Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 13, 2017

Mengenalkan Kuda Sejak Dini di Peternakan Kuda Pamulang

Mengenalkan Kuda Sejak Dini,

Kuda merupakan hewan yang begitu bermanfaat bagi manusia, bahkan jaman dahulu kuda dijadikan sebagai sarana alat transportasi untuk menunjang mobilitas kala itu. Entah ditunggangi langsung atau dijadikan delman agar bisa mengangkut lebih dari satu penumpang.

Bocil udah berani naik kuda sendiri 

Jadi ingat waktu jaman dulu, kalau main ke alun-alun suka di ajak naik delman. Momen yang selalu dinanti-nanti kalo main ke alun-alun biar bisa naik delman. Makanya sekarang saya selalu ngajak anak naik delman atau naik kuda biar berani dan belajar menyayangi hewan selain itu juga agar memori nya selalu terkenang hingga nanti saat dia dewasa.

Habis liat kuda yang sedang berlatih 

Sekarang berkuda selain dijadikan hobi juga sebagai olahraga, tidak hanya laki-laki kaum perempuan pun suka berkuda. Kebetulan di sekitar tempat tinggal saya (Pamulang) ada tempat latihan berkuda sekaligus peternakan kuda-nya, saya sendiri baru-baru ini masuk sambil jalan- jalan kebetulan anak saya suka kalau lihat kuda, Walaupun sudah lama tahu ada peternakan kuda, awalnya saya pikir punya pribadi nggak dibuka umum ternyata boleh masuk dan gratis lagi.

Gerbang Masuk Pamulang Equestrian Centre 

Kalau mau ke Pamulang dari arah Ciputat pasti sering lihat, karena melewati yang berada di sebelah kanan Jalan Pajajaran Raya, Kota Tangerang Selatan.

Orang biasa menyebutnya Pacuan kuda Pamulang yang dulunya diberi nama Pamulang Studi & Stanley dan Pamulang Riding School didirikan pada tahun 1982. Saat ini berubah nama menjadi Pamulang Equestrian Center (PEC).

Sejarah singkat Pacuan Kuda Pamulang

"Pada mulanya Kel. Soehardjo mempunyai rencana memperbaiki ras kuda sandel lokal yang dianggap kurang memiliki kecepatan dalam berlari serta badan yang terlalu pendek dan padat.

Pada tahun 1968 untuk pertama kalinya peternakan kuda Pamulang mendatangkan 2 ekor pejantan thoroughbred (persilangan kuda Arab dan kuda Eropa ) dari Australia, dengan maksud untuk memperbaiki ras kuda lokal. Dari sinilah lahir bibit-bibit kuda pacu." Sumber brosur PEC

Salah satu Kuda yang sedang di Therapy di PEC

Selain berternak kuda, PEC juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengenal dan belajar kuda. Saat saya kesana pun ada yang sedang berlatih didampingi instruktur. Eh, ternyata kalau kamu memiliki kuda bisa bawa ke PEC tersedia juga layanan perawatan kuda ( Standing ) dan Horse Therapy.

Kalau kamu suka berkuda dan berinteraksi bersama kuda, salah satu manfaatnya mampu meningkatkan konsentrasi dan menurunkan agresivitas seseorang ( kontrol diri). Menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, menambah kepercayaan diri dan dapat mengendalikan kontrol tangan, kaki dan punggung.

Berkuda di PEC 

Bagi yang penasaran pengen belajar berkuda di PEC cukup keluarin kocek 250 ribu/30menit . PEC nggak setiap hari di buka, hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Jadi kalau kamu sedang main ke Pamulang mampir aja Sambil lihat kuda-kuda pacu yang terawat dengan baik.


Bocil sedang merayu temannya untuk berani naik kuda

Namun menurut saya tempatnya masih kurang komersil untuk di buka umum dan fasilitas yang masih terbatas jadi banyak orang yang gak tahu, karena saya sendiri kesannya masih seperti peternakan pribadi, semoga PEC bisa di poles lagi agar lebih menarik perhatian pengunjung. Sekaligus bisa menjadi tempat wisata edukasi di Pamulang khususnya di kota Tangerang Selatan. ***







1 komentar:

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus