Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 20, 2017

Melihat Dapur Produksi Mobil Toyota di TMMIN Plant 1 Bersama Mobil123


Para Blogger Antusias Melihat Dapur Produksi Mobil Toyota Innova dan Fortuner di TMMIN Plant 1 Karawang 

Rabu (18/10) merupakan hari yang begitu melelahkan tapi seru dan pastinya menjadi pengalaman berharga buat saya sebagai Blogger karena bisa berbagi cerita ke teman-teman di catatan cidyrus, apalagi buat saya pertama kalinya bisa melihat secara langsung proses perakitan mobil yang mana tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut.

Otw Kawasan Industri Karawang

Singkat cerita, Pagi-pagi kami para blogger #sobatISB sudah berkumpul (meeting point) di kantornya Mobil123 yang merupakan Portal Otomotif No.1 di Indonesia. Kami berangkat menggunakan Bus ke kawasan Industri Karawang -Jawa Barat, untuk menuju sebuah Pabrik Mobil asal Jepang yang menjadi salah satu favorit mobil keluarga di Indonesia ( Toyota ). Kebetulan kesempatan kali ini kunjungan ke PT.Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Plant 1&2 khusus menangani produksi dan ekspor, sedangkan untuk penjualan domestik diserahkan ke PT. Toyota Astra Motor.

Sambutan Management TMMIN Karawang

Saat tiba kedatangan rombongan teman-teman blogger disambut dengan hangat dan ramah oleh tuan rumah TMMIN Karawang, acara bertajuk "Plant Tour", tentunya menjadi kehormatan buat kami (blogger) bisa melihat secara langsung proses produksi Mobil Toyota khususnya Innova dan Fortuner dari mulai Lembaran Baja hingga menjadi 1 unit Mobil yang siap dipasarkan.

Pabrik TMMIN 1 & 2 memiliki luas area +/- 100ha dan bangunannya hanya 70ha dengan jumlah karyawan 6 ribu terbagi 2 shift Pagi dan Malam, Sedangkan operasionalnya Senin hingga Jumat. Melihat areanya yang begitu luas tentunya tidak memungkinkan untuk mengelilingi keseluruhan Pabrik Toyota, karena waktu yang terbatas tournya hanya di Plant 1, yang di khususkan produksi Mobil Innova dan Fortuner apalagi produk tersebut merupakan terpopuler yang banyak diminati masyarakat Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Makin penasarankan dapurnya seperti apa! Sabar yah 😁

Sudah Safety Siap Melihat Dapur TMMIN Plant 1

Sebelum Plant Tour, kita diberikan arahan terlebih dahulu yang harus di patuhi selama tour seperti tidak boleh berbicara dengan operator, tidak boleh masukan tangan ke dalam saku celana saat berjalan, dan yang terpenting bahkan sudah menjadi budaya TMMIN kalau melintas/menyebrang harus pastikan aman tunjuk kiri kanan dan depan, sekaligus perlengkapan Safety seperti: safety glass, helmet dan guide phone.

Budaya Toyota Yang perlu di Apresiasi 

Setelah perlengkapan Safety sudah dikenakan, tanpa menunggu lama kami pun langsung beranjak menuju area produksi. Berhubung memasuki kawasan steril jadinya tidak bisa masuk bersama-sama ke area produksi, maka dibagilah dua group kebetulan saya di group pertama.

Para Blogger Antusias Mendengarkan Penjelasan dari Pak Susilo saat memasuki proses Assembling Shop

Proses Produksi terbagi menjadi 4 tahap , antara lain: Press, Welding, Painting, Assembling dan Quality ( Final Check).

1. Press Shop


Tahap Pertama 

Merupakan tahap awal proses produksi, dalam proses ini berawal dari sebuah lembaran baja dengan berat material 370kg yang dibutuhkan untuk membuat 1 unit mobil lalu di cetak untuk dijadikan komponen bodi yang terpisah.

2. Welding Shop


Tahap kedua 

Proses selanjutnya penggabungan / menyatukan bagian bawah dan atas bodi dengan cara pengelasan lebih dari 3000 titik pengelasan dalam 1 unit mobil Toyota. Menghabiskan 3400 spot, 65 Meter, 450 part.

Saat Proses welding sebagain sudah menggunakan tenaga robot, ini agar tingkat akurasinya lebih tepat dibandingkan dengan cara manual. TMMIN Plant 1 menggunakan 26 robot sedangkan di Plant 2 menggunakan 56 robot.

3. Paint Shop
Dalam proses ini terdapat 12 proses yang harus dilakukan, dimulai dengan cairan khusus untuk membilas gram sisa pengelasan hingga pengecekan akhir. Tahap proses painting: Clear, Base Color, Primer, Ed Cod, Plate.

Proses pengecetan dengan cara mobil di celupkan dengan volume 1500 liter untuk Toyota Innova menghabiskan 13 liter sedangkan Toyota Fortuner menghabiskan 13,5 hingga 14 Liter.

4. Assembly Shop


Tahap Empat

Tahap selanjutnya, tempat penyempurnaan mobil Toyota semua komponen yang dibuat di shop dikumpulkan dan disatukan. Untuk Toyota Innova ,2500 part, Main Part 1100.

5. Quality (Final Check)


Tahap Terakhir

Tahap terakhir proses produksi, setelah semua komponen dipasang di assembly Shop kemudian dilakukan Final Check (Inspection) seperti Interior, Eksterior, Color Matching, Room, Tester Rem, Speed dll.

Untuk tahap Final Check ini, operator sudah mengantongi Sertifikat. Tiap produk dan tipe tentunya berbeda-beda jumlah pengecekannya untuk Toyota Innova ada 3900 point check.

Setelah melihat dan merasakan langsung aktifitas produksi di dapurnya TMMIN Plant 1, tahap demi tahap ternyata proses produksinya tidak semudah yang dibayangkan, Semua butuh ketelitian, tenaga dan waktu pastinya. Tahapan proses dari awal hingga akhir saja untuk 1 unit mobil Toyota menghabiskan waktu 22 jam/hari.


Produksi Di TMMIN Plant 1 & 2 Karawang

TMMIN Plant 1 Karawang , mengawali produksi tahun 1998 dengan produksi Mobil Kijang Innova dan Fortuner, kapasitas produksi Per Tahun 130.000 unit. Sedangkan Plant 2, Awal produksi tahun 2013 dengan produksi mobil Etios Valco, Vios & Limo, Yaris dan Sienta. Kapasitas produksi Per Tahun 120.000 unit.

Paparan dari Pak Bactiar  TMMIN 

"Hingga saat ini 2017 total produksi sudah mencapai 3300 Juta Unit. " Ujar Pak Bactiar saat sesi Q.A setelah plant tour.

Display Toyota Fortuner dan Innova yang mau di ekspor

TMMIN Karawang sebagai perusahaan manufaktur berkelas dunia berkomitmen untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik, dengan konsep "Built in Quality & Just in Time". Makanya tidak aneh kalau TMMIN sudah 7x meraih penghargaan sebagai perusahaan eksportir terbaik dari Kementrian Perdagangan RI sejak 2008 hingga 2016.

Tentunya kita harus mengapreasi mobil Toyota yang di produksi TMMIN Plant 1 & 2 Karawang ternyata bukan hanya untuk pasar lokal saja namun 60%  eksport ke 80 negara, seperti Argentina, Venezuela, Nigeria, Chana, Afrika Selatan, Philipina, Malaysia, Thailand dan masih banyak lagi.

Penyerahan Cendramata (kiri) Indra Prabowo, Mobil123 (kanan) Anang Sayogo TMMIN

Akhirnya waktulah yang mengakhiri kami para blogger dan mobil123 di TMMIN Plant 1 Karawang untuk kembali Ke Jakarta, Acara ditutup dengan pemberian cendramata oleh Anang Sayogo dari TMMIN kepada Indra Prabowo, selaku Managing Editor Mobil123 .***

Foto by @cidyrus


6 komentar:

  1. sesuatu banget bisa ikut acara kemaren, jadi bisa lebih tahu proses pembuatan mobil dari a hingga z :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Rul, selama ini cuma bisa liat dan tinggal duduk manis di mobil, sekarang jadi tahu betapa rumitnya dan teliti proses pembuatan mobil

      Hapus
  2. ya ampun, kakak teddy lengkap ya ulasannya. sungguh waw.
    ini yang kamu lagi kerjain kemarin di kokas kan ya? hahahaha

    btw, kakak teddy kamu sebelah aku kok nggak minta foto bareng sih?

    BalasHapus
  3. Proses pengerjaan yang sangat detail. Pantesan beli mobil mahal :((
    Tapi kalo Toyota terjaminlah kualitasnya

    BalasHapus
  4. produk Toyota populerrrrrr....dan bisa blusukan ke pabriknya itu sesuatuhhhh :D

    BalasHapus
  5. Seru bgt main ke sana, jadi pengen lagi... Hehe

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus