Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

April 27, 2017

Tip Ringan Merawat Motor Ala Pertamina Lubricants

Merawat Motor Secara Rutin Agar Selalu Prima | sumber foto merdekacom

Sepedamotor saat ini bukan hanya sebagai alat transportasi semata bahkan sudah menjadi teman rutinitas sehari-hari yang selalu siap menemani kemana kita mau. Apalagi sebagai bikers yang selalu turing, performa motor sudah pasti harus tetap prima.

Nah, Dengan rutinitas sering menggunakan sepedamotor nggak mau dong mengalami motor kita mogok saat dijalan udah pasti bete dan akan menghambat aktivitas. Karena saya sendiri pernah mengalaminya rasanya menyiksa diri dan waktu terbuang sia-sia di jalan.

" Sayangi Motor Anda Seperti halnya, Menyayangi Pasangan Anda "

Ternyata Sepedamotor pun perlu yang namanya perawatan, seperti halnya perempuan yang tiap bulan pergi ke salon biar tetap terlihat cantik. Motorpun demikian agar performa motor selalu tetap prima dan tahan lama maka dibutuhkan perawatan berkala minimal sebulan sekali.

Talkshow Mobil123com bersama Pertamina Lubricants

Kebetulan Acara talkshow bareng Portal Otomotif No.1 di Indonesia mobil123.com dan Media Online Lifestyle Otospirit.com yang rutin diadakan sebulan sekali, kali ini (25/04) mengangkat tema soal sepedamotor  yakni "Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum" bersama PT. Pertamina Lubricants.

Acara kemarin sekaligus merayakan Hari Kartini yang selalu diperingati tanggal 21 April, acara dibuka oleh Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com & Otospirit.com dan dilanjutkan Intania Prionggo selaku Public Relations PT.Pertamina Lubticants. Menurutnya, penting mengangkat tema ini karena terkadang perempuan kurang peduli merawat kendaraannya/motornya, "stigma di masyarakat kendaraan bekas perempuan harganya turun karena tidak dirawat", mudah-mudahan tidak demikian.

Agung Prabowo (Kanan) Sedang memberikan tips ringan merawat kendaraan

Makannya pembicara pertama Agung Prabowo selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT.Pertamina Lubricants. Akan memberikan beberapa tips merawat ringan kendaraan, sebelum memberikan tipsnya beliau memaparkan cara mengenali Fisik Oli yang bermutu baik dengan gampang, yakni dengan mengecek oli mesin jika warnanya berubah coklat kehitaman tetapi tetap encer seperti baru menunjukan oli tersebut bermutu baik, karena aditif deterjenn telah berfungsi dengan baik membersihkan bagian-bahian mesin uang dilumasi.

Tips Perawatan Ringan Ala Pertamina Lubricants, antara lain:

  • Cek Kondisi Oli, Oli sangat penting untuk melumasi komponen pada mesin, membersihkan kerak sisa pembakaran atau kotoran dari keausan komponen. Jika sudah berwarna kehitaman ganti segera oli secara berkala dan gunakan rekomendasi pabrikan yang telah ada.
  • Cek Kondisi Aki, Aki yang lemah tidak segera diganti bisa menyebabkan pembakatan tidak sempurna/Boros bahan bakar, khususnya motor dengan teknologi baru injeksi.
  • Periksa Rantai & Gir, Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau kekencengan apalagi gear yang sudah tajam, karena bisa akibatkan rantai lepas atau putus dan berbahaya bagi pengendara.
  • Periksa Kabel Koil & Busi, Perhatikan kabel koil yg hubungan arus listrik ke busi, cepat ganti jiga sudah ada retak dan berumur begitupun busi sumber api yang vital dalam pembakaran motor.
  • Perhatikan Selang Bensin, Jika Selang bensin sudah ada retakan karena umur selang bensin rawan bocor dan rawan buntu akibat beli bensin bukan dari POM 
  • Panaskan Motor Secukupnya, Panaskan sebelum dijalankan cukup 1-2 menit agar tidak terbuang sia-sia bensin, Nah kalau motor jarang dipakai lakukan pemanasan rutin, agar oli tidak mengental.
  • Periksa Tekanan Angin Ban, Jika kurang angin bahan bakar akan boros
  • Gunakan Part sesuai rekomendasi pabrikan, lalu liat tingkatan mutunya
  • Jangan Lupa Cuci & Salon Motornya, Dengan motor yang bersih selain enak dilihatnya jika ada kebocoran oli atau bensin akan terlihat, 

Ipoet Kusumonegoro (kiri) Sharing sebagai Ladies Bikers

Pembicara selanjutnya Ipoet Kusumonegoro yang mau sharing sebagai Ladies Bikers dan penyuka moge klasik, saya sendiri baru tahu kalau Ipoet itu Putri dari Om Indro Warkop, makannya darah bikersnya menular langsung ke putrinya.

Menurutnya "Motor sudah sebagai pacar, tentunya harus diperhatikan dan dirawat". Seperti halnya Saat turing ke luarkota, tiba dilokasi sambil istirahat sudah menjadi kebiasaanya langsung cek oli motor, olinya berkurang atau gak, tambah Ipoet.

Lalu terakhir, Syafudin selaku Sales Region 3 PT.Pertamina Lubricants, menurutnya seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern seperti teknologi asupan bahan bakan injeksi, namun hal paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin, karena kondisi mesin sepedamotor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya.

Produk Terbaru PT Pertamina Lubricants

Tambah Syaifudin, PT Pertamina saat ini memiliki Produk-produk oli terbaru baik untuk motor maupun mobil, antar lain:

  • Enduro Matic G, SAE 20W-40 API SL JASO MB, adalah pelumas khusus untuk pengguna sehari-hari sepeda motor dengan transmisi otomatis.
  • Fastron Platinum Racing 10W-60 & 0W-40 adalah pelumas untuk mobil
  • Fastron Gold 5W-30, 5W-40 & 0W-20
  • Fastrom Techno 10W-30, 10w-40, & 15W-50
  • Meditran SX Bio, adalah pelumas kendaraan diesel

"Sebaiknya penggantian oli dilakukan secara rutin, Pelumas mesin perlu diganti jika sudah masanya agar kondisi motor tetap prima. Fungsi Utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung." tambah Agung.

Fungsi Oli

Oli merupakan bagian penting dalam sebuah kendaraan, karena oli mempunyai banyak fungsi bagu kendaraan diantaranya adalah sebagai Pelumas, Pembersih dan Pendingin.

  • Pelumas ( Lubricate) Oli berfungsi untuk melicinkan sehingga dapat mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan pada permukaan komponennya
  • Pembersih ( Clean ) Oli membuang sisa pembakaran, sisa-sisa gesekan yang terjadi.
  • Pendingin (Cool) Oli juga berfungsi untuk mentransfer panas.


Foto Bersama Indra Prabowo (kiri), Narsum (tengah), Irwan Nurfiandi (kanan)

Ternyata merawat kendaraan khususnya motor agar selalu prima sangat mudah asalkan kita mau rutin mengecek motor kesayangan kita, menurut saya yang harus diperhatikan dan wajib di cek yaitu kondisi Oli, jangan sampai berkurang dan bawa ke bengkel resmi untuk perwatan berkalanya.

Foto bersama Blogger & Para Narsum di acara talkshow mobil123com & otospiritcom

Sebagai catatan, sebelum pengendara mengendarai sepeda motor sebaiknya memeriksa rem, lampu-lampu, cek bahan bakar, demi keselamatan dan juga surat-surat kendaraannya jangan sampai ketinggalan.***

Semoga bermanfaat

Tunggu talkshow selanjutnya dengan tema yang lebih seru dan menarik, bye...


18 komentar:

  1. "memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern seperti teknologi asupan bahan bakan injeksi"

    iya pak, khususu motor injeksi kalo ke servis ke bengkel harus lebih jeli lagi konsultasinya ke mekanik
    beda lagi misalnya seperti matic yang bisa bongkar2 sendiri hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas Rul, Perawatan motor injeksi sbenarnya lbh simpel yg terpenting cek kondisi Akinya masih bagus atau nggak

      Hapus
  2. asikk sebenarnya utak atik motor sendiri, disayang2...dirawat dgn perasaan cinta...spt pacar kata Ipoet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Bang, klo motor udah sperti pacar dijamin motornya terawat dan pastinya berat klo mau dijualpun

      Hapus
  3. Motor bakalan awet dan tahan lama kalau sering dirawat ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Ka..Motor ibarat kesehatan klo rutin di rawat pasti kondisinya prima trus

      Hapus
  4. Motornya disayang, motornya terawat yang numpak juga senang ya oom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa bisa aja..yh pasti dinaikinnya juga nyaman kang, bkin happy trus

      Hapus
  5. Kayak badan kan yaa perlu dimanja, pergi ke tukang salon kendaraan, dirapi2in kendaraannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian dipijit-pijit Jun, Biar makin enak di pakenya...bisa langsung ngacir

      Hapus
  6. Untung aku belum pernah ngalami motor mogok di tengah jalan Mas. Aduh amit-amit jangan sampe, tau gak kenapa karena aku rajin merawat motor. Kata Ipoet, "perlakukan motor kita seperti pacar."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup mas, jgan sampai ngulang lagi. Wajar aja dlu motornya blom jdi pacar heee

      Hapus
  7. wah makasih ya mas tipsnya membantu bgt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma2 mba Lena, semoga tips bermanfaat. Biar kendaraanya selalu terawat ya

      Hapus
  8. kalau aku karena nggak begitu paham urusan mesin apalagi motor matic amannya sih bawa ke bengkel secara berkala :)

    BalasHapus
  9. Iya sih Mas, harus dirawat secara rutin supaya motor kesayangan tetap awet dan prima di jalanan :)

    BalasHapus
  10. saya dah coba Enduro Matic G, SAE 20W-40 AP, motor yang biasa ada bunyi sekarang ga. jadi pertimbangan lagi klo mo beli

    BalasHapus
  11. Yuk rawat kendaraan dengan sebaik mungkin

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus