Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 29, 2017

Kenali Gejala Gangguan Tiroid Sejak Dini, Jangan Sepelekan!


"Kenali Gejala Awal Periksakan Dan Berobat Segera"
judul dari buku saku waspada gangguan tiroid tersebut saya dapatkan pada saat mengikuti seminar kesehatan (26/05) atas undangan komunitas blogger cihuy yang diadakan oleh KemenkesRI di Aula Siwabessy Gedung Prof Sujudi Kemenkes, Jakarta dalam rangka memperingati Hari Tiroid Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 25 Mei.

dr Lily S Sulistyowati MM, Membuka Seminar Pekan Kesadaran Tiroid Internasional

Acara yang dibuka langsung oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dr.Lily S. Sulistyowati, MM.

Menurutnya tahun ini Pekan Kesadaran Tiroid Internasional mengambil tema "Bukan Karena Anda, Tetapi karena Tiroid Anda". Tambah ibu Lily, acara seminar ini merupakan wujud kepedulian Kementrian Kesehatan RI atas Kesadaran Masyarakat.

Kenapa saya awali dengan judul buku saku waspada gangguan tiroid. Karena Indonesia, termasuk negara gangguan Tiroid tertinggi se- Asia Tenggara. Kok bisa, karena hampir 30% penduduk Indonesia belum paham, Apa itu gangguan Tiroid?

Sebelum saya bahas lebih jauh tentang gangguan tiroid, Tentunya harus tau dulu apa itu Kelenjar Tiroid?

Sumber Gambar Buku Saku Waspada Gangguan Tiroid KemenkesRI

Kelenjar Tiroid atau lebih dikenal Gondok adalah kelenjar hormon berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan bawah leher. Tugasnya menghasilkan hormon tiroid yang akan dibawa oleh darah ke seluruh jaringan tubuh. Hormon ini dibutuhkan untuk memastikan jaringan dan organ tubuh bekerja dengan benar.

Fungsi Hormon Tiroid

  • Membantu tubuh menggunakan energi agar tetap hangat
  • Memprngaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh kita
  • Untuk kerja otak, jantung, otot dan organ lainnya
  • Untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang pada anak.

Apa yang menyebabkan gangguan tiroid?

Ada 2 tipe utama gangguan tiroid. Hipotiroid dan Hipertiroid, keduanya memiliki penyebab dari gejala yang berbeda.

Hipotiroid
Kelenjar tiroid yang kurang aktif terjadi apabila kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Artinya sel tubuh tidak mendapatkan hormon tiroid uang cukup untuk bekerja dengan baik dan metabolisme tubuh pun melambat.

Gejala dan Tanda Hipotiroid

  • Gejala: Lemah, lelah, ngantuk, kurang konsentrasi, sulit buang air besar, gangguan penglihatan, kurang tenaga, tidak tahan dingin, nyeri sendi, kesemutan dan suara serak.
  • Tanda : Nadi menurun, Bengkak pada muka dan kaki, Berat Badan Naik, Pembesaran Kelenjar tiroid dan gangguan menstruasi.

Hipertiroid
Kelenjar tiroid yang terlalu aktif, terjadi ketika kelenjar melepaskan terlalu banyak hormon dalam aliran darah sehingga mempercepat metabolisme tubuh.

Gejala dan Tanda Hipertiroid

  • Gejala : Mudah Marah/Emosional, Sulit tidur, Sulit konsentrasi, Tidak tahan panas, berdebar, banyak makan tetapi berat badan tidak bertambah, berat badan menurun dengan cepat.
  • Tanda : Mata melotot, Nadi Cepat, Keringat Berlebihan, Gemetar, Pembesaran kelenjar tiroid, dan gangguan menstruasi.
Sumber Buku Saku Waspada Gangguan Tiroid KemenkesRI

Perlu diketahui juga, gangguan tiroid dengan gondongan ternyata berbeda. Gondongan adalah infeksi pada kelenjar liur sedangkan gangguan tiroid adalah gangguan pada kelenjar tiroid.

Bagaimana dengan memasak yang menggunakan garam beriodium apakah sudah bisa terhindar dari gangguan tiroid, Faktanya tidak semua gangguan tiroid disebabkan karena kekurangan iodium.

Tubuh kita pun, tetap harus mengkonsumsi yang mengandung iodium jangan sampai kekurangan. Iodium diperlukan untuk membentuk hormon tiroid. Kekurangan iodium menyebabkan produksi hormon tiroid tidak cukup, berdampak pula pada tumbuh kembang anak dan bumil.

Para Pembicara Saat Seminar Pekan Kesadaran Tiroid Internasional

Penyerahan Simbolis Buku Pedoman waspada gangguan Tiroid oleh dr. Lily S


Bagaimana sekarang sudah tahu kan gangguan tiroid dan gondongan, Jangan sepelekan hormon tiroid pada tubuh kita karena dapat diderita oleh siapa saja, termasuk kelompok usia dewasa/produktif bahkan pada ibu hamil dan usia lanjut.

Untuk itu mari kita Waspada; Cegah, Diagnosa Dini dan Segera Obati.

Cegah:
  • Dengan melakukan Skrining Hipotiroid Kongenital untuk selamatkan generasi penerus bangsa
  • Kenali Gangguan tiroid dan gejalanya
Diagnosa Dini :
  • Skrining pada bayi baru lahir dalam 48 jam kelahiran
  • Konsultasikan ke dokter bila menduga ada gangguan tiroid
  • Pemeriksaan darah, cara mudah untuk mendiagnosa
Segera Obati :
  • Gangguan Tiroid umumnya kondisi seumur hidup, namun bisa ditangani dengan pengobatan yang baik sejak dini.
  • Pengobatan gangguan tiroid tidak mahal dan efektif.


dr Lily pun menambahkan saat mengakhiri acara seminar, "Mengajak masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan CERDIK yakni Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres". Dengan berprilaku CERDIK, semakin besar kesempatan kita untuk terhindar dari berbagai penyakit.***

Semoga Bermanfaat

Foto dokpri

2 komentar:

  1. Masyarakat memang harus CERDIK agar tidak ada lagi kematian dan anak-anak cacat fisik yang disebabkan Tiriod

    BalasHapus
  2. Semoga kita semua dihindarkan dari gangguan tiroid ya mas.

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy