Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Maret 14, 2019

Nyobain Transportasi Handal "MRT Jakarta" Bikin Ketagihan

Stasiun Lebak Bulus sekaligus Depo 1 MRT Jakarta 

Impian memiliki transportasi publik massal modern dan handal yakni MRT ( Mass Rapid Transit ) Jakarta, yang dinanti -nanti untuk pertama di Indonesia akhirnya terwujud sesuai rencana akan dibuka umum akhir Maret tahun ini 2019. Dengan harapan masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum yang nyaman, cepat, tepat waktu dan dapat mengangkut banyak penumpang sekali jalan, tentunya sebagai solusi pengurangan kemacetan sekaligus pengembangan sistem transit perkotaan yang terintegrasi dengan trasportasi umum lainnya dan menjadi kebanggan bersama untuk #UbahJakarta.

Saat Masih Proses Pembanguan Terowongan Bawah Tanah Bundaran HI, Oktober 2017 | dok pribadi 

Bagi saya sendiri kehadiran MRT Jakarta tentunya sangat dinantikan dan bikin penasaran , apalagi sudah 3 tahun tepatnya Oktober 2017 saat masih proses pembangunan Stasiun Bawah Tanah Bundaran HI di kedalaman sekitar 18 meter di bawah permukaan tanah, saya bersama teman-teman blogger sobat ISB mendapatkan kesempatan ikut melihat proses pembangunan yang masih tahap kurang lebih 85 % saat itu pemasangan rel MRT pun masih baru sebagian terpasang, lalu penerangan di bawah masih minim belum lagi suhu udara lumayan bikin keringat namun menjadi pengalaman seru yang tidak pernah terlupakan buat saya.

Rangkaian MRT Jakarta | by @pricesrhie

Alhamdulillah penasaran saya dengan MRT Jakarta akhirnya terobati dengan dapat kesempatan ikut ujicoba perdana pada hari Selasa (11/03) bareng teman-teman media dan sobat ISB ( Indonesia Social Blogpreneur ) yakni Rhie-Rhie & Dedy sebelum dibuka ujicoba ke publik selama 13 hari kedepan mulai tanggal 12 hingga 24 Maret 2019.

Lantai 1 Gerbang Masuk Stasiun  Bundaran HI yang berada di trotoar Jl. MH Thamrin atau depan Plaza Indonesia 

Saat ujicoba MRT Jakarta kita mengawali dari stasiun Bundaran HI (Hotel Indonesia) yang termasuk stasiun bawah tanah keenam dengan panjang mencapai 400 meter dan lebar 20 meter. Pintu masuk dan  keluar stasiun ada 6 akses yaitu :
1. Plaza Indonesia,
2. Jakarta One,
3. TransJakarta,
4. Depan Sinarmas land,
5. Depan Pertamina,
6. Sinarmas Land

Stasiun Bundaran HI mengusung konsep gaya hidup Internasional karena terletak di area strategis pusat perbelanjaan, hotel Internasional, perkantoran,  kedutaan, dan tentunya salah satu ikon Jakarta yakni Bundaran HI. Stasiun akan terintegrasi dengan Halte Bundaran HI Transjakarta dan Gedung Indonesia 1.

Kebetulan kita masuk melalui akses depan Plaza Indonesia, dengan menuruni anak tangga  atau juga bisa memilih melalui eskalator menuju lantai 2, lantai ini merupakan gerbang elektronik jadi calon penumpang dapat melakukan tap kartu ke mesin pemindai maupun pembelian tiket di loket, selain itu lantai 2 juga area yang cukup luas terdapat  toilet, mushola, kantor , lift prioritas hingga tenant. Setelah itu turu kembali menuju lantai paling bawah atau lantai 3 yang merupakan platform atau peron tempat menunggu kedatangan kereta. Stasiun Bundaran HI memiliki scissor crossing untuk perpindahan kereta di rel up track ke down track. 

Saat pertama kali nyobain naik MRT Jakarta, yang bakal menjadi moda transportasi massal favorit di IbuKota buat saya nyaman sekali, hingga suara bising diluar pun saat berpapasan dengan kereta lain tidak terdengar bikin ketagihan pastinya, namun ada sedikit kurang buat saya suara operator saat pemberitahuan pintu akan ditutup maupun saat kereta akan tiba di stasiun suara operator terlalu kecil, Selebihnya sudah baik begitupun  keramahan para petugas patut diacungi jempol. Semoga budaya tertib dan kebersihan saat naik MRT Jakarta patut dijaga bagi semua penumpang.

Stasiun Lebak Bulus 

Kembali lagi ke ujicoba MRT Jakarta 
Selama ujicoba total target 285.600 penumpang, dengan waktu operasional mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Setelah registrasi untuk ujicoba publik dibuka masyarakat begitu antusias, Per 12 Maret 2019 yang mendaftar sudah 190.599 penumpang dari target 285 ribu penumpang setiap harinya .

Bagi masyarakat yang penasaran juga ingin mencoba MRT Jakarta selama ujicoba Gratis cukup registrasi terlebih dahulu di website ayocobamrtj.com untuk mendapatkan e-tiketnya. Selama ujicoba fase 1 Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Lebak Bulus dengan jarak 16 km membutuhkan waktu tempuh hanya 30 menit saja tiap stasiun akan berhenti 10 menit terdiri dari 13 Stasiun yang dilalui 7 Stasiun Layang ( Jarak 10 km ), yaitu: Lebak Bulus , Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan sisanya 6 Stasiun Bawah Tanah ( Jarak 6 km ), yaitu : Senayan, Istora, Bendungan Hilir , Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. Selama ujicoba semua stasiun akan beroperasi. Jadi masyarakat dapat naik maupun turun di stasiun mana saja dengan ketentuan masing-masing penumpang hanya memiliki waktu selama 2 jam di dalam stasiun.

Deretan MRT Jakarta di Depo 1 Lebak Bulus 

Jumlah rangkaian yang beroperasi selama ujicoba hanya 7 Trainset dan 1 Cadangan. Untuk satu rangkaian MRT terdiri dari 6 gerbong , tiap gerbong dengan kapasitas 200-300 penumpang sehingga satu rangkaian MRT Jakarta akan mampu mengangkut penumpang hingga 1900 orang per perjalanan .



Aplikasi MRT Jakarta 


Untuk lebih mempermudah penumpang, PT MRT Jakarta telah menyiapkan sebuah aplikasi MRT Jakarta yang dapat di download gratis sebagai panduan rute, info stasiun hingga feeder yang terintegrasi dengan tranportasi umum lainnya. ***

Info lengkap soal MRT Jakarta bisa menghungi Call Center 1500 332 atau melalui Media Sosial MRT Jakarta:

Tw: @mrtJakarta
IG : mrtjkt
FB: Jakartamrt


Selamat Mencoba #MRTJakarta biar tidak penasaran lihat dulu cuplikan di channel YouTube/TeddyRustandi


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus