Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 26, 2020

Menumbuhkan Minat Baca Melalui Media Sosial Karya Anak Bangsa Kwikku


Sudah hampir sebulan lebih beraktivitas di rumah saja, mengikuti anjuran pemerintah Physical Distancing sebagai upaya untuk memutus rantai Covid19. Tentunya sudah mulai merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari saat ini yang itu-itu saja.

Untungnya terbantu juga dengan perkembangan media sosial saat ini, apalagi media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern yang tak terpisahkan, terutama para generasi  Millenial dan Gen-Z seperti saya ini.

Sebagai aplikasi berbasis internet, sudah pasti Generasi muda bisa berbagi konten, berkomunikasi secara cepat, serta mengembangkan kreativitas nya baik secara individu maupun berkolaborasi. Walaupun pengaruh dari media sosial menurut beberapa  penelitian  dapat menimbulkan dampak negatif, salah satunya minat baca. Padahal dengan kita membaca bisa mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami informasi dan berpikir kritis.

Saya sendiri mengalami hal tersebut, dengan beragam aplikasi saat ini yang lebih dominan kepada visual ( foto dan video ) minat baca sudah mulai berkurang. Sebelum hadirnya media sosial, untuk sekedar berkomunikasi tidak secepat saat ini apalagi untuk mendapatkan informasi saya harus pergi membeli terlebih dahulu baik itu surat kabar atau buku.

Banyak rutinitas selama kita dirumah saja, apalagi yang ingin menyalurkan bakat menulisnya yang sudah lama terpendam atau yang suka membuat animasi digital untuk terus berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Platform Media Sosial karya anak bangsa yang bernama Kwikku.com memfasilitasi dengan mengadakan Lomba Menulis Novel dan Webtoon yang berhadiah total Rp. 500 juta.

Apa Itu Kwikku

Kwikku merupakan sebuah platform media sosial yang diinisiasi pada 26 September 2013 oleh para mahasiswa di Malang. Awalnya Kwikku dirancang oleh Hamdi Musad dan tim, untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi digital yang bisa bersaing dan dibanggakan anak negeri. Dan sejak 2019, aplikasi ini kemudian dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan literasi para generasi Millenial dan Gen-Z.

Tampilan Muka Kwikku versi mobile

Empat fitur yang bisa diakses :

1. Media Sosial
Sebagai fitur awal dan bagian terpenting dari platform ini, Media Sosial Kwikku bisa menjadi tempat “pertemuan” generasi milenial dan Gen-Z. Lewat fitur ini juga, para pengguna bisa terhubung satu sama lain dan bisa berkomunikasi serta bertukar informasi.

Fitur Novel


2. Novel
Mereka yang sedang membutuhkan bacaan menarik bisa melihat fitur baru Kwikku ini. Bekerja sama dengan para penerbit besar, seperti Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, dan Falcon Publishing, fitur ini dijamin bisa membunuh rasa bosan para pencinta novel.

Selain itu, melalui fitur Novel, Kwikku juga membuka peluang yang sangat besar kepada para penulis untuk menuangkan bakatnya dan mendapatkan penghasilan dari tulisan mereka. Untuk penulis baru tidak perlu takut mengunggah naskahnya ke platform Kwikku, karena akan ada editor khusus yang membantu dalam proses penulisan novel barunya.

Fitur Webtoon

3. Webtoon
Selain novel, ada juga cerita seru di fitur Webtoon. Ada banyak komik digital yang bisa diakses para pengguna setiap harinya, baik dari kreator lokal maupun luar negeri.

Sama seperti fitur Novel, Webtoon Kwikku juga menyediakan fasilitas bagi para kreator muda yang ingin menunjukkan karyanya dan menghasilkan uang.

Fitur Know


4. KNOW (Kwikku Now)
Melalui fitur ini para pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi menarik yang sedang viral. Tak perlu khawatir soal kebenaran atau validitas beritanya, karena setiap berita dan artikel bersumber dari official media partner yang telah bekerja sama dengan Kwikku.

Bacaan dalam fitur Novel dan Webtoon di Kwikku dapat di akses secara GRATIS, kecuali untuk judul-judul dalam section pay for no delay dan premium. Pembelian judul-judul dalam section tersebut pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cukup  membayar dengan mudah menggunakan dompet digital via Gopay, Ovo, Dana dan Link Aja.



Wah mantap ya Kwikku ini, bisa jadi solusi untuk mengusir kejenuhan terlebih saat situasi pandemi seperti sekarang ini. Dan yang lebih mantap lagi ada kompetisi Novel dan Webtoon dengan mengusung tema #BerkaryaDiRumahAja dengan total hadiah Rp. 500 Juta. Wow fantasitic banget ya, selain itu juga lomba ini menghadirkan juri-juri yang mumpuni. Ada penulis bestseller A.Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Bayu Permana, Luluk Hd yang siap untuk memberikan penilaian dalam kompetisi Novel. Sedangkan untuk kategori Webtoon kreator muda berbakat seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDitta hingga para komikus seperti Gerdi WK dan Lan Kelana siap memberi penilaian.

#BerkaryaDirumahAja

Kurang gimana lagi coba? Sudah disediakan wadah untuk menyalurkan hobi dan menghasilkan uang, saatnya berkarya dirumah aja, yuk segera ikutan Kompetisi Novel dan Webtoon. Info lengkap kunjungi www.event.kwikku.com atau dengan mengunduh aplikasi Kwikku di playsore secara gratis. ***






14 komentar:

  1. Mantap nih hadiahnya menggiurkan ditambah juri2 nya yg mumpuni.

    BalasHapus
  2. Fitur kwikku membantu banget pecinta novel dan webtoon yah mas. Apalagi ngadain kompetisi nulis Novel dan Webtoon dengan hadiah yang bikin merinding hehe.

    BalasHapus
  3. Seneng neh kalau ada fitur yg menggalakkan minat baca terutana untuk anak muda. Kompetisinya menarik, kebetulan lg tertarik juga nulis novel.

    BalasHapus
  4. Fiturnya Kwikku pastinya diminati sama milenial yang hobi berkarya lewat novel dan webtoon. Akutu mupeng sama hadiahnya, turut senang nanti buat pemenangnya , yeaay..

    BalasHapus
  5. Eranya digital ya, jadi semuanya serba via aplikasi dan bagus banget bisa ada aplikasi di mana bisa baca novel. Biar minat baca tumbuh kembali :)

    BalasHapus
  6. Auto fokus ke hadiah 500jutanya aku bang hehe. Keren yaa bang Kwikku karya anak bangsa untuk memajukan literasi di Indonesia. Mauu baca di Kwikku dulu ah hehe

    BalasHapus
  7. Solusi memerangi kebosanan dengan di rumah aja berkarya dengan Kwikku. Siapa tahu menang!

    BalasHapus
  8. Asyik banget sekarang sudah semakin banyak wadah yang bisa menaungi para penulis webtoon dan novel yah, salah satunya KWIKKU ini.

    Kompetisinya seru banget tuh hadiahnya

    BalasHapus
  9. Kwikku kayaknya sasaran ke generasi milenial.Tapi, saya masih suka juga ding kalau lihat komik

    BalasHapus
  10. Kwikku menjadi wadah buat para creator serta penulis menyalurkan bakat mereka. Ditambah lagi dengan diadakannya lomba dengan total hadiah yang cukup wah

    BalasHapus
  11. Ayo mas ikutan lombanya. Aku kepengen juga ikutan lomba ini.

    BalasHapus
  12. Kwikku lombanya hadiah bikin mata membelalak. Tp sygnya aku gk bisa nulis novel. Btw pngen dwload Kwikku ahh pngen lihat fitur2nya. Mksh y infonya

    BalasHapus
  13. Menarik ya konsepnya dalam satu platform bisa mengakses berbagai hal seperti media sosial, membaca novel sampai Webtoon terlebih ini adalah karya anak bangsa. Inovatif sekali

    BalasHapus
  14. Keren ya kak aplikasinya. Semoga bisa mendongkrak minat baca masyarakat Indonesia ya. Mupeng deh dengan hadiah lomba di kwikku, apa daya saya belum mahir nulis fiksi

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus