Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 06, 2018

Groundbreaking GIPTI Tempatnya Inovasi IPTEK di BSD City


Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Pembangunan GIPTI di BSD City

Cikal bakal Sillicon Valley Indonesia, GIPTI menjadi showcase kemajuan inovasi, serta sarana edukasi masyarakat di bidang IPTEK

Hai sobat tekno, ada kabar baik nih buat  yang tinggal di Tangerang dan sekitarnya khususnya area BSD City. Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( PUSPIPTEK ) Serpong berkolaborasi bersama Sinarmas Land akan membangun sebuah Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi yang disingkat GIPTI di kawasan BSD City. Tepatnya dekat Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD . Kabar baiknya bukan hanya sekedar galeri yang memamerkan kemajuan inovasi dan teknologi terapan terkini dari anak bangsa, namun sebagai tempat pemberdayaan dan sarana edukasi masyarakat di bidang IPTEK, sekaligus tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan Startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi. Sobat tekno, Pastinya makin penasaran seperti apa GIPTI!

Teman-teman blogger foto by mas Agung

Kebetulan kemarin 04 Oktober 2018 berlokasi di BSD City saya bersama teman- teman blogger mendapatkan kesempatan bisa hadir menjadi saksi peletakan batu pertama atau Groundbreaking pembangunan GIPTI yang dihadiri langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( RISTEKDIKTI ).

Opening Tari Rampak Bedug

Acara yang dimulai pada pagi hari diawali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan berdoa terlebih dahulu, selanjutnya menampilkan Tarian Rampak Bedug yang merupakan kesenian tradisional khas Banten, membuat acara menjadi semakin terhibur. Tanpa menunggu lama, Sambutan pertama Kepala Puspiptek Serpong, Dr. Ir. Sri Setiawati, M.A, menurutnya lahan yang akan dijadikan GIPTI memiliki luas kurang lebih
15 Hektar yang dimiliki Puspiptek sudah lama kosong, beliau pun menyambut baik kolaborasi Puspiptek bersama dengan Sinarmas land.

Sri Setiawati, Kepala Puspiptek Serpong 

"Kehadiran GIPTI sebagai showcase kemajuan IPTEK dan inovasi serta teknologi terapan terkini yang memiliki 5 zona seperti : Zona Penerima, Zona Display dan Zona Pengembangan Kewirausahaan, Zona Penelitian, dan Zona Kawasan Ruang Terbuka Hijau. Tidak hanya itu, GIPTI juga akan dilengkapi Gateway Park, Techno Park dan Lake Park". Ujar Sri Setiawati.

Cristopher Siswanto Adisaputro, CEO strategic Land Bank Sinar Mas Land 

Dilanjutkan sambutan dari CEO strategic Land Bank Sinar Mas Land, Christoper Siswanto Adisaputro mewakili bpk Michael Wijaya Menurutnya, " Kami sangat mendukung pembangunan GIPTI di BSD City. Berharap kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city, dimana saat ini BSD city juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi 'Silicon Valley' di Indonesia.

Berharap dengan adanya GIPTI banyak pihak bisa saling berkolaborasi agar bisa mewujudkan Indonesia yang lebih maju lagi di Industri berbasis teknologi. Tambah, Cristopher.

Mohammad Nasir, Menteri Ristekdikti RI

Begitupun menurut Pak Menteri Ristekdikti, Mohammad Nasir saat memberikan sambutan acara Groundbreaking kemarin di BSD City. GIPTI akan menjadi sebuah ekosistem inovasi bersama Digital Hub untuk percepatan terwujudnya Silicon Valley Indonesia di BSD City.

Pak Menteri pun menambahkan, GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspiptek dan Sinarmas land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun Technopolis. Saat ini, kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut , dengan dijadikannya PUSPIPTEK - Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM Industri.

Penandatangan MoU disaksikan langsung oleh Pak Menteri Ristekdikti

Setelah acara sambutan dilanjutkan penandatangan MoU antara Puspiptek dan 3 tenant yang sepakat bergabung di GIPTI antara lain, Purwadhika, Walden Global Service dan Rumah Kreatif Jogja. Semoga tenant- tenang yang lain dapat menyusul.

Peletakan Batu Pertama ( Groundbreaking ) oleh Mohammad Nasir, Menteri Ristekdikti RI 

Setelah penandatanganan, acara yang ditunggu -tunggu peletakan batu pertama atau Groundbreaking pembanguan GIPTI, yang berlokasi di kawsan BSD city diawali oleh pak menteri Ristekdikti dilanjutkan pejabat pemerintah kabupaten Tangerang, puspiptek dan Sinarmas land. Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Narsis dulu seblum proses pembangunan, foto by Ono 

Teman-teman blogger #SatuBSD

Klo boleh jujur saya sendiri yang tinggal dekat sekitar BSD City menyambut baik dan senang pastinya bahkan udah gak sabar dengan kehadiran GIPTI, apalagi kawasan BSD City sebagai kota mandiri yang saya tahu akan bertransformasi menjadi integrated smart digital city , sudah pasti fasilitas dan infrastruktur akan berbasis teknologi digital. Wah asik nih, Kedepannya udah pasti kren apalagi akan menjadi Sillicon Valley Indonesia jadi gak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Selain itu dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini kehadiran GIPTI tentunya saya bisa memperkenalkan dunia IPTEK lebih jauh lagi ke anak saya.  Semoga kehadiran GIPTI yang berkolaborasi pemerintah bersama industri menjadi kawasan menyenangkan yang berbasis teknologi. ***


Biar gak penasaran cuplikan nya bisa liat di channel YouTube saya https://youtu.be/akWQPpXIXvA


2 komentar:

  1. Balasan
    1. Betul mba, Sebuah kawasan yang memiliki konsep ramah lingkungan dan smart city

      Hapus

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus