dan konsisten Setelah itu bangun personality.

Salah satu contoh blog yang sudah punya target pembaca dan personal branding www.8bitdad.com yakni blog tentang parenting dari sudut seorang ayah dan www.migrationology.com blog tentang traveler

Tiga, Blog Name:
Pilih nama Blog yang sesuai, usahakan nama yang unik trus mudah diingat orang lain.

Empat, Color, Font, Logo & Tagline:
pilih warna, jenis fonts, logo, dan buat tagline. Warna blog memiliki arti, bisa menentukan isi blog

Arti Warna bagi Blog | image by Adeanita


Lima, Image, Photograph Wisely:
Pemilihan gambar pada blog dapat mengundang pengunjung, gunakan image atau gambar yang baik dan bagus. Agar lebih menarik di baca.

Enam, Invest to Build your Brand:
Apabila sudah memiliki dana Investasi blog kita dan bangun brand

Setelah Investasi Blog mulai dengan branding, ada caranya memasarkan brand nih 5 tipnya: Write, Sosial Media is your friend, Comment, Advertise & Use Analytics and SEO.

Cara membrandingnya pertama melalui tulisan, lalu berbagi lewat Media Sosial, Jangan lupa Komen di blog orang lain (tinggalkan Jejak link blog) , trus Pasang Iklan dan Cek AnalyticsNya supaya tahu siapa saja pengujung blog kita, terakhir gunakan SEO ( Search Engine Optimation ).

Bicara soal branding di atas tentunya harus menentukan satu tema pilihan pada blognya, Bagaimana dengan tema yang blognya campuran atau gado-gado seperti punya saya :) menurut ibu Ina, Tidak masalah asalkan harus dikuatkan dengan konten apa yang kita gemari dan memunculkan ciri khas kita. Selain itu atur headline seperti di media mainstream.

Teh Ani Berta Blogger Sosial Media Aktivis & Sekretaris Jenderal IWITA.

Setelah tadi betapa pentingnya personal branding bagi blogger dari ibu Ina, dilanjutkan sharing yang tidak kalah seru dari Teh Ani Berta dengan Judul “Update Soon For The Best Content”.

Menurut saya salah satu membangun personal branding dengan konsisten contohnya Yah, Teh Ani Berta yang sudah ngeblog sejak 2008 , berkat konsistensinya jadi pembicara di forum Internasional , kontributor di KPPPA dan saat ini menjadi Sekjen IWITA , pencapaian yang luar biasa tentunya.

Menurutnya Blogger adalah pengisi konten yang bermanfaat untuk di baca orang lain, jadi kalau diundang ke acara jangan lupa menulis reportasenya.

Reportase event sebaiknya 2 hari setelah event agar blog tetap aktual, terutama jika infonya bermanfaat bagi banyak orang. Lalu jangan lupa 5W 1H nya.

Blogging bukan sekedar menulis, maka lengkapi juga blog dengan foto-foto bahkan video dan infografis.

"Ada titik jenuh saat menulis, maka carilah suasana baru, buat pilihan dan Prioritas.” by Ani Berta

Sebelum mengakhiri sharingnya, Teh Ani mengajak untuk membuat konten yang bermanfaat salah satunya tentang perempuan dan anak.

Pak Irwindey, Praktisi IT dan Pendiri Nawala

Pembicara terakhir Pak Irwindey, selain Praktisi IT dan pendiri Nawala beliaupun ternyata blogger, mengawali isi blognya dengan kesukaan saat membuka Warnet. Menurutnya blog itu sangat personal, Jangan sampai menuliskan sesuatu yang tidak suka.

Tantangan pertama menulis adalah bagaimana menemukan ide tulisan yang menarik, setelah itu idenya harus original dan unik.

4 poin penting membuat konten menarik menurut Pak Irwin :
Usahakan ada factor Mendidik, berisi Informasi menarik, Menghibur dan Menginspirasi.

Pemberian Cenramata Kepada Narasumber

Acara gathering serempak diakhiri dengan pemberian cendramata bagi para Narasumber.

Nih Pemenang The Best Dresscode di Acara Gathering Srempak | image by Gitasiwi
 
Waktu sampai tidak terasa, karena banyak ilmu yang bermanfaat dan menarik terutama soal branding yang saya dapat hari itu karena blog saya sendiri masih gado-gado. Terima kasih untuk KPPPA dan IWITA untuk acara Gathering Serempaknya dan Kampus Binus FX yang sudah menyediakan tempatnya semoga terus diadakan dengan topik yang lebih menarik lagi pastinya dan tidak lupa juga mari kita dukung bersama-sama program 3ends plus dari KPPPA bagi perlindungan perempuan dan anak Indonesia.***

Salam Blogging 



0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus