Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Oktober 26, 2018

Step by Step Proses Perpanjang STNK 5 Tahunan

Samsat Polres Bogor-Cibinong | dok pribadi 
Hai sobat oto, sebagai warga negara yang baik bagi pemilik kendaraan bermotor udah kewajiban setiap tahun untuk bayar pajak kendaraanya, namun untuk proses bayar pajak tahunan saat ini sudah semakin mudah, banyak pilihan selain datang langsung ke Samsat, mobil keliling Samsat, perwakilan loket samsat di mall atau untuk wilayah Jawa Barat bisa datang ke Bank BJB yang cabangnya tersedia loket Samsat, tinggal pilih mana yang menurut sobat oto prosesnya gampang dan gak ngantri pastinya.

Kali ini yang pengen saya ulas, step by step proses perpanjangan STNK 5 Tahunan. Karena jikalau lebih dari dua tahun setelah masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) belum juga perpanjang kendaraan bermotornya sesuai peraturan UU lalu lintas dan Perkab yang saya kutip dari (liputan6.com) "Dapat di hapus dari daftar Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor (ranmor) sesuai UU Nomer 22 tahun 2009". Sumber ; https://bit.ly/2SkQOqc Jangan sampai sobat oto status kendaraanya jadi bodong atau tanpa registrasi .

Nah biar kendaraan bermotornya tetap aktif dan gak perlu kuatir takut ditilang Polisi, kali ini saya mau berbagi pengalaman saat bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sekaligus perpanjangan STNK 5 Tahunan atau ada yang bilang juga ganti kaleng ( Plat Nomer ) di Samsat. Karena bagi pemula momok pergi ke samsat kuatir dengan banyak nya calo atau bingung harus kemana dulu prosesnya ?

Biar gak bingung, baca sampe tuntas lalu bisa di coba tahapan prosesnya dari awal hingga usai, sesuai pengalaman sendiri cuma menghabiskan waktu kurang lebih 1 Jam 15 Menit. Itu pun saya datang udah aga siang jam 9.30 wib.

Bukti Daftar Ulang Perpanjang STNK 

Kebetulan plat nomer saya berplat (F) Kabupaten Bogor, nah kantor Samsatnya berada di Cibinong untuk yang belum pernah masuknya melalui pintu utama jalan raya Pemda tepatnya di belakang kantor Pemda.

"Tipsnya usahakan datang pagi hari biar antrinya gak terlalu lama".

Sebelum berangkat yang harus dipersiapkan dan wajib untuk dibawa ke Samsat yakni:
1. STNK
2. BPKB
3. KTP Asli
4. Pulpen ( gak wajib, bisa pinjem  )
5. Uang

Setelah semua berkas udah lengkap jangan lupa berdoa dan sarapan terlebih dahulu biar gak pingsan heee, trus usahakan sobat oto berangkat masih pagi hari.

Tahapan Proses Perpanjang STNK 5 Tahunan di Samsat Polres Bogor - Cibinong antara lain:

Pelayanan Cek Fisik Kendaraan Bermotor Samsat Polres Bogor  - Cibinong 

1. Tahap Pertama, Jangan parkir dulu kendaraanya biar menghemat waktu langsung ke tempat cek fisik kendaraan untuk dilakukan Gesek Nomer Rangka dan Nomer Mesin, Klo udah dapat bukti gesek baru parkir cari tempat yang aman & teduh. ( Tahap pertama menghabiskan waktu 5 Menit )

Ruang Arsip Samsat Cibinong 

Berkas di Fotocopy 

2. Tahap Kedua, Pergi ke ruang Arsip untuk Cek berkas tapi buat yang belum fotocopy STNK, BPKB dan KTP gak perlu kuatir di Samsat Cibinong samping ruang arsip ada tukang fotocopy jadi gampang cuma ngeluarin duit lima ribu rupiah aja udah terima beres dapat map kuning dan fotocopy trus udah disusun rapi sesuai prosedur berkas. Setelah itu serahin map kuning yang tadi udah di fotocopy ke ruang arsip. Tunggu sampai dipanggil ( Tahap Kedua menghabiskan waktu kurang lebih  hanya 10 menit ).

Loket Pengesahan Cek Fisik Kendaraan Bermotor

3. Tahap Ketiga, setelah dari ruang arsip, Berkas map kuning serahin lagi ke Loket Pengesahan Cek Fisik Kendaraan Bermotor, ( Menghabiskan waktu kurang lebih hanya 5 menit ).

Loket Pengambilan Formulir 

4. Tahap  Keempat, Pengambilan Formulir Pajak 5 Tahunan , ( Waktu cuma 1 menit )

Loket Pendaftaran Ulang 

5. Tahap Kelima, Penyerahan berkas yang di map kuning ke loket Pendaftaran ulang.

Loket Kasir/BJB

6. Tahap Keenam, Tunggu di panggil di loket Kasir untuk pembayaran PKB dan perpanjang STNK, ( Waktu lumayan di banding sebelumnya kurang lebih 15 menit ).


Loket Penyerahan STNK & SKPD

7. Tahap Ketujuh, Tinggal tunggu dipanggil lagi untuk pengambilan STNK di loket Penyerahan STNK dan SKPD ( waktu lumayan lama bisa sampai 60 menit )

Pembuatan Plat Nomor

8. Tahap Kedelapan, sebagai tahap terakhir proses perpanjangan STNK 5 Tahunan yakni Pendaftaran pembuatan Plat Nomor, disini menunggu lagi kurang lebih 10 Menit Plat Nomer udah Jadi dan siap dipasang di kendaraan bermotor.

Ada 8 tahap proses perpanjangan STNK 5 Tahunan, walaupun tiap Samsat di daerah lain kemungkinan berbeda prosedurnya namun benang merahnya hampir sama. Sobat Oto gak perlu kuatir toh cuma 5 tahun sekali menyempatkan waktu untuk sebentar dan waktunya gak lama di banding beberapa tahun lalu saat ini menurut saya udah semakin baik dan cepat prosesnya.

Selamat mencoba sobat oto, semoga bermanfaat step by step proses perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Polres Bogor, Kab.Cibinong - Jawa Barat.***

Salam Oto

Sumber foto dok.pribadi


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus