Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 29, 2019

Uji Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo di Makassar


Uji Jaringan Indosat Ooredoo di Kawasan Pantai Losari Makassar (25/04) 

Bulan suci Ramadhan dan Lebaran menjadi momen istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang ditandai dengan meningkatnya volume berkomunikasi sebagai wujud silaturahmi kepada sanak saudara dan teman. Oleh sebab itu, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk dapat terus melayani pelanggan setianya dan masyarakat di momen-momen istimewa tersebut.

Melalui kesiapan layanan dan jaringan telekomunikasinya agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar. Apalagi jaringan 4GPlus Indosat Ooredoo saat ini  telah menjangkau 422 kota/kabupaten dan 80% populasi masyarakat Indonesia. lmplementasi jaringan 4G Plus ini sejalan dengan strategi perusahaan LEAD untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelangggan melalui pembangunan jaringan berkualitas video yang kompetitif.

Tidak perlu kuatir bagi pelanggan dan masyarakat saat Ramadhan & Lebaran dimana trafik telekomunikasi pasti meningkat dibanding hari biasa. Untuk itu, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa Ramadhan dan perayaan
Lebaran.



Uji Kesiapan Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo Hadapi Ramadhan dan Lebaran 2019 di 5 Kota

Kesiapan jaringan Indosat Ooredoo dalam hadapi Ramadhan dan Lebaran 2019 ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan yang dilakukan tidak hanya di Jawa namun juga di beberapa kota di luar Jawa, sebagai bagian dari kesiapan jaringan secara nasional di seluruh Indonesia.

Uji Jaringan Indosat Ooredoo yang dilakukan pada tanggal 25 April 2019 Serentak di 5 Kota tujuan mudik utama antara lain:  Makassar - Sulawesi Selatan, Solo- Jawa Tengah, Malang - Jawa Timur, Padang - Sumatra Barat dan Banjarmasin - Kalimantan Selatan.

Kenapa 5 Kota ini yang dipilih ?

Karena Kelima kota tersebut  merepresentasikan kantong-kantong mudik yang memiliki potensi tinggi terjadinya kepadatan tujuan mudik dan kenaikan trafik telekomunikasi cukup tinggi.

Kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti uji jaringan di kota Makassar - Sulawesi Selatan. Mendengar nama Makassar yang pertama ada dibenak saya yakni Kulinernya & Pantai Losarinya karena siapapun yang datang ke kota makassar sepertinya kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khas makassar salah satunya 'Pallu Basa' sekaligus
singgah dan mengabadikan moment di pantai losari yang menjadi ikon kota Makassar, Apalagi bagi warga Makassar sendiri pantai Losari  menjadi tempat untuk menghabiskan waktu baik pagi hari maupun sore hari. Jadi tepat sekali saat bulan ramadhan bisa sambil menunggu buka puasa.

Kota yang memiliki julukan kota Daeng ini waktu tempuh dari Jakarta - Makassar kurang lebih 2 jam menggunakan pesawat terbang. Makassar yang termasuk lima kota besar di Indonesia tentunya  menjadi kota di luar jawa yang trafik telekomunikasi saat bulan Ramadhan maupun Lebaran cukup tinggi.
Saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin 

 "Salamakki Kabattuanta" di Makassar

Pada hari Kamis (25/04) untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang menjadi gerbang utama kota Makassar setelah pelabuhan Soekarno Hatta. Setibanya di Bandara kita langsung disambut dengan ramah oleh rekan-rekan Indosat Ooredoo Makassar. Untuk bersama-sama uji kesiapan jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran.

Sedang memantau Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo 

Tanpa menunggu lama Uji Jaringan langsung dilakukan di dalam sebuah bus yang telah disediakan monitor untuk melihat "speed test" saat berada di spot yang menjadi pusat keramaian di kota makassar

Diantaranya Bandara Sultan Hasanudin, Pelabuhan Soekarno Hatta, Pantai Losari, Monumen Mandala, Masjid Al Markaz, dan Benteng Fort Rotterdam:

Bandara Internasional Sultan Hassanuddin

Drive test Diawali dari Bandara Sultan Hassanudin Makassar, yang menjadi gerbang utama diperoleh kecepatan download 53 Mbps

Pintu masuk Pelabuhan Soekarno Hatta

Lalu Pelabuhan Soekarno Hatta, yang menjadi jalur arus mudik melalui laut , saat uji jaringan diperoleh kecepatan download 55 Mbps



Selanjutnya yang menjadi icon Maakassar Pantai Losari, sebagai destinasi wisata sudah tentu menjadi tempat paling rame dikunjungi, Saat dilakukan Uji Jaringan Indosat Ooredoo hasilnya luar biasa keceng, diperoleh  kecepatan download mencapai  93.3 Mbps , sudah dipastikan jika live streaming maupun video call di area pantai Losari tanpa hambatan dan lancar.

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat 

Lalu ke Monumen Mandala pembebasan Irian barat, dan Benteng Fort Roterdam merupakan tempat favorit saat bulan Ramadhan terutama Masjid Al Markaz karena tiap Ramadhan terdapat Bazar, uji jaringan pun  dengan  video call tanpa hambatan, voicenya pun terdengar jelas.

Masjid Al-Markaz Al Islam Jenderal M Yusuf 

Dalam uji jaringan tersebut juga menunjukkan coverage jaringan 4G Plus secara kontinyu disepanjang rute antar spot, yang dilakukan melalui berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Setelah melakukan rute Drive Test  mengelilingi spot- spot  yang menjadi pusat keramaian saat Ramadhan dan Lebaran di dilanjutkan ke kantor Indosat Oreedoo Makassar untuk isoma terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan, puncak kegiatan dengan teleconference dengan beberapa kota lainnya yang sama-sama melakukan Drive Test  seperti Padang, Malang , Solo , Balikpapan.

Acara Teleconference 

Acara teleconference dipandu oleh Ibu Turina Farauk ,selaku Group Head Corporate Communications. Kegiatan uji jaringan di 5 kota tersebut, diperoleh kecepatan maksimal download
berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian di 5 kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps (Losari Makassar), 76,5 Mbps (Kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo), 62,7 Mbps (Kawasan Alun-Alun Malang), 89,7 Mbps (Kawasan Gunung Padang) dan 104,7 Mbps (Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin).

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 4,47% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5). Rentang

Begitupun menurut Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic.
”Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran. Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini juga didukung dengan
penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat. Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut,”



Dengan komitmentnya Indosat Ooredoo dalam memberikan layanan terbaiknya tentunya kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, dimana perusahaan telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte/hari. Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20%. Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS / hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi.

Dapat disimpulkan Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo menghadapi Ramadhan dan lebaran 2019 telah siap , Bagi Pelanggan dan masyarakat  tidak perlu kuatir terutama saat mudik maupun  aktifitas Internet sehari-hari  karena jaringan telekomunikasi dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Mohon Maaf lahir & Bathin  ***

22 komentar:

  1. Indosat Ooreedo, siap menyambut Ramadhan dan lebaran nih

    BalasHapus
  2. Wih.. lihat foto-foto Mas Yeddy, jadi kangen Makassar kota kelahiran saya hahaha.

    Makassar memang semakin maju dan berkembang. Apalagi salah satu kota terbesar di Indonesia timur. Pas banget ini dijadikan tempat uji jaringan.

    BalasHapus
  3. Smp Makasar juga keren program dari IM3, tapi mas,, di Sawangan Depok IM3 sinyalnya on/off go bagus tuh

    BalasHapus
  4. Keren ya acara ujicoba Indosat Ooredo nya. Semoga kedepan bisa menjangkau daerah terpencil bukan cuma kota besar

    BalasHapus
  5. Wah keren Indosat siap melayani pelanggannya buat persiapan ramadhan dan lebaran agar komunikasi lancar.

    BalasHapus
  6. asyik banget ya kalau arus komunikasi bisa berjalan dgn lancar

    BalasHapus
  7. Makin keren aja Indosat Ooredoo, dimana-mana jaringannya bagus, semoga kedepannya semua pelosok daerah tersentuh oleh jaringan Indosat Ooredoo dengan jaringan 4G nya.

    BalasHapus
  8. Wah jadi ingat pertama ngantor dulu di Indosat Bali
    Sekarang keren banget ya ada Drive Test seperti ini
    Siap bener nih kayaknya Jaringan 4G Plus Indosat Ooredoo menghadapi Ramadhan dan lebaran 2019.Bikin Pelanggan dan masyarakat tidak perlu kuatir terutama saat mudik maupun aktifitas Internet sehari-hari karena jaringan telekomunikasinya dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran

    BalasHapus
  9. Mantap persiapan Indosat, ya. Saya tempo hari datang ke Hotel Aston, menyambangi Titis dan Mbak Liswanti yang ke Makassar juga utk uji jaringan ini (saya tinggal di Makassar) :)

    BalasHapus
  10. Wah kalau Indosat sih di daerah memang frekuensi jaringan paling bagus. BTS nya juga banyak.

    BalasHapus
  11. Cepat tanggap nih Indosat menjelang musim mudik ya haha

    BalasHapus
  12. Kualitas jaringan dari indosat terus ditingkatkan, sukses selalu ya

    BalasHapus
  13. Wah enaknya yang kampungnya di Makassar. Mudik gak usah khawatir soal koneksi, bisa tetep eksis ya. Kalau di kampungku, masih terbatas jaringan 4G hiks...

    BalasHapus
  14. Makin mantap nih jaringannya Indosat Ooredoo ini, gak perlu khawatir bagi yang akan mudik ke Makassar karena Jaringan disana pun sudah mumpuni ya, waaah asik nih berlebaran tetap bisa VidCall dengan teman dan sahabat tanpa takut jaringannya bapuk, yeayyy

    BalasHapus
  15. semakin keren indosat jaringan 4Gnya makin luas sampai ke pelosok Indonesia nih, pemerataan ini namanya hihi

    BalasHapus
  16. Wahhh jaringan Indosat makin luas nih.. kemarin ke makassar makan pisang eppe gak 😁

    BalasHapus
  17. Kalau di Jakarta ada bandara Soetta di Makassar ada pelabuhan Soetta hehe. AMan ya jadinya di sana mas Indosatnya? Makin kuat jaringannya yaaa

    BalasHapus
  18. wah benar ya, dengan kuatnya jaringan di beberapa titik daerah tersebut, kegiatan mudik ga jadi hambatan lagi. Dan aku sudah setia sama si kuning ini sejak SMA deh kalo g salah

    BalasHapus
  19. Wah saya jg pke indosat nih kalau di luar rmh..alhamdulilah lancar. Klo ke indonesia timur semoga semakin ditingkatkan lg nih..wkt ke.flores hanya satu provider yg bs dipakai...

    BalasHapus
  20. Jadi pengen explore Makassar..hehe
    Selamat menejalankan ibadah puasa. Bersama ooredo.
    Kebetulan kartu saya juga ooredo, udah lama juga sih. Mau ganti males karena sudah pada tahu teman-teman juga..

    BalasHapus
  21. Sebagai pengguna indosat ooredoo merasa bangga nih. Salut sama inovasiidari uji jaringan juga jadi ga perlu worry berlebih saat musim mudik

    BalasHapus
  22. Jaringan di Makassar kece banget, bisa donwload sepuasnya

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus