Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 24, 2018

6 Tips Dasar Yang Wajib Diketahui Saat Memilih Pelumas Motor Yang Tepat dan Berkualitas



Pilih pelumas yang tepat dan berkualitas tinggi sekaligus berteknologi terdepan yang dapat memberikan perlindungan maksimal untuk mesin motor, kopling dan gear motor 


Sebagai negara berkembang dengan populasi jumlah penduduk terbesar, Indonesia masih menjadi pasar yang potensial khususnya industri otomotif.

Apalagi kendaraan roda dua atau sepeda motor di tanah air merupakan kendaraan yang paling populer selain harga yang ditawarkan terjangkau oleh masyarakat dibandingkan dengan membeli mobil, menggunakan sepeda motor buat saya pribadi lebih praktis dan mobilitas semakin mudah kemana-mana lebih cepat itupun salah satu alasan menjadi populer di Indonesia. Mungkin sobat cidyrus punya pendapat lain tentang sepeda motor !!

Melihat populasi yang tinggi tentunya kebutuhan pelumas mesin untuk kendaraan roda dua di Indonesia tercatat terus meningkat. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Januari 2018, angka penjualan sepeda motor sendiri tercatat mencapai 482.537 unit atau naik 66.541 unit dari 415.996 unit per bulan Desember 2017.

Ilustrasi Mesin Sepeda motor | dok pri

Banyaknya pelumas yang ditawarkan di pasaran tentunya sebagai pengguna sepeda motor (bikers) kita harus mengetahui dasar jenis oli yang akan kita gunakan, jangan sampai sepeda motor kesayangan kita performance tidak maksimal atau mengalami kerusakan karena salah memilih jenis oli. Oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pendingin bagi motor, oleh karena itu pemahaman terhadap oli penting untuk diketahui.

Biar gak bingung pilih pelumas, Sobat cidyrus Ada 6 Tips dasar yang bisa diketahui untuk memilih oli mesin sepeda motor yang baik dan tepat , PERTAMA kenali dulu Jenis Kendaraan yang kita miliki sepeda motor sport, motor biasa (bebek), atau matic. KEDUA ketahui spesifikasi sepeda motor jenis  4 tak atau 2 tak. KETIGA Fungsi dan kegunaan motor, sepeda motor yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, touring atau lintasan balap. Jika penggunaan normal untuk sehari-hari Oli standar sudah cukup, tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk touring atau lintasan balap oli yang dipilih harus mampu bertahan pada kondisi kerja ektrim. KEEMPAT Tahun pembuatan motor, tentunya komponen dan teknologi mesin berbeda. Motor tua membutuhkan oli yang lebih kental sedangkan motor teknologi baru dengan celah-celah mesin yang lebih sempit membutuhkan oli yang lebih encer yakni oli sintetik atau semi sintetik. KELIMA Kondisi dan Cuaca, tips ini gak perlu kwatir, karena kondisi di negara kita cuacanya tidak terlalu ektrim baik panas maupun dingin, jadi jenis yang digunakan spesifikasinya kode "W" ( Winter ) / musim dingin. KEENAM Pilih pelumas berkualitas yang dapat memberikan perlindungan dari gesekan & selip kopling, terhadap karat & korosi pada bearing, dapat melindungi terhadap pembentukan lumpur & varnish sekaligus  peningkatan daya tahan terhadap viskositas dan kerusakan termal pada suhu mesin yang tinggi.

Selain itu ada yang perlu diketahui juga dua kode internasional yang wajib diketahui dalam memilih oli, yakni kode Kekentalan Oli dengan istilah SAE ( Sociaty of Automotive Engineers ) dan Kualitas Oli dengan istilah API Service ( American Petrolium Institute ). Contohnya SAE 5W-20 atau SAE 10W-40 angka sebelum W menandakan penggunaan pada suhu mesin sedangkan setelah W menandakan Semakin besar angka menandakan semakin kentalnya oli tersebut.



Philips 66 Hadirkan Pelumas Motor Berkualitas Premium di Indonesia 

Salah satu produsen pelumas terbesar di dunia Philips 66 asal Amerika Serikat yang sudah berpengalaman lebih dari 130 tahun di bidang Minyak & Sektor Energi dan juga memasarkan produk-produk unggulan dalam berbagai segmen pasar penting termasuk otomotif, trucking, pertanian, penerbangan, pembangkit listrik, pertambangan dan kontruksi. Selain itu Philips 66 Lubricants juga memiliki 4 merek pelumas yang sudah dikenal yakni Philips 66, Conoco, 76 dan Kendall. Salah satu produknya kali ini menghadirkan Pelumas Motor Berkualitas Premium di Indonesia.

Ms Julie Thompson, saat press conference dan brand announcement 

Kebetulan saya menghadiri acara press conference tersebut Pada hari Kamis (22/03) bertempat di Hotel Aloft Jakarta Wahid Hasyim. Acara yang dibuka langsung oleh Ms Julie Thompson selaku International Sales Director Philips 66, menurutnya " Kami bangga mampu menghadirkan produk berkualitas premium di Indonesia dengan kualitas dan teknologi terbaik dikelasnya ".

Produk berkualitas premium terbaru yang diluncurkan kali ini adalah Kendall Motorcycle Oil yang didistribusikan oleh mitra resminya di Indonesia PT Kendali Andalan Sempurna (KAS).  Pada PressCon Ms Julie mengatakan bahwa kerjasama dengan KAS sangat strategis bagi Philips 66 untuk mulai menjual produk pelumas berkualitas tinggi di Indonesia karena jaringan layanan distribusi yang cukup luas.

Launching Kendall Motorcycle Oil, (ki-ka) Ms Julie Thompson, Michael Arief, Johannes Dede 

Tanpa menunggu lama peluncuran produk Kendall Motorcycle Oil yang disaksikan langsung teman-teman media,blogger dan komunitas motor, Philips 66 menghadirkan tiga varian pelumas sintesis untuk sepeda motor dan kendaratan ATV. Produk tersebut adalah 4T Full Synthetic MA SAE 10W-40 dan 4T Semi Full Synthetic MA SAE 10W-40 untuk sepeda motor 4-tak dan ATV , serta 4T Semi Synthetic MB SAE 10 W-30 untuk sepeda motor matic.

3 Varian Pelumas Motor 4T, Kendall Motrocycle Oil


Kenapa harus memilih Kendall Motorcyle Oil ?

Pelumas Kendall merupakan oli mesin berkualitas premium dengan teknologi Liquid Titanium, keunggulan lain dari varian 4T Semi Synthetic MB SAE 10W-30 yakni memberikan perlindungan terhadap mesin motor, kopling dan gear motor. Sedangkan varian 4T Full Synthetic MA 10W-40 dan 4T Semi Synthetic MA 10W-40 untuk sepeda motor yakni mampu memberikan perlindungan dan ketahanan yang baik sehingga menghindari selip kopling.

Tiga varian baru tersebut sama-sama berteknologi tinggi untuk mencegah pengentalan pelumas dan kerusakan termal pada suhu mesin yang tinggi . Selain itu, Kendall Motorcycle Oil mampu melindungi mesin stabilitas yang tinggi karena menjaga mesin dari karat dan korosi pada bantalan mesin.

Begitupun menurut Ms Julie saat sesi Q.A mengatakan, produk Kendall Motorcycle Oil merupakan wujud komitmen Philips 66 dalam memberikan pelumas berkualitas berteknologi terdepan dan lebih baik ketimbang brand lainnya. Philips 66 juga memberikan jaminan bahwa produk yang tersedia merupakan genuine product yang diproduksi di Amerika Serikat sehingga terjamin kualitasnya dalam melindungi mesin.

Selain itu sebagai pemasok pelumas jadi terbesar di Amerika, Philips 66 Lubricants memiliki 4 merek pelumas yang sudah dikenal yakni Philips 66, Conoco, 76 dan Kendall.

Walaupun berasal dari Amerika, Pelumas ini sudah di sesuaikan dengan kondisi cuaca di Indonesia dan sepeda motor asal Jepang  yang banyak dipasarkan di Indonesia, Jadi nggak perlu kwartir .

Kendall Motorcycle Oil sudah dengan mudah bisa didapatkan melalui Blibli.com

Bagaimana sobat cidyrus, sekarang udah nggak bingung lagi dong memilih pelumas berkualitas yang tepat buat motor kesayangannya. Kebetulan saat acara launching kemarin, selaku National Sales Manager KAS, Michael Arief mengatakan saat ini, KAS sudah memperluas jaringan distribusinya di Jawa dan Bali untuk memenuhi kebutuhan masyrakat. KAS juga secara resmi bekerjasama dengan Blibli.com sebagai e-commerce distrbution partner yang mendapat hak penjualan eksklusif selama satu bulan penuh terhadap pelumas Kendall Motorcyle Oil.

Selain itu KAS juga memasarkan rangkaian produk pelumas Kendall Oil di Indonesia berupa GT-1 Full Synthetic Motor oil 10W-20 with Liquid Titanium untuk ke daratan berbahan bakar bensin (API DAN) dan Super DXA Diesel Engine Oil with Liquid Titanium 10W-30 untuk kendaraan bermesin diesel (API CK4).

Semoga tips dasar diatas dapat membantu memilih pelumas yang tepat dan baik, soal selera dan dompet kembali ke sobat cidyrus yang lebih tahu, selamat mencoba. :) ***

Salam Otomotif


Sumber foto dok.pri







4 komentar:

  1. Mesti pinter nih milih pelumas. Kendall Oil ini nih kelas dunia, ga diragukan lagi kualitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas Jun, Yg Pasti Udah berpengalaman soal pelumas

      Hapus
  2. wahhh iya bener milih oli jangan sembarangan... penasaran nih pengen pake Kendall Oil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Mba Yayat, Biar gak penasaran siap2 motornya makin Ngacir....heee

      Hapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus