Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

November 01, 2016

Cegah Osteoporosis Dengan Hidup Sehat dan Berolahraga

Senam Bersama Hari Osteoporosis Sedunia 2016 di Taman Kota BSD Tangsel
Pengeroposan Tulang (Osteoporosis) akibat dari kurangnya nutrisi pada tubuh, penyakit tersebut dianggap hal yang disepelekan bagi sebagian masyarakat kita, mungkin karena kurangnya pengetahuan dan informasi maupun gaya hidup yang kurang sehat.....Apakah anda salah satunya, mudah-mudah tidak.

Hari Osteoporosis Sedunia diperingati setiap tanggal 20 Oktober, Setiap Tahunnya KemenkesRI selalu memperingati dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat tentang Osteoporosis sebagai penyakit tidak menular dan bagaimana cara pencegahannya.

Nah, Untuk tahun ini dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia 2016 mengambil tema "Cintai Tulangmu Demi Masa Depanmu",  KemenkesRI mengundang warga Tangerang Selatan dan sekitarnya untuk Senam Bersama di Taman Kota 2 BSD Tangerang Selatan. Tema yang diambil menurut saya tepat sekali, karena Osteoporosis bukan penyakit yang langsung terasa dan terlihat namun terasa nanti di usia lanjut, terutama wanita usia 50 hingga 80 tahun lebih rentan seperti yang sudah saya tulis diawal apabila gaya hidup masa lalunya yang kurang sehat akibatnya kekurangan nutrisi pada tubuh.

Antusias Warga Mengikuti Senam Bersama
Kegiatan Senam Bersama, Minggu (30/10) didominasi oleh ibu-ibu, sebagian usia lanjut terlihat tidak mau kalah mereka begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut walaupun sinar matahari sudah turun mereka tetap semangat karena gerakan senamnya mudah diikuti, Kegiatan yang dipandu oleh dr. Alberta Claudia, dihadiri pula dr. Lily S Sulistyowati, MM selaku Direktur P2PTM, dr.Fidiansyah, SpKJ, MPH selaku direktur   Pencegahan & Pengendalian masalah kesehatan jiwa & NAPZA, drs. Sunarno, MKes, Kepala Dinas Kesehatan Tagsel dan Pak Agus Guntur dari Perwatusi.

Sebelum Kegiatan dimulai sambutan di awali oleh dr. Lily S Sulistyowati, MM selaku Direktur P2PTM, dalam sambutannya "Semoga makin banyak lagi masyarakat kita yang akan sadar dengan penyakit ini."



Kemudian dilanjutkan dr.Fidiansyah, SpKJ, MPH selaku direktur  Pencegahan & Pengendalian masalah kesehatan jiwa & NAPZA. Mewakili Pak Dirjen yang tidak bisa hadir, Dalam sambutannya "kegiatan Senam Bersama dalam rangka memperingati hari Osteoporosis merupakan hal yang sangat strategis dan relevan dengan kebutuhan Indonesia saat ini. Kita ketahui Osteoporosis, kejadian dari tahun ke tahun meningkat tentunya merupakan ancaman serius bagi pembangunan kesehatan kalau kita tidak bisa melakukan perhatian, pencegahan maupun pengendalian."

Peserta Senam Bersama tetap semangat
"Osteoporosis dapat dicegah dan dideteksi secara dini. Upaya pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan menu seimbang terutama yang mengandung Kalsium dan Vitamin D, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, cukup terpapar sinar matahari pagi, dan melakukan aktifitas fisik secara teratur selama 30 menit, minimal 3 kali per minggu. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menganjurkan suatu upaya promotif dan preventif kepada masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. Dengan berperilaku CERDIK, semakin besar kesempatan untuk hidup dengan tulang sehat".kutip depkes.go.id

Foto Bersama dr. Alberta, dr. Lily S, dr.Fidiansyah, dan Peserta Senam


Antusis mengikuti doorprize yang diberikan pertanyaan oleh dr Lily

Saatnya Cintai Tulangmu Demi Masa Depanmu, Untuk itu mari melakukan aktivitas fisik baik di dalam rumah maupun di luar rumah minimal 30 menit secara teratur, terukur dan benar, dengan otot yang bergerak akan memadatkan tulang dan terhindar dari penyakit Osteoporosis.***

Salam Sehat

2 komentar:

  1. meski yang ikut senam kebanyakan orang tua tapi mereka semua tetap semangat yaa..wajib kita tiru hehe :D

    BalasHapus
  2. Ya mba Tuty betul sekali, jadi malu sendiri......heee

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, Teddy