Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 24, 2016

Pentingnya Asupan Buah dan Sayur Bagi Anak


Diskusi Peluncuran Program Edukasi Pembentukan Makan Sehat dan Kesukaan Anak terhadap Buah dan Sayur bersama Sarihusada

Anak masih Susah Makan Buah dan sayur? Gimana yah caranya, Padahal Buah dan Sayur adalah komponen penting bagi kesehatan, apalagi bagi anak usia dini tentunya perlu asupan gizi seimbang.

Saya sendiri saat ini masih punya "Balita" tentunya kuatir sebagai orangtua kalau anak saya kurang asupan  zat gizi seimbang apalagi kalau tidak suka konsumsi buah dan sayur. Karena anak usia dini masih tahap pertumbuhan.

Seperti halnya yang dikatakan Dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Konsultan Gastrohepatologi Anak, RS Awal Bros Evasari Jakarta, Pada saat acara Peluncuran Program Edukasi Pembentukan kebiasaan makan sehat dan kesukaan Anak terhadap Buah dan Sayur bersama Sarihusada, Rabu 11 Mei 2016 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, mengatakan:

“Buah dan sayur mengandung berbagai kebaikan seperti vitamin, mineral, dan erat kaitannya untuk daya tahan tubuh, pertumbuhan, serta bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Pemberian buah dan sayur kepada anak sejak usia dini akan mendukung pemenuhan gizi seimbang bagi otimalisasi tumbuh kembang anak dan pembentukan pola makan sehat yang akan berlanjut sampai usia dewasa.”

Buah dan sayur antara lain mengandung vitamin seperti A, C dan E yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, serta menjaga daya tahan tubuh. Juga mengandung mineral seperti kalsium, Magnesium dan Fostor yang berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta Zat Besi, Vitamin B dan Asam Folat untuk mencegah anemia.

Selain itu buah dan sayur kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan  pencernaan. Asupan sayur dan buah sejak dini memberikan manfaat kesehatan pencernaan yang memadai untuk anak demi meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan fungsi daya tahan tubuh terhadap berbagai dimasa yang akan datang.

Begitu pentingnya asupan buah dan sayur bagi anak, pemerintah melalui menteri kesehatan mengeluarkan Permenkes RI No.41 tahun 2014 merekomendasikan pemberian buah dan sayur dimulai sejak anak berusia 6 bulan, selain untuk memenuhi kebutuhan terhadap berbagai zat gizi yang semakin meningkat dan tingkat lagi dapat dipenuhi hanya ASI saja, pola pemberian makanan secara seimbang pada usia dini juga akan berpengaruh terhadap selera makan anak selanjutnya.

Pengenalan makanan yang beranekaragam pada periode 6-24 bulan ini menjadi sangat penting, karena anak dapat mulai belajar mengenal beragam rasa.

Buah dan sayur merupakan sumber serat pangan dan efeknya, bila dikonsumsi rutin, akan memberikan manfaat positif seperti  meningkatkan fungsi imun tubuh sampai membantu berkonsentrasi dan memperbaiki memori jangka panjang.

Inovasi terbaru Sarihusada, SGM Eksplor Buah dan Sayur


Saat itu tidak hanya meluncurkan program edukasi saja, sekaligus memperkenalkan inovasi terbaru dari Sarihusada yakni SGM Eksplor Buah dan Sayur untuk usia 1-3 tahun dan 3-5 tahun.

Terimakasih Sarihusada yang telah mengundang saya, akhirnya saya jadi tahu banyak begitu penting asupan buah dan sayur terutama bagi Anak.***


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus