Lifestyle, Tekno, Otomotif, Parenting

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juni 27, 2016

3 Point Penting Mudik Cerdas Yang Harus Diperhatikan Pengemudi


Ilustrasi Persiapan Sebelum Berangkat | Sumber mobil123com

Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi tahunan sebagian besar orang Indonesia untuk pulang kampung (pulkam) merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman setelah sebulan penuh berpuasa ramadhan.

Kalau melihat kalender Idul Fitri 1437H atau lebaran 2016 tinggal 10 hari lagi, Alangkah baiknya bagi yang berencana mudik melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi (Mobil), tentunya harus dipersiapkan sejak sekarang bukan cuma mobilnya saja, namun fisik mental pengemudi juga penting agar selamat sampai tujuan.

Sebelum perjalanan mudik, sebaiknya kendaraan harus di cek ke bengkel terlebih dahulu, untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima dan lancar selama perjalanan.

Talkshow Mudik Cerdas Mobil123 | Sony Susmana (kiri) & Indra Prabowo (kanan) | dok pribadi

Selain mobil yang prima, tentunya pengemudinya pun harus prima juga. Ada 3 Point Penting yang harus diperhatikan pengemudi  saat mudik agar selamat dengan aman menurut " Sony Susmana " dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Saat acara talkshow Mudik Cerdas yang didampingi Indra Prabowo, Managing Editor mobil123.com kemarin Jumat, 24 Juni 2016 bersama portal otomotif nomer 1 di Indonesia yakni Mobil123.com  bertempat di Arubba Carribean Resto & Bar.

3 Point tersebut antara lain:
  1. Aman : Kondisi Pengemudi, Kondisi Ban, dan Peletakan Barang.
  2. Nyaman : Berbagi Tanggung Jawab, Meyakinkan Keputusan, dan Menghadapi Suasana.
  3. Efisien : Waktu /Jarak dan Alternatif Jalan.

Bicara soal point pertama keamanan salah satunya kelelahan biasanya menjadi faktor utama terjadi kecelakaan, Pak Sony menyarankan agar pengemudi yang menempuh perjalan jauh melakukan istirahat setiap empat jam.

Seperti saat melalui jalan yang monoton (jalan lurus),  jalan tol maupun jalan macet saat itulah titik kelelahan muncul pengemudi bisa mencari rest area terdekat untuk istirahat sejenak.

Bisa juga tips seperti pengalaman pak Sony, saat mudik ke Jawa beliau sengaja tidak mengisi BBM penuh mobilnya, supaya bisa mengisi kembali sambil istirahat sejenak di SPBU.

Lalu yang tidak kalah penting masih di point pertama, perhatikan tekanan (angin) ban pastikan tidak kekurangan maupun kelebihan, sekaligus cek keadaan ban. Ujar pak sony, Jika dana terbatas hanya cukup membeli dua ban baru lebih baik ganti ban belakang lebih safety karena apabila pecah ban, ban belakang tidak bisa bermanuver di banding ban depan jadi dapat mengurangi resiko kecelakaan.

Selain itu, tidak diperbolehkan membawa barang bawaan yang berlebihan di atas mobil karena dapat menggangu keseimbangan mobil.

Ilustrasi Saling berbagi tanggung jawab selama perjalanan | sumber autotekno sindonewscom

Untuk point kedua, saling berbagi tanggung jawab, yakni istri bisa menjadi navigator selama perjalanan untuk mengingatkan suami apabila sudah terlihat kelelahan.

Ilustrasi Suasana Mudik Lebaran | sumber oto

Sedangkan untuk point terakhir, dari sekarang cari informasi jalan alternatif terlebih dahulu. kalau bisa saat mudik gunakan jalan alternatif yang sudah di rekomendasi oleh pemda. Jalan alternatif memiliki jarak tempuh lebih panjang namun lancar, jadi bisa menghemat waktu.

Gimana sekarang sudah siap untuk mudik, semoga 3 point penting diatas dapat membantu perjalanan mudik lebaran dengan selamat sampai tujuan dan jangan lupa juga untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas sekaligus yang tidak kalah penting dari point diatas adalah berdoa terlebih dahulu.***

Salam Mudik Cerdas
Mohon Maaf lahir & Bathin

3 komentar:

  1. Saat mudik juga musti pandai cari jalan alternatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener, jalan alternatif bisa menjadi solusi utk menghidari dari kemacetan :)

      Hapus
  2. Iya nih, emang kl di jalan tol yang lurus lempeng2 aja, bs gampang jd ngantuk yak :D

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus