Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 10, 2017

100 Netizen Ngobrol Pancasila Bareng MPR RI


100 Netizen Sangat Antusias menghadiri acara Ngobrol santai bareng MPR RI

Bicara Pancasila, Apa sih yang ada di benak kalian pertama kali?....Klo buat saya Bhineka Tunggal Ika.

Dulu waktu jaman saya masih duduk di bangku sekolah dasar, belum banyak channel di televisi, ya hanya ada TVRI (Televisi Republik Indonesia) stasiun televisi yang selalu menyanyikan lagu-lagu nasionalis salah satu diantaranya adalah lagu Garuda Pancasila.

Dari setiap bait lagu sangat mengena untuk kita cerna sebagai bangsa yang kaya dengan keberagaman adat budaya serta suku bangsa. Ya, saya bangga menjadi orang Indonesia. Dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua" ya kata-kata itulah yang selalu teringat dalam ingatan saya dalam pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) waktu masih dibangku sekolah.

Nusantara V Gedung MPR RI Jakarta

Senin, 5 Juni 2017 bertempat di ruang Delegasi Nusantara V dalam rangka memperingati kelahiran Pancasila Ke 72, saya mendapat kesempatan untuk menginjakkan kaki pertama kalinya di gedung MPR RI bersama 100 netizen lainnya suatu kehormatan bisa hadir dan bertemu langsung dengan ketua MPR RI, Zulkifli Hasan beserta Sekjen MPR RI, Ma'ruf Cahyono.

Acara ngobrol santai bareng MPR RI sekaligus buka bersama ini mendapat antusias dari para netizen/blogger yang hadir dimana bagi saya pribadi acara ini mengingatkan kembali akan dasar Negara kita yaitu Pancasila.

Sila Pancasila :
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Sebenarnya sedih juga kalau melihat di media sosial belakangan ini yang saling tuding, bertengkar...., padahal dari kecil sudah ditanamakan jiwa Pancasila. Pancasila itu mengajarkan kita untuk saling gotong royong, kerjasama dan kasih sayang.

Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Zulkifli Hasan yang mengajak kita untuk menggunakan media sosial untuk merangkul bukan memukul.

Beliaupun menambahkan, "Pancasila itu Gotong Royong, Kekeluargaan, dan Kasih Sayang, Jadi Pancasila adalah Cinta Kasih ", ujar Pak Zul.

Ma'ruf Cahyono, Sekjen MPR RI

Selain itu benar juga apa yang disampaikan oleh Bapak Ma'ruf Cahyono saat acara kemarin agar kita jangan hanya membunyikan Pancasila, tapi juga membumikannya.

Pak sekjen pun menambahkan, Perlunya memahami 4 Pilar ( Pancasila, UUD'45, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) untuk diterapkan dalam Kehidupan sehari-hari.

Sebagai penutup acara ngobrol bareng MPR RI, Pak Sekjen menutup dengan sebuah puisi, salah satu bunyinya

"........Kita Lahirkan Kembali, Kita Bumikan, dan Kita Bunyikan dalam setiap Jiwa dan Raga Manusia Indonesia ".

Semoga dengan memperingati kelahiran Pancasila, 1 Juni yang ke 72 ini, Kita sebagai bangsa yang besar dengan beraneka ragam budaya, suku dan bahasa . Yuk, Kita bersama-sama tanamkan kembali dalam diri masing-masing untuk saling menghormati, mencintai serta menghargai. Sekaligus lebih dipahami isi dari butir pancasila yang mempersatukan kita meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

#IniBaruIndonesia

Liat Juga Reportasenya di My Channel :


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy