Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Februari 10, 2018

Melihat dan Merasakan Keunggulan Mitsubishi Xpander Langsung di MMKI Plant Cikarang

Process Quality Control Xpander at MMKI Plant  |by MMKI

Xpander Your Next Generation MVP, Sebagai Identitas Baru Mitsubishi Motor dengan desain Attractif dan Dynamic, Lebih dari 50 ribu telah dipesan. 

Mobil asal Jepang yang sama-sama kita tahu merajai dunia pasar otomotif di Indonesia, salah satunya Mitsubishi. Mendengar mobil Mitsubishi buat saya sudah tidak asing lagi apalagi bagi pecinta otomotif khususnya di dunia balap rally dan dakar Mitsubishi paling tangguh di kelasnya.

Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, kalau bicara soal minat mobil mayoritas orang Indonesia didominasi kendaraan yang bisa muat penumpang banyak atau biasa disebut mobil keluarga. Mitsubishi Motor sendiri hadir di Indonesia sudah sejak 1970an, melihat permintaan akan mobil keluarga atau disebut MPV begitu tinggi. Pada pameran otomotif terbesar di Indonesia GIIAS 2017 lalu, Mitsubishi Motor memperkenalkan kepada masyarakat mobil small MPV ( Multi Purpose Vehicle ) yakni Xpander dengan selogannya Your Next Generation MPV .


Rifat Sungkar, Menjelaskan Keunggulan dari Xpander | dokpri

Kehadiran Xpander langsung disambut baik, tercatat saat launching bulan September 2017 kemarin hingga kini lebih dari 50 ribu unit sudah dipesan. Sebagai pendatang baru mobil Keluarga di Indonesia atau MPV, " Mitsubishi Xpander didesain khusus untuk market Indonesia, agar generasi sekarang bisa menikmati berkendara secara nyaman", ujar Rifat Sungkar, Pereli Nasional.

Sebagai pembalap Rally Nasional, dengan segudang prestasinya menurut Rifat Mitsubishi Xpander memiliki keunggulan mulai dari desain yang futuristik dan atraktif hingga kenyamanan dalam kabin maupun saat melakukan hadling terasa nyaman dan stabil.

MMKI Plant Cikarang | by MMKI

Pada hari Rabu (07/02) PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI ) mengundang teman-teman Jurnalis, Blogger dan komunitas bertajuk #XpanderPlantTour untuk melihat secara langsung fasilitas dan proses produksi khusus nya Mitsubishi Xpander.

Kebetulan saya dan teman-teman blogger ISB ( Indonesia Social Blogpreneur ) bersama Portal Otomotif No.1 di Indonesia mobil123, mendapatkan kesempatan mengunjungi pabrik yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada April 2017 lalu, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia ( MMKI ) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Merupakan pabrik terbesar ke empat di seluruh dunia yang dimiliki Mitsubishi Motor dengan luas 51 hektar yang dapat menyerap tenaga kerja hingga 12 ribu orang.

Mr Kyoto Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) 

Saat tiba di pabriknya Mitsubishi kawasan industri Cikarang, kita langsung disambut oleh jajaran management MMKI sekaligus dihadiri juga Ambassador Mitsubishi Motor Indonesia, Rifat Sungkar. Acara yang dibuka langsung oleh Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Mr Kyoto Kondo, tentunya menjadi suatu kehormatan buat kami para blogger saat kunjungan ke MMKI Cikarang.



MMKI, Pabrik dengan standar kualitas global dan peralatan modern yang berteknologi tinggi, tentunya tiap proses produksi semakin teliti dan akurat. Selain itu, MMKI yang dikhususkan memproduksi mobil Pajero , Xpander dan L300 mampu memproduksi 160 ribu unit per tahunya, bahkan tahun ini 2018 akan expand dengan pasar yang semakin luas hingga export ke kawasan ASEAN seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia dan juga negara-negara di Amerika Selatan. Produksi akan meningkat hingga 240 ribu pertahunnya.

Sebelum Acara Xpander Plant Tour kita mendapatkan safety Induction selama kunjungan ke area produksi dan Penjelasan singkat keunggulan dari Xpander oleh Rifat Sungkar.

Menurutnya, Xpander menghadirkan dengan konsep Identitas baru dari Mitsubishi Motor yang terlihat langsung dari desain lampu depan yang atraktif. Walaupun mobil dengan tipe MPV namun terlihat elegant.

Mitsubishi Xpander Varian Ultimated  A/T | sumber mitsubishixpandercom


Xpander yang memiliki tenaga mesin 1500 CC dengan standar emisi EURO 2 ditambah desain kombinasi antara tipe SUV dan MPV menjadikan keunggulan dibanding tipe sekelasnya, keunggulan lainnya antara lain:

Keunggulan Mitsubishi Xpander,
  1. Desain Attractif dan Dynamic, Posisi lampu di bawah bamper bukan karena rendah tapi futuristik sehingga seperti rendah, padahal untuk penerangan lebih maksimal. Samping mengadopsi konsep Floating Roof ada garis Hitam agar memiliki impresi yang positif dan terkesan lebih luas. 
  2. Sistem Suspensi yang mengadopsi teknologi Lancer EVO X tentunya saat handling akan terasa nyaman dan stabil.
  3. Keamanan, sudah tidak diragukan lagi memiliki dual airbag di semua varian, sabuk pengaman ( seatbelt ) baik pengemudi maupun penumpang kursi belakang sudah tersedia di tiga titik. Sekaligus terpasang teknologi ESS ( Emergency Stop Signal), ASC ( Active Stabilitas Control ), HSA ( Hill Start Assist ).
  4. Kenyamanan dalam kabin yang lega dan senyap. 
  5. Pengereman menggunakan ABS ( Anti Lock Breaking System )  keuntungannya saat pengereman mendadak stir masih dapat dikendalikan. 
  6. Fitur Tilt & Telescopic Steering, Stir dapat disesuaikan dengan postur tubuh agar terasa nyaman saat berkendara
  7. Konsep Penyimpanan serbaguna yang bisa dimanfaatkan baik di depan hingga di belakang ada 19 titik, dengan istilah "Omotenashi".

Process Welding at MMKI Plant | by MMKI

Setelah mendapatkan Safety Induction  dilanjutkan Plant Tour untuk melihat proses perakitan mobil Xpander diawali dengan proses Stamping, Welding , Painting dan Assembling . Kebetulan waktu terbatas saat Plant Tour hanya melihat proses Stamping dan Assembling .
  • Stamping (Pengepresan), Merupakan proses awal untuk membuat Part Mobil. Semua sudah menggunakan teknologi robotik High Technology, 1 Panel memerlukan waktu hanya 6 detik, Dalam 1 jam menghasilkan 23 unit part 
  • Assembling (Pemasangan) atau proses perakitan part ke dalam mobil untuk menjadi 1 unit mobil. Proses ini hanya menggunakan 1 teknologi robot saat pemasangan kaca, selebihnya  menggunakan manual.  

Process Assembling at MMKI Plant | by MMKI

Setelah melihat langsung proses prakitan Mitsubishi Xpander, rasanya kurang apdol jauh-jauh dari Jakarta kalau nggak merasakan langsung sensasi kenyamanan dan kelebihan dari Xpander langsung dari pabriknya. Untungnya kesempatan mencoba Xpander terwujud sekaligus menjadi sesi yang ditunggu-tunggu oleh semua undangan yakni test drive,  saat melakukan test drive tiap team didampingi satu instruktur profesional dari Rifat Team kebetulan saat saya test drive didampingi dengan Mas Hery yang menggunakan Xpander varian Sport AT. Walaupun saya hanya jadi penumpang, namun saya bisa merasakan suspensinya sangat terasa nyaman duduk di paling belakang di seat ketiga dan saat melakukan manuver di tikungan pun masih terasa nyaman dan stabil, terbukti salah satu yang menjadi keunggulan dari Xpander. Untuk itu tidak salah kalau produksi Xpander di MMKI Cikarang mencapai 80 ribu unit per tahun.

Foto bersama Blogger ISB dan Rifat Sungkar 

Tentunya tidak lupa rangkaian acara #XpanderPlantTour ditutup dengan foto bersama Rifat Sungkar. Seharian mengunjungi Pabrik MMKI bersama mobil123 rasanya menjadi pengalaman yang tidak akan saya lupakan, terimakasih MMKSI dan Mobil123 sudah mengundang kami para blogger ISB, Tunggu keseruan kami selanjutnya. ***


14 komentar:

  1. Wah beruntung banget bisa ikutan. Itu indent udah 50 ribu aja? Mantapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget KiDemang, masih prototypenya udh byk yg nungguin.....makannya gak aneh pas launching langsung di serbu, aplause deh buat xpander

      Hapus
  2. Masih inget tunjang hahaha, tp gw gak makan sih, takut asam urat.

    BalasHapus
  3. Selama ini cuma nengok iklannya di tv. Bodinya asyik dan futuristik. Seru tempo hari bisa ke pabriknya langsung.

    BalasHapus
  4. pengalaman seruuuu tak bakalan lupaaa :D

    BalasHapus
  5. Pengalaman baru lagi ke pabrik mobil, seruuuu lihat perakitannya

    BalasHapus
  6. Ciamik banget ya Xpander, jadi pengen nyobain lagi :)

    BalasHapus
  7. Sayang ya, keknya terlalu cepet plant tournya. Btw puas banget bisa ngerasain performa XPander pas test drive kemarin :)

    BalasHapus
  8. interiornya memesona, eksteriornya gahar
    pantes ini mobil jadi dambaan rakyat Indonesia, saya aja waktu test drive ngarep banget pengen bobok celengen hehehe :)

    BalasHapus
  9. Banyak juga ya Mas keunggulan XPander ini, jadi pengen punya hehehe

    BalasHapus
  10. Sama, mas. Aku juga selalu yakin dan nggak ragu dengan produk buatan Jepang. Quality control product-nya bener-bener terjamin dan mantap! 👍😎

    BalasHapus
  11. kurang puas saya nyoba test drive nya... kalo nyoba test jakarta - bandung oke tuh hihi

    BalasHapus
  12. Semoga kapan-kapan kita diajak off road naik Xpander. *kayak berani aja wkwkw

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus