Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Juli 19, 2023

Tips Memanfaatkan Teknologi AI untuk Kembangkan UMKM bersama Amartha

Pelaku UMKM | sumber foto tribun

Era digitalisasi sudah mulai nampak, Perkembangan zaman semakin pesat dimana teknologi hadir untuk mempermudah manusia saat ini, dimana segala sesuatu bisa dilakukan serba digital termasuk juga dalam berbisnis. Era digital membuat inovasi serta perubahan perilaku semakin mudah dilakukan, salah satunya di sektor financial teknologi yakni aplikasi dompet digital yang sudah familiar digunakan oleh masyarakat termasuk saya sendiri transaksi apapun seperti belanja kebutuhan atau mobilitas menggunakan trasportasi umum sudah tidak menggunakan uang cash, cukup menggunakan dompet digital jadi tidak perlu kuatir lagi kekurangan uang cash.

Perkembangan teknologi yang cepat sekaligus kemudahan akses internet untuk mencari informasi dimana pun dan kapanpun sangat terbantu manusia saat ini cukup ketik di search engine mbah google secara otomatis langsung memprediksi kata-kata yang sedang kita cari. Nah, Prediksi tersebut salah satu contoh dari Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).
 
Kehadiran AI Technology yang saat ini menjadi perbincangan seru dimana-mana karena mempermudah pekerjaan namun satu sisi menjadi momok bagi para pekerja karena fungsinya tergantikan. AI diketahui sebagai teknologi yang punya potensi besar dapat mengubah kehidupan manusia di masa depan.

Bagaimana tidak jadi topik perbincangan dimana-mana, AI Technology ini sebuah program komputer yang dirancang bisa meniru kecerdasan manusia termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya.
 
Nah, Bagaimana cara AI berfungsi? Lalu bagaimana AI membantu kita dalam bisnis terutama UMKM. 

"Amartha memiliki misi mewujudkan kesejahteraan bersama lewat pembangunan infrastruktur keuangan digital"
Salah Satu perusahaan keuangan mikro terdepan yang memberdayakan UMKM khususnya perempuan, yang memiliki misi mewujudkan kesejahteraan bersama lewat pembangunan infrastruktur keuangan digital, yakni AMARTHA telah berinovasi menggunakan AI technology sebagai solusi untuk mengambil keputusan kredit. 

Produk layanan terbarunya, yaitu Teknologi AI Credit Scoring, yang diberi nama AScore.ai untuk mengembangkan UMKM. 

AScore. ai adalah layanan penilaian kredit yang kuat sebagai solusi pengambilan keputusan yang lebih tepat dan memanfaatkan peluang yang belum dimanfaatkan. 
 
Sebelum kita bahas manfaat Teknologi AI untuk kembangkan UMKM, kita bahas fungsi AI sendiri seperti apa? 

Dari yang pernah saya baca fungsi yang dimiliki oleh Artificial Intelligence cukup banyak. Hadirnya AI Technology dapat memberikan kemudahan dalam setiap pekerjaan manusia, mulai dari pemrosesan bahasa alami, menggerakkan, menalar, maupun juga memanipulasi objek. Selain itu, kehadiran Artificial Intelligence juga diharapkan mampu mengenali pengetahuan dan juga bisa melakukan pembelajaran sehingga pada akhirnya bisa mengembangkannya.

Jadi, kesimpulan dari fungsi yang ada pada Artificial Intelligence (AI) adalah agar supaya sebuah perangkat bisa memiliki kecerdasan yang setara atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

Produk UMKM | sumber foto Mnews. co. id

Pelaku UMKM di era digital saat ini harus beradaptasi dengan teknologi khususnya dengan penerapan teknologi AI, Untuk meningkatkan produktifitas bisnis.

Tips Memanfaatkan AI untuk Kembangkan UMKM
  • Meningkatkan Costumer Service
  • Efektivitas dan efisiensi dalam mengembangkan karyawan atau SDM 
  • Makin memudahkan digital marketing atau pemasaran, Dengan AI bisa membantu jenis promosi yang strategis sekaligus target market lebih tepat sasaran. 
  • Produktifitas dan profit UMKM akan terus meningkat 
  • Kegiatan operasional bisnis akan berjalan lebih optimal. 
Amartha yang sudah berinovasi dgn AI Technology diharapkan dapat memudahkan pelayanan terbarunya, Teknologi Credit Scoring 
Sendiri adalah metode yang memberikan evaluasi terhadap kelayakan subyek tes dalam bentuk nilai. 

Credit Scoring Amartha, menganalisis data pinjaman Amartha untuk menilai kelayakan kredit  segmen yang kurang terlayani berdasarkan faktor risiko profil, industri dan telekomunikasi. 


Biar makin kenal Siapa itu AMARTHA!
 
Amartha merupakan platform teknologi keuangan mikro terdepan yang memiliki misi mewujudkan kesejahteraan bersama lewat pembangunan infrastruktur keuangan digital bagi ekonomi akar rumput. Berdiri sejak 2010, Amartha hadir sebagai microfinance untuk menghubungkan usaha mikro pedesaan yang dijalankan oleh para perempuan tangguh dengan akses permodalan terjangkau. 
 
Kini Amartha tumbuh sebagai perusahaan teknologi yang membangun ekosistem keuangan mikro sehingga lebih terhubung dengan ekonomi digital yang berkembang pesat melalui permodalan investasi dan layanan pembayaran. Amartha memajukan ekonomi piramida bawah dengan daya saing kewirausahaan mikro dan kecil. Dengan demikian, kami memberdayakan lebih banyak UMKM perempuan, menciptakan lapangan kerja dan membangun pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

Amartha sudah berpengalaman selama 13 tahun dengan lebih 8000 tenaga lapangan yang mengoptimasi penyaluran pinjaman dengan cepat dan akurat. Jadi tidak perlu khawatir Amartha telah berizin dan diawasi oleh OJK. 

Kesimpulannya kehadiran di era digitalisasi dengan menerapkan Teknologi AI, Bagi UMKM sangat membantu strategi promosi lebih tepat sasaran, operasional bisnis berjalan lebih optimal. Bagi penyedia jasa keuangan mikro tentunya dapat memudahkan untuk pengambilan keputusan salah satunya produk yang digunakan Amartha Credit Scoring secara akurat. 

Salam AI 
Semoga Bermanfaat 


 

0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus