Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 10, 2019

iCar Asia Mengalami Peningkatan Revenue Di Tahun 2018

Hai sobat Otomotif, Perkembangan teknologi dan informasi digital yang begitu pesat saat ini, menjadi semakin mudah untuk  mendapatkan informasi terutama seputar dunia otomotif . Selain mencari berita , orang sudah mulai berpindah ke online untuk jual beli mobil hingga mencari referensi harga mobil bekas hingga mobil terbaru. Sejalan dengan perkembangan digital dan beralihnya dunia online tentunya perusahaan atau portal digital harus selalu melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan agar selalu menjadi yang terdepan.



iCar Asia Limited (iCar Asia) sebagai group Jaringan Portal Otomotif Nomor 1 di ASEAN yang beroperasi di Malaysia, Thailand dan Indonesia, baru saja merilis laporan keuangan tahunannya. Untuk di Indonesia sendiri iCar Asia memiliki portal otomotif ( Mobil123.com & Otospirit.com )

Sebagai perusahaan media online terbesar dan terpercaya di kawasan ASEAN, iCar Asia terus mengalami peningkatan Rata-rata pengunjung bulanan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 49% di 2018 mendorong pertumbuhan 41% bersamaan dengan pembeli mobil terus berpindah ke online. Melihat Operasional Metrik Yang Luar Biasa, Pertumbuhan kuat dalam revenue dan penerimaan kas didukung oleh Audiens yang tumbuh 34% menjadi hampir 12 juta pengunjung unik per bulan dan Jumlah leads yang dihasilkan meningkat 12% dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan keuangan tahunan 2018 tersebut mengalami Revenue peningkatan 27 % menjadi $ 11,6 juta. Sejalan dengan ini, penerimaan kas juga menunjukkan pertumbuhan tahunan yang kuat 46% dibandingkan tahun sebelumnya 2017.

Tiga Negara iCar beroperasi | sumber icarasiacom

Pada tahun 2018, dua dari tiga negara tempat iCar beroperasi mencapai tonggak finansial yang signifikan dengan meraih keuntungan. Malaysia adalah bisnis pertama yang mendapatkan EBITDA dan arus kas (keuangan) positif pada September 2018 dan mempertahankan kinerja ini pada kuartal keempat 2018 yang memiliki tingkat keuntungan penuh pertama di kuartal tersebut. Lalu diikuti oleh Thailand, yang mendapatkan EBITDA dan arus kas positif (keuangan) pada bulan Desember 2018. Dengan pencapaian tonggak sejarah ini di 2 negara dan ditambah dengan peningkatan kinerja keuangan untuk Indonesia, iCar Asia tetap berada di jalur untuk meraih titik impas EBITDA pada akhirnya tahun 2019.

Sedangkan di Indonesia sendiri, Bisnis Indonesia memiliki tahun yang transformatif karena berkembangnya strategi monetisasi dengan pertumbuhan yang kuat dalam jumlah dealer yang berbayar dengan diperkenalkannya produk iklan berlangganan pada bulan September 2018. Hal ini membantu untuk melanjutkan tren pertumbuhan yang kuat dengan pendapatan yang meningkat 58 % dibandingkan 2017 menjadi $ 1,15 juta karena Perusahaan berkembang lebih jauh melalui strategi monetisasi. Kerugian EBITDA 2018 berkurang sebesar 11% dibandingkan 2017 menjadi $3,40 juta dengan lebih dari 100% peningkatan penambatan membuat pengurangan kerugian EBITDA dikarenakan biaya berkurang secara marginal.



Rata-rata pengunjung bulanan dan jumlah leads meningkat kuat dengan masing-masing bertumbuh sebesar 32% dan 16% pada tahun 2018. Ini membantu memberikan pertumbuhan jumlah dealer yang berbayar dalam sebulan untuk mempromosikan listing mereka, jumlah ini naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hamish Stone , CEO iCar Asia | sumber digitalnewsasiacom 

“2018 telah menjadi tahun yang menarik bagi iCar Asia dan kami telah meletakkan fondasi yang kuat dalam bisnis kami untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut pada 2019. Kami sangat bangga dengan bisnis Malaysia dan Thailand yang telah menjadi EBITDA dan arus kas positif (keuangan) sesuai pedoman kami pada 2018. Ini adalah
bukti untuk menunjukkan bahwa Grup berada dalam posisi yang baik untuk mencapai titik impas EBITDA pada akhir 2019, ”kata Hamish Stone, CEO iCar Asia.

Mungkin sobat otomotif  ada yang bingung  apa itu EBITDA ?

EBITDA singkatan dari "Earnings before interest, taxes, depreciation and amortization", istilah ini sering digunakan sebagai alat pengukur nilai sebuah bisnis.

Melihat laporan tahunan yang diberikan iCar Asia membuktikan pertumbuhan dunia digital otomotif  terutama di kawasan ASEAN masih baik.  iCar Asia terus berupaya menjadi yang terdepan sebagai
pemimpin pasar dengan properti online-nya saat ini mencapai sekitar 12 juta pembeli dan penjual mobil setiap bulannya.
***

Semoga Bermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus