Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Agustus 09, 2019

6 Tips Pintar Menata Ruang Dengan Hunian Lahan Sempit


Living room | dok pribadi 

Siapa sih yang tidak ingin memiliki sebuah hunian yang nyaman dengan lahan luas  pastinya harapan semua keluarga, Namun apa dikata bagi yang tinggal di perkotaan terbatasnya lahan menjadikan sebuah hunian semakin terlihat sempit begitupun ruangan jadi terbatas.

Kalau begitu bagaimana caranya sebuah tempat tinggal ( hunian ) yang nyaman namun ruangan tetap terlihat luas dengan lahan terbatas ?

Sebuah hunian dengan lahan terbatas tentunya bukan menjadi penghalang untuk tetap nyaman dan terlihat luas, salah satunya harus pintar - pintar menata ruang, hingga memilih barang yang sesuai dengan fungsinya, selain itu harus memiliki konsep maupun perencanaan yang matang, dengan begitu tidak perlu kuatir lagi memiliki hunian dengan lahan terbatas.

Talkshow Event Indonesia Property Expo 2019 di JCC 

Pasti penasaran yah seperti apa! Kebetulan saat event "Indonesia Property Expo 2019" kemarin di JCC yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juli hingga 4 Agustus 2019. Saat acara talkshow dengan Narasumber Adelya Vivin dan Zata Ligouw yang dipandu oleh Ani Berta ini ada topik menarik tentang ruang kerja yang nyaman bisa bikin betah untuk berlama-lama.

Menurut Adelya, " Small Space Living adalah Hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan "

Lahan sempit dengan ruang terbatas harus ada tahap perencanaan agar sesuai dengan keinginan, diantaranya:
  1. Menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga
  2. Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga
  3. Perbanyak referensi hal-hal yang disukai
  4. Menghitung budget yang tersedia
Agar ruang terlihat nyaman dan luas, ada 6 tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Lighting, Mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari masuk ke dalam ruangan sangat baik sekali untuk sebuah hunian selain sehat, tidak lembab dan pastinya  hemat listrik tidak perlu menyalakan lampu di siang hari . Pencahayaan sendiri bisa melalui Skylight atau Jendela Besar. Lalu untuk lampu bisa memilih lampu berdiri, lampu gantung atau lampu tempel di dinding.
  2. Sirkulasi Udara atau Ventilasi, Dengan ruang terbatas penting untuk diperhatikan, untuk ruang keluarga bisa menggunakan Jendela Besar, sedangkan kamar mandi menggunakan Exhaust Fan dan Dapur menggunakan Cooker Hood  
  3. Warna, Pemilihan warna baik ruangan maupun furniture penting untuk di padukan agar terlihat nyaman dan terkesan luas, gunakan warna natural atau alami seperti pastel, abu-abu, coklat.
  4. Pengadaan ( Storage ), Memanfaatkan ruang sebagai tempat penyimpanan seperti di atas pintu atau diatas closed dengan memilih lemari yang terbuka atau lemari tertutup  yang serbaguna untuk menyimpan perlengkapan rumah tangga seperti sapu, vacuum cleaner, ember dll biar terlihat rapih.
  5. Penghijauan, Karena kita tinggal di tropis unsur hijau dari tumbuhan di dalam ruangan bisa membuat sejuk di mata dengan sediakan pot lalu pilih tumbuhan yang tidak perlu banyak air.
  6. Ketetapan Furniture Terhadap Tema, Pilih Furniture yang sesuai dengan warna ruangan seperti warna putih, abu-abu, hitam, pastel dan warna cream. Selain itu tentukan bersama keluarga tema rumah yang akan di pilih, seperti :
Tema Rumah Dengan Ruangan Terbatas 

  • Rustic , Unsur Kayu lebih dominan 
  • French Country , Warna Putih dan Klasik 
  • Bohemian, Perpaduan warna abu-abu, hitam, coklat tua dan coklat muda 
  • Scandinavian, rumah eropa klasik dengan lantai unsur kayu dan pemilihan  warna hitam, putih dan coklat 
  • (Modern) Japanese /Korea, Unsur Kayu dan warna putih dan coklat.

Saya sendiri lebih suka hunian bertemakan modern Japanese atau Korea dengan ruang terbatas kesan simple dan praktis cocok sekali.

Selain hunian nyaman, jaman now ini rasanya kurang ya kalau sebuah hunian tidak ada ruang kerja. Bagi para milenial ruang kerja dalam rumah itu penting keberadaannya. Nah disini ada tips & trik dari Saya Ligouw untuk menata ruang kerja yang nyaman.

Tips & Trik Menata Ruang Kerja Dalam Rumah

  • Siapkan tempat khusus untuk meja kerja, bisa dipojok ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dll. Jika punya ruang lebih bisa pakai satu ruang khusus.
  • Meja yang pas, gunakan meja yang ada, beli meja baru, bikin meja sendiri, ergonomis (supaya gak pegal).
Simple bukan? Selanjutnya tinggal pilih aksesoris sesuai pilihan kita dan kalau bisa gunakan akses bernuansa alam supaya bisa refresh dan membangkitkan mood. Oke sampai disini dulu Tips Menata Ruang Dalam Lahan Sempit. Semoga bermanfaat.***




1 komentar:

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus