Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Desember 29, 2019

Liburan Telah Tiba Jangan Lupa Cek Mesin Motornya Dengan Oli Terbaik Enduro Agar Tetap Prima

Pertamina Enduro Oli Terbaik | teddyrustandicom
Gunakan Oli Mesin Terbaik Enduro Agar Motor Kesayangan Selalu Prima | ( dok pribadi ) 
Hai sobat cidyrus, Liburan akhir tahun sudah di depan mata, bagaimana apakah sudah ada rencana liburan?  Pastinya sudah dong, yang berencana berlibur bersama keluarga alangkah baiknya dipersiapkan terlebih dahulu atau jauh-jauh hari agar semuanya tersusun dengan baik mulai dari penginapannya, akomodasi, tempat wisata yang akan dikunjungi hingga perlengkapan yang akan dibawa saat liburan.

Saya sendiri liburan keluarga tahun ini yang dekat-dekat saja ke puncak Bogor menggunakan motor, selain lebih fleksibel menghindari macet di jalan tentunya suasana alam perkebunan teh dengan udara yang sejuk langsung terasa.

Oh iya sobat cidyrus yang mau liburan menggunakan motor, Melihat cuaca saat ini yang suka turun hujan alangkah baiknya jangan lupa untuk membawa jas hujan dan vitamin agar kondisi tubuh tetap terjaga saat diperjalanan.


Bicara persiapan liburan, ada yang tidak kalah penting yakni cek kendaraanya terlebih dahulu ke bengkel mulai dari rem, lampu-lampu, tekanan angin, dan mesin. Untuk perawatan mesin walaupun tiap bulan rutin di servis, tidak salahnya di cek kembali. Apalagi melihat kondisi kawasan puncak yang berbukit banyak tanjakan dan turunan sudah pasti mesin akan bekerja ekstra tentunya mesin cepat panas makanya saya butuh Oli Motor Terbaik atau Pelumas yang dapat bekerja dengan baik agar mesin tetap prima.
"Fungsi Utama Pelumas adalah Melindungi Bagian Mesin dengan Cara Mencegah Terjadinya Gesekan Langsung"
Sobat Cidyrus agar motornya tetap prima, caranya mudah usahakan penggantian oli secara berkala, karena Oli sangat penting untuk melumasi komponen pada mesin, membersihkan kerak sisa pembakaran atau kotoran dari keausan komponen. Apalagi jika sudah berwarna kehitaman jangan tunda segera ganti oli. Nah, sebelum membeli oli pastikan dulu oli yang digunakan sesuai dengan kendaraannya terutama penggunaan harian, Jangan sampai salah pilih.

Kebetulan saya pernah ikut talkshow bersama Pertamina Lubricants, menurut narasumber saat itu untuk mengenali Fisik Oli yang bermutu baik gampang caranya  "Dengan mengecek oli mesin jika warnanya berubah coklat kehitaman tetapi tetap encer seperti baru menunjukan oli tersebut bermutu baik, karena aditif deterjen telah berfungsi dengan baik membersihkan bagian-bagian mesin yang dilumasi".


Fungsi Oli

Oli merupakan bagian penting dalam
sebuah kendaraan, karena oli mempunyai banyak fungsi bagi kendaraan diantaranya adalah sebagai Pelumas, Pembersih dan Pendingin.
  • Pelumas ( Lubricate) Oli berfungsi untuk melicinkan sehingga dapat mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan pada permukaan komponennya
  • Pembersih ( Clean ) Oli membuang sisa pembakaran, sisa-sisa gesekan yang terjadi.
  • Pendingin (Cool) Oli juga berfungsi untuk mentransfer panas.
Saya sendiri mempercayakan dengan Pelumas karya anak bangsa Pertamina Enduro yang merupakan Oli Motor Terbaik  yang sudah terbukti ketangguhan nya hingga mesin tidak mudah panas, biar tidak penasaran apa saja keunggulan dari Oli Enduro yang saya kutip dari situs resmi Pertamina Lubricants.

Sumber by Pertamina Lubricants com

Keunggulan Enduro, Jagonya Oli 
  • Tidak menyebabkan slip pada kopling basah
  • Memiliki kekentalan yang stabil pada temperatur rendah dan tinggi yang memudahkan sirkulasi pelumas pada saat start up dan melindungi optimal pada temperatur kecepatan tinggi 
  • Tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi oleh radiasi panas dari mesin 
  • Menjaga kebersihan mesin serta mencegah terbentuknya deposit pada piston
  • Melindungi secara optimal mesin dari korasi dan menjaga komponen mesin dari kehausan dini
  • Mampu meningkatkan akselerasi dengan sangat prima sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat 
  • Suara mesin lebih halus dan bekerja lebih sempurna serta gesekan pada gigi transmisi dapat di minimalisir secara optimal 
  • Melindungi komponen vital motor utamanya kopling dan rangkaian gear pada tranmisi, sehingga lebih awet dan tahan lama
  • Memiliki kekentalan yang sesuai dengan sepeda motor generasi terbaru serta akselarasi tinggi.

Jenis Oli Motor Pertamina Enduro | sumber : pertaminalubricant com

Perlu diketahui juga Pertamina Enduro sudah memenuhi persyaratan Japanese Automobile Standard Organization dengan sertifikasi JASO MA/MA2 dan API SJ/SL sedangkan motor matic memiliki tingkat mutu JASO MB yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah matik dan memenuhi tingkat performance API SL, Jadi tidak perlu kuatir lagi dengan mutunya.

Oli Enduro memiliki jenis pelumas baik untuk motor bebek, Enduro 4T ( kapasitas 0,8 Liter ) maupun motor kopling atau motor sport, Enduro 4T Racing dan Enduro 4T Sport ( kapasitas 1 Liter ) hingga motor Matic ( kapasitas 0,8 Liter ).


Kebetulan motor yang saya gunakan matic, jadi saya memilih oli Enduro Matic -G SAE 20W-40 JASO MB. Pelumas khusus matic 4 langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara dalam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis.

Harga Oli Enduro Matic |Sumber Otomotifcom 

Harga Oli Enduro Maticnya pun ramah di saku, Mulai dari Rp. 37.000 untuk 0,8 Liter hingga Rp 40.000 untuk 1 Liter.

Motor sudah seperti pasangan buat saya dielus-elus, lalu dirawat dengan baik, karena mobilitas sehari-hari kemana pun hingga ke kantor saya menggunakan motor, maka dari itu motor harus selalu prima dan nyaman saat digunakan. Jadi saat liburan seperti saat ini sepertinya sudah tidak perlu kuatir dengan kondisi motor, walaupun tetap pengecekan harus dilakukan Jangan lupa gunakan Oli Motor Terbaik Enduro agar mesin tetap awet dan jangan sampai ketinggalan surat-surat kendaraanya, setelah itu berdoa tinggal berangkat.... gaspool. ***

Selamat Berlibur, Semoga Bermanfaat
@cidyrus

5 komentar:

  1. oli memang paling penting buat motor
    jadi jangan sampai kelupaan
    biar motor awet dan tangguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mba, apalagi motor harian yang penting ganti olinya rutin

      Hapus
  2. Oh fungsi enduro bisa sebagai pendingin juga ternyata ya luar biasa, mesin nggak gampang panas dan rusak kalau begini mah 🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, karena Enduro oli terbaik mutunya bagus, jadi mesin bisa tahan lama buat pake harian pun tidak perlu kuatir

      Hapus
  3. mau coba pake enduro ah untuk sepeda motorku semoga mesin motornya lebih awet dan irit bahan bakar

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus