Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Desember 03, 2017

"MUVON" Pionir Aplikasi Gayahidup Halal Bagi Umat Muslim



Perkembangan Era Digital seperti saat ini yang begitu pesat, Dengan Peralihan aplikasi dari teknologi biasa menjadi teknologi modern berbasis Over The Top dapat dirasakan manfaatnya oleh semua orang segala aktivitas sehari-hari  hingga hiburan semakin terbantu jadi mudah dan praktis, semua dapat dilakukan hanya bermodalkan ponsel pintar semua sudah tersedia .

Teknologi terdepan berbasis "Over The Top (OTT) merupakan layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet..." Saya kutip dari id.wikipedia.org . Mendengar Teknologi OTT mungkin kurang familiar, padahal teknologi tersebut sudah digunakan pada media sosial yang kita gunakan sehari-hari seperti Line, WhatsApp, YouTube, iflix dll.

Launching App MUVON

Bertepatan dengan milad  ke-4 tv Muhammadiyah yang merupakan Televisi Muslim Terbesar di Indonesia , pada hari Kamis (30/11) bertempat di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta. tvMu meluncurkan aplikasi mobile yang diberi nama MUVON yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama tvMu, Gatot Triyanto, Ketua umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H Dadang Kahmad. M.Si dan perwakilan Kominfo RI.

Tampilan aplikasi mobile MUVON

MUVON adalah sebuah layanan aplikasi mobile berbasis teknologi Over The Top, dengan pilihan menu layanan berupa media televisi , online shopping produk dan jasa halal, serta layanan search engine yang bermanfaat bagi umat muslim seperti
untuk pencarian lokasi Mesjid, Rumah Sakit muslim, Sekolah muslim, Kampus dan Panti asuhan.

Tampilan Menu App MUVON versi Beta 

Beberapa Menu di Aplikasi  MUVON , antara lain:

  • TvMu : tayangan live streaming TV Muhammadiyah yang menayangkan informasi, pendidikan ,dakwah dan kontrol sosial.
  • CJMu : Citizen Jurnalistik merupakan wadah ekspresi dan kreasi untuk upload live Video kejadian sekitar (pengguna dapat merekam kejadian yang sedang berlangsung untuk dibagikan peristiwa tersebut kepada khalayak luas)
  • VideoMu : merupakan video on demand dimana pengguna dapat memilih film-film favorit yang ingin ditonton 
  • BillMu : merupakan fitur untuk memudahkan pembayaran sehari-hari seperti baut tagihan listrik, air, telepon,tv berlangganan, serta pembelian pulsa, tiket dll
  • MasjidMu : merupakan fitur untuk memudahkan pencarian lokasi masjid serta jadwal kajian dan kegiatan yang diselenggarakan masing-masing masjid di Indonesia.
  • PasarMu : merupakan layanan produk dan jasa, produk yang dijual dijamin 100% halal dan bagi pedagang muslim dapat berdagang dengan gratis tanpa dipungut biaya.
  • JobsMu : referensi info lowongan pekerjaan yang halal sesuai dengan pendidikan dan minat pengguna dan peluang untuk berwirausaha bagi yang ingin berwirausaha .


Aplikasi MUVON merupakan pengembangan atas kerjasama antara TV Muhammadiyah ( tvMu ) dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia.

MUVON berarti penjabaran Muhammadiyah Vision yang dilandasi oleh visi yakni mengembangkan ekosistem gaya hidup halal dengan dukungan teknologi OTT, tentunya memberikan manfaat dan menebar kebaikan untuk seluruh ummat, dengan dimotori oleh keluarga besar Muhammadiyah.

Direktur Utama tv Muhammadiyah, Gatot Triyanto

Menurut Pak Gatot selaku Direktur tvMu, saat acara launching aplikasi MUVON, "Berharap sinergi yang lebih luas lagi setelah launching aplikasi MUVON ini, salah satunya sinergi yang telah dilakukan adalah kerjasama dengan UseeTV dan useeNews."

Penandatangan Kerjasama MUVON dan BNI syariah

Saat acara launching aplikasi sekaligus penandatangan kerjasama MUVON dengan BNI syariah, tentunya sebagai bukti kerjasama untuk kebaikan bersama melalui dakwah dan mensukseskan semua konten yang akan disajikan oleh aplikasi MUVON.

Sebagai penutup acara launching saat itu ujar pak Gatot, "semoga aplikasi MUVON memberi warna baru di dunia digital khususnya bagi umat muslim".

Kehadiran aplikasi #HalalLifestyle MUVON sebagai pionir dengan teknologi terdepan berbasis OTT bagi umat muslim tentunya saya sangat bangga dan mengapreasi, apalagi aplikasi ini karya anak bangsa tentunya perlu kita support bersama agar aplikasi MUVON ini sesuai dengan visi misinya menjadi media dakwah dan amar ma'ruf nahi mungkar yang terdepan, cerdas dan mencerahkan, sekaligus untuk memberikan banyak manfaat bagi penggunanya dan melibatkan pengguna untuk Saling berbagi baik dalam memberikan informasi maupun dalam memajukan kehidupan ekonomi yang lebih baik.

Sekali lagi selamat dan sukses atas launching aplikasi mobile MUVON, walaupun saat ini masih versi Beta (ujicoba) harap bersabar versi fullnya bisa dinikmati pada akhir Februari 2018 dapat di download di android dan iOs. Namun yang ingin mencobanya versi beta bisa di donlod di android Playstore, selamat mencoba .***

Sumber Foto: @cidyrus

2 komentar:

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus