Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 04, 2021

Hikmah di Balik Pandemi, Insomnia Goodbye

Ilustrasi Insomnia | sumber freepik
Ilustrasi Insomnia | Sumber Freepik


Bicara soal kesehatan tentunya tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas, apalagi dengan kondisi era pandemi seperti saat ini, menjaga Kesehatan sekaligus gaya hidup sehat sangatlah penting untuk menjaga imun kita agar selalu tetap fit.  

Begitu pentingnya menjaga kesehatan, tentunya jangan dianggap remeh. Apalagi semenjak PSBB termasuk saya rutinitas hanya dirumah aja, namun buat saya sangat beruntung jadi dapat hikmahnya gaya hidup saya berubah, Mulai dari waktu tidur yang maksimal hingga pola makan jadi teratur semua berjalan tanpa saya sadari sedikit demi sedikit saya baru menyadari nya begitu pentingnya menjaga kesehatan agar tetap bugar.


Sedikit cerita sebelum Pandemi saya tidak peduli yang namanya kesehatan, Gaya hidup yang tidak teratur saya alami hingga kalau sudah larut malam untuk tidurpun susah akhirnya begadang hingga waktu subuh baru bisa tidur nyenyak itu terulang terus menerus.

Walaupun saya tahu itu tidak baik namun tanpa disadari karena asiknya berkatifitas apalagi kalau sudah kumpul dengan teman-teman kadang lupa waktu semua kesehatan tidak dihiraukan yang pada akhirnya kesehatan menurun, besoknya kerja stamina jadi kurang bergairah, badan jadi letih, dan lain sebagainya.

Gaya hidup yang tidak baik, salah satunya dapat menyebabkan INSOMNIA.

Apa itu INSOMNIA ? 

Insomnia merupakan penyakit susah tidur yang sering dialami hampir semua orang terutama orang dewasa. Jika dibiarkan tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Saya coba browsing tentang Insomnia lebih jauh lalu muncul pencarian di platform kesehatan halodoc.

"Insomnia merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur ini membuat dirinya tak memiliki waktu tidur yang dibutuhkan tubuh. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik pengidap insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. 

Faktor Risiko Insomnia

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami insomnia, antara lain:

  • Masalah Mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan stres pasca trauma (PTSD).
  • Bekerja shift, pekerjaan seperti ini bisa mengubah jam biologis tubuh.
  • Jenis kelamin, ketika menstruasi tubuh akan mengalami perubahan hormon, kondisi ini menimbulkan gejala hot flasheratau keringat di malam hari, sehingga menyebabkan gangguan tidur.
  • Usia, insomnia meningkat seiring dengan bertambahnya usia.
  • Perjalanan jauh, melakukan perjalanan jauh atau jet lag karena melintasi beberapa zona waktu juga bisa memicu insomnia.

Penyebab Insomnia

Ada beberapa faktor penyebab insomnia yang pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan.

Gejala Insomnia

Seseorang yang mengalami insomnia sangat sulit untuk merasakan ngantuk, sehingga menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan tidur berbeda-beda bagi setiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan.

Gejala-gejala insomnia yang paling umum di antaranya:

  • Sulit untuk merasakan ngantuk dan tidak bisa tertidur. 
  • Terbangun pada malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur kembali. 
  • Merasa lelah, emosional, sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara baik pada siang hari.
  • Tidak bisa tidur siang meskipun tubuh terasa lelah ".
Pengertian INSOMNIA di atas saya kutip dari artikel halodoc.

Tampilan Website Halodoc

Apa itu Halodoc, Dipostingan Sebelumnya saya juga sudah mengulasnya, nah bagi yang belum tahu saya ulas kembali  

Apa itu Halodoc ? 

Sebuah platform digital dimana kita bisa langsung chat/ berkonsultasi hingga buat janji dengan dokter umum & dokter spesialis yang sudah berpengalaman dan terdaftar di IDI, kapan pun dan dimana pun melalui aplikasi yang dapat di unduh secara gratis melalui Play Store ( Android ) & iPhone Store ( Apple ).

Platformnya tidak hanya chat/konsultasi dgn dokter namun ada fitur layanan digital lainnya , antara lain :

* Catatan Kesehatan, Upload Resep, Reminder Saat Minum Obat, dan Artikel Kesehatan

* Beli Obat ( Gratis Pengiriman )

* Buat Janji Kunjungan Rumah Sakit 

* Buat Janji Kunjungan RS untuk Pemeriksaan test Covid 19

* Pemeriksaan Laboratorium

* Akses Asuransi 

* Metode Pembayaran yang praktis bisa melalui Gopay,  & Kartu kredit/Debit.

Platform halodoc

So, tentunya praktiskan dengan hadirnya platform Halodoc, sepertinya halnya kita punya dokter pribadi yang siap memberikan layanan dan konsultasi perihal kesehatan hingga mengingatkan kapan waktunya makan obat dan membuat catatan kesehatan.

Ditambah fitur artikel mengenai kesehatan di halodoc pun sudah tersedia lengkap jadi lebih mudah. Jika mau tanya-tanya langsung dengan dokter sudah tersedia apalagi dengan kondisi saat ini, kita cukup di rumah sudah bisa langsung  berkonsultasi dengan dokter melalui fitur chat.

Alhamdulillah dengan adanya Pandemi saya pribadi dapat hikmahnya, pola hidup saya jadi teratur, Yang biasanya begadang susah tidur ( Insomnia ) sekarang bisa tidur nyenyak walupun saya sendiri Insomnia belum terlalu parah masih dapat dikendalikan, jika sudah Insomnia akut saran saya  harus konsultasi kan dengan dokter .

Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya jangan lupa gaya hidup sehat tetap harus diterapkan & dijaga agar tubuh kita selalu fit dan sehat selalu .

Salam Hidup Sehat 

Cidyrus 



0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus