Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mei 26, 2024

Biar Motornya Bertenaga Rantai Motor Penting Diperhatikan


Sebagai pengguna sekaligus hobi naik sepeda motor, motor sudah jadi lifestyle yang tidak bisa terpisahkan begitu saja walaupun buat sebagian orang malas naik sepeda motor karena takut kepanasan dan kehujanan namun buat saya tidak ada masalah malah asik-asik saja apalagi membantu banget dalam beraktivitas sehari-hari, Karena salah satu kendaraan yang bisa menerobos dan fleksibel digunakan untuk menghindari kemacetan dijalan raya. 

Hingga kini sepeda motor masih menjadi pilihan dan favorit yang mendominasi di jalan raya, Oleh karena itu sepeda motor tentunya perlu perawatan secara berkala agar saat digunakan apalagi saat bermanuver tetap nyaman. Merasakan banyak manfaat dari yang namanya sepeda motor tentu merasa bersalah kalau kita hanya bisa memakainya saja tanpa memikirkan bahwa sesuatu yang setiap harinya kita pakai dan kita gunakan akan mengalami penurunan kualitas. 

Meskipun saya termasuk yang rajin perawatan tapi ada kalanya lupa bahkan malas kalau melihat kondisi motor sudah kotor selepas hujan. Pernah mengalami saat rantai kotor terasa seret dan itu sangat mengganggu karena tarikan motor jadi tidak enak terasa berat dan mengeluarkan bunyi berisik. Kalau sudah begini tentu perjalanan tidak nyaman dan menjadi lambat.  Bro/Sis pernah mengalami hal yang sama seperti saya! 

Bagaiamana caranya agar rantai motor tetap awet ? 

Hal yang perlu diperhatikan untuk membersihkan rantai motor yakni biasanya kalau saya bilas terlebih dahulu dengan air yang sudah dicampur dengan air shampoo khusus motor hindari menggunakan sambun cuci piring karena dapat merusak permukaan rantai, lalu sikat untuk membuang pelumas dan kotoran yang menempel dirantai lalu bilas kembali dengan air bersih. 

Setelah itu cek kembali dalam keadaan rantai sudah kering apabila rantai motor kendor segera kencangkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Lalu yang terpenting gunakan pelumas khusus rantai untuk mengurangi gesekan dan pastinya rantai jadi awet tahan lama dan tidak mudah berkarat. 

Rantai Motor Berkualitas by Planet Ban

" Rantai motor merupakan komponen yang sangat penting dalam sepeda motor yang berfungsi sebagai penghubung antara mesin dengan roda. Tentunya bekerja lebih keras dari komponen lainnya, karena tenaga yang dihasilkan dari mesin diteruskan ke roda yang akan menggerakkan sepeda motor ". 

Bagi yang baru menggunakan sepeda motor mungkin bertanya-tanya kapan sih idealnya rantai motor harus diganti? 

Sebenarnya bervariasi tergantung pemakaian kalau memang dipakai setiap hari lalu merasa rantai motor dan gir sudah aus bahkan rantainya sudah kendor saatnya harus diganti. Karena rantai motor yang sudah tidak baik tenaganya tidak optimal menyebabkan tarikan motor jadi berat dan tidak maksimal. Kalau saya sendiri penggantian rantai motor kurang lebih setahun atau umur pemakaian kurang lebih 10.000 - 15.000 Km. 

Maka dari itu Bro/Sis kita harus rajin membersihkannya biar rantai motornya tetap awet karena komponen ini paling sering terkena partikel debu, lumpur dan kotoran yang menempel. Dan juga harus dipastikan memilih rantai motor yang benar-benar kualitasnya terjamin supaya tahan lama. Untuk harga rantai sepeda motor bervariatif, disesuaikan tipe dan jenis motornya untuk mendapatkan kualitas yang baik. 

Sparepart Berkualitas by Planet Ban


Nah sobat Bro/Sis sudah tahu belum kalau di Planet Ban tidak hanya fokus untuk mengganti Ban berkualitas dan tahan lama saja, namun bisa servis berkala seperti ganti oli maupun penggantian sparepart atau suku cadang berkualitas seperti RANTAI Sepeda Motor  baik itu motor Bebek ataupun sport juga tersedia. Asiknya lagi penggantian Rantai Motor di Planet Ban Gratis pemasangan.  Kenapa saya pilih di Planet Ban outletnya tersebar di mana-mana kurang lebih 1100 outlet tersebar di seluruh Indonesia jadi lebih mudah dan dekat rumah pastinya. 

Kartu Planet Ban

Kapok dengan pengalaman tersebut, sekarang harus lebih aware masalah perawatan dan cek servis berkala supaya kerusakannya tidak merembet kemana-mana dan juga menggunakan suku cadang berkualitas, karena kalau salah satu dari komponen kendaraan yang rusak pasti akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya dan itu malah akan over budget tentunya. Setujukan.... 


Semoga bermanfaat, Salam Otomotif 

9 komentar:

  1. Rantai motor yang baik dan berkualitas menjadi suatu keharusan bagi pengguna sepeda motor yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kang kalau mau nyaman & selamat selama berkendara hal sepele seperti Rantai Motor pilih yang berkualitas dan Jagan lupa harus dirawat

      Hapus
  2. Setuju banget kalo merawat rantai sepeda motor itu penting banget demi keselamatan kita berkendara.

    Dan baru tahu kalo di Planet Ban itu tidak hanya untuk mengganti ban saja ya tapi bisa servis juga termasuk untuk rantai motor kita ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan kondisi motor yang terawat semoga selama diperjalanan akan nyaman dan selamat






      🙏

      Hapus
  3. Ow ada membership card di Planet Ban. Lokasinya banyak nih, dekat tempatku juga ada. Jadi gampang urusan servis motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba outlet nya banyak Planet Ban....Member card kalau sekedar mau isi angin saja diseluruh outlet Planet Ban gratis

      Hapus
  4. Terus kapan jalan jalan naik motor ke Sunda Kelapa?

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih ulasanya, kadang perawatan rantai masih suka pakai bensin dan air sabun ternyata tidak dianjurkan ya

    BalasHapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus