Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 01, 2017

Taman Literasi Keuangan, Taman Bermain dan Belajar Anak Mengelola Uang

Boneka Cha Ching di Taman Literasi Keuangan | foto by Unggul

Keberadaan taman kota sebagai ruang terbuka hijau diperkotaan, tentunya sangat penting sekali selain sebagai resapan air maupun cadangan oksigen, keberadaannya bisa menjadi tempat berinteraksi sosial dan rekreasi keluarga.

Sebagai orang Jakarta, Pastinya tahu dong Taman Mataram yang berada di daerah kebayoran baru, Jakarta Selatan. Nah, Taman Mataram yang merupakan fasilitas publik buat keluarga telah di sulap menjadi Taman Literasi Keuangan yang merupakan program CSR dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) untuk pendidikan.

Taman yang bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Fakultas Arsitektur Lansekap & Teknologi Universitas Trisakti.

Pengunjung yang datang ke taman tersebut, tentunya dapat menikmati ruang terbuka hijau yang lebih nyaman bersama keluarga sekaligus meningkatkan pemahamannya mengenai literasi keuangan melalui permainan edukasi yang telah disediakan.

Game Board Cha Ching di Taman Literasi Keuangan | foto by Zata ligouw

Permainan yang telah disediakan seperti:

  • Game Board Cha Ching, permainan ini bertujuan melatih mengelola transaksi keuangan dengan bijak.
  • Mencocok Kartu Asuransi, permainan ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang asuransi sebagai bentuk proteksi.
  • Rambu-rambu Pengelolaan Uang
Selain itu, terdapat 8 Signage yang berisi tips pengelola keuangan yang terpasang di taman, dengan adanya fasilitas permainan edukasi harapannya taman tersebut selain buat rekreasi keluarga bisa berguna untuk sarana pendidikan keuangan bagi generasi muda.

Salah satu papan edukasi di taman literasi keuangan | foto by Yayat

Saya sendiri penasaran kenapa dinamai dengan Taman Literasi Keuangan, setelah saya browsing menurut wikipedia.co.id pengertian Literasi itu sendiri adalah pengetahuan atau kemampuan untuk mengelola keuangan, sedangkan menurut OJK Literasi Keuangan adalah rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, & keterampilan konsumen dan masyarakat luas sehingga mereka mampu mengelola keuangan dengan baik.

Paul Manduca, Chairman of Prudential plc

Jakarta, (30/03) Mr. Paul Manduca selaku Chairman of Prudential plc (Prudential Group in London), baru saja mengunjungi ke Taman Literasi Keuangan- Taman Mataram, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Menurutnya, " Saya salut kepada Prestasi Junior Indonesia atas pengubahan taman yang dulunya biasa saja menjadi taman literasi keuangan yang dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Pembangunan taman ini juga merupakan komitmen kami untuk banyak melakukan kontribusi kepada masyarakat" ujar Paul.

Beliau pun menambahkan, " Taman Literasi Keuangan ini merupakan salah satu dari ribuan projek kami diseluruh dunia yang berkolaborasi dengan lembaga swada masyarakat (LSM) lokal".



Acara yang di hadiri oleh Adik-adik SD Selang 4 dan Kakak-Kakak SMK 15 meramaikan acara penyambutan saat itu. Selain itu dihadiri juga Siddharta Moersjid selaku Advisory board member PJI, Rob Gardier selaku Management Advisor PJI,  Sean Rach, Chief Marketing  officer Prudential Corporation Asia dan Nini Sumohandoyo selaku Corporate Marketing & Communication Director Prudential Indonesia.


Semoga dengan adanya Taman Literasi Keuangan yang merupakan taman pertama di Indonesia, Masyarakat bisa menjadi tempat rekreasi murah meriah bersama keluarga sambil bermain dan belajar mengenai pengelolaan keuangan dengan bijak sejak dini.***

Biar nggak penasaran, yuk ajak keluarga main ke Taman Literasi Keuangan- Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

8 komentar:

  1. Seru, belajar soal keuangan sambil hidup udara segar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya coba kalau tamannya deket rumah, asik nih

      Hapus
  2. Wah asik nih yang rumahnya dekat sini bisa sering main ke sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya sya juga gtu mba, bisa jdi rekreasi yg murah meriah sambil bermain dan belajar....heee

      Hapus
  3. keren ya tempatnya, edutainment-nya dapet. pengen ah ngajak anak2 ke #TamanLiterasiPRU ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, sama sy juga pengen ajak keluarga kesana

      Hapus
  4. Siiip dahulukan dulu kebutuhan yaaa

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus