Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Desember 16, 2022

Cara Mudah Mencoba Bus Otomatis Tanpa Awak di The Breeze BSD City

Autonomous Electric Vehicle
Autonomous Electric Vehicle at The Breeze BSD City 


Berawal dari rasa penasaran dengan kendaraan darat tanpa awak yang berseliweran di jagat maya membuat saya ingin mencoba dan menjajal  kawasan yang dilalui oleh Autonomous Electric Vehicle (VA) ini. Yup, siapa sih yang gak mau coba teknologi terbarukan ini? Bohong kalau anda tidak penasaran hehe.

Ceritanya waktu itu saya merencanakan untuk uji coba AV di Qbig BSD City karena minimnya informasi, saya datang di hari Senin dan ternyata hari itu AV ini tidak beroperasi, dengan perasaan sedikit kecewa karena tidak jadi naik kendaraan tanpa awak akhirnya saya memutuskan untuk keliling Qbig saja karena sudah terlanjur datang masa mau pulang lagi tanpa cerita haha. Dan ada baiknya juga sih datang disaat AV tidak beroperasi karena saya niatnya untuk ngajak bocil naik AV ini, tapi ternyata ada persyaratan yang harus kita tahu juga lho, seperti salah satunya minimal tinggi badan tidak kurang dari 120 cm, nah kan. Kebayang kalau misal waktu itu bocil tidak diperbolehkan naik, kasihan juga bisa merajuk dia dan pasti penasaran sama AV ini. 

Autonomous Electric Vehicle 

Era teknologi yang semakin modern hingga sampailah pada era kendaraan tanpa awak, yes! Tanpa awak, ngeri? Kalau dibayangin tentu agak gimana gitu ya, tapi setelah mencobanya tidak terlalu worry karena kendaraan Autonomous Electric Vehicle ini dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk bigdata analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom. Wow, seru pasti ya rasanya gimana gitu naik kendaraan tanpa awak pasti ada kesan tersendiri. 

Spesifikasi Kendaraan :

Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri. 

Autonomous Electric Vehicle Pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City 

Keren ya, Bus Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze BSD City, Autonomous Vehicle yang baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 Nov 2022, lalu. 

Setuju banget nih kalau suatu wilayah seperti misalnya kawasan The Breeze BSD City ini difasilitasi oleh Autonomous Vehicle yang ramah lingkungan ini mengingat sekarang polusi yang semakin meningkat dan pilihan yang tepat juga nih dengan kehadiran AV ini supaya green nya BSD City tetap terjaga. Karena jujur ya, Kawasan BSD City yang saya rasakan masih sejuk dengan masih banyak hijau nya pohon-pohon dan sudah saatnya mengikuti negara maju yang sudah menggunakan transportasi cerdas bertenaga listrik yang ramah lingkungan. 

Cara Mencoba AV (Autonomous Vehicle) 

Ini yang ditunggu - tunggu bagaimana caranya untuk bisa mencoba kendaraan tanpa awak atau Autonomous Vehicle ini? 

Buat yang kalian yang berada di wilayah Tangerang Selatan, bisa datang ke Green Office Park BSD City. Kita bisa naik Autonomous Vehicle dari Lobby Utama The Breeze. Caranya gampang sekali hanya memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile.

App OneSmile

Bagi yang belum punya aplikasi OneSmile Caranya :

  1. Buka aplikasi PlayStore ( Android) & iStore ( iPhone) 
  2. Ketik OneSmile di pencarian, lalu Download 
  3. Klik Daftar/Registrasi 
Tampilan Halaman Utama OneSmile 

4. Lalu di halaman utama klik dan pilih gambar Autonomous Vehicle untuk daftar cobain naik AV 

Isi Survey 

5. Selanjutnya isi survey 

AV dapat di coba sampai tgl 21 Desember 2022, kemudian AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Desember 2022 sampai 04 Januari 2023. Ingat, biar tidak terlewatkan, mending dicatat ya tanggalnya. 

Mumpung lagi liburan sekolah dan nataru nih, pas banget momentnya untuk mencoba Bus Otomatis tanpa awak pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City. ***

 


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus